Cara Transfer Pulsa XL di HP Android yang Mudah

90
Cara Transfer Pulsa XL
Cara Transfer Pulsa XL

Cara Transfer Pulsa XL – Saat ini kartu operator XL menjadi salah satu yang paling diminati pengguna gadget. Pasalnya, kartu XL tersebut punya sinyal yang cukup cepat dan stabil saat digunakan. Tidak hanya bagus di jaringan 2G dan 3G HSPA-nya saja, kartu XL juga punya jaringan 4G yang super cepat. Bahkan kecepatan sinyal 4G dari XL ini diklaim hampir setara dengan sinyal 4G dari Telkomsel. Seperti yang kita tahu, Telkomsel masih menjadi provider dengan kecepatan sinyal nomor satu di Indonesia. Namun, mungkin tidak butuh waktu lama lagi dominasi dari Telkomsel tersebut sudah bisa disamai oleh provider lainnya, termasuk provider XL.

Cara Transfer Pulsa XL
Cara Transfer Pulsa XL

Selain punya sinyal yang cepat dan stabil, XL juga menyediakan berbagai layanan paket dengan harga yang murah. Mulai dari layanan paket telepon, SMS, hingga paket internet yang semuanya ditawarkan dengan harga terjangkau. Khususnya untuk paket internet dari XL, beberapa jenis paket yang disediakan sangat menarik untuk dibeli. Memang ada beberapa pilihan paket internet yang disediakan oleh XL, di mana kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan keinginan. Yang terbaru ada paket internet unlimited dari provider XL yang pastinya tidak kalah menarik untuk dijadikan pilihan.

Baca Juga:

Semua paket dari XL tersebut bisa kamu beli dengan mudah menggunakan metode yang disediakan. Salah satunya yang paling mudah yakni dengan membeli menggunakan pulsa. Namun, bagaimana jika ternyata sisa pulsamu tidak cukup untuk membeli layanan paket XL? Kamu bisa membeli dulu atau meminta teman/anggota keluarga lain untuk mengirim sejumlah pulsa. Masih belum tahu cara untuk transfer atau kirim pulsa XL? Tidak perlu bingung. Berikut ini cara transfer pulsa XL yang paling mudah bisa coba kamu terapkan.

Syarat dan Ketentuan Transfer Pulsa XL Axiata

Sebelum lanjut ke cara transfer pulsa XL Axiata, perlu kamu tahu terlebih dahulu apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku. Pastikan kamu sudah memenuhi syarat dan ketentuan tersebut agar pengiriman pulsa bisa dilakukan dengan lancar. Perlu kamu tahu juga, untuk mengirim pulsa XL ini hanya bisa dilakukan ke sesama operator XL saja. Belum ada cara transfer pulsa XL ke operator lain.

Namun, ada satu jenis operator lain yang memungkinkan untuk dikirimi pulsa XL atau sebaliknya, yakni kartu Axis. Ini karena Axis sudah diakuisisi oleh Perusahaan XL Axiata Tbk, sehingga kamu bisa melakukan transfer pulsa antra operator tersebut. Adapun syarat dan ketentuan lain untuk kirim pulsa kartu XL selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Transfer pulsa XL hanya bisa dilakukan ke sesama kartu XL dan Axis saja. Namun, untuk transfer pulsa XL ke Axis atau sebaliknya membutuhkan biaya admin yang lebih besar.
  2. Nomor pengirim maupun penerima harus masih dalam masa aktif.
  3. Sisa pulsa setelah transfer harus tersisa minimal Rp 5.000,-. Misalnya ingin mengirim pulsa Rp 5.000,- maka pulsa yang harus dimiliki harus lebih dari Rp 10.000,- karena nanti masih dipotong lagi dengan biaya admin.
  4. Setiap transfer pulsa akan dikenakan potongan biaya sebesar Rp 500,- yang diambil dari jumlah pulsa yang ditransfer. Misalnya kamu ingin mengirim pulsa sebesar Rp 5.000,- maka yang harus dikirim sebesar Rp 5.500,- agar tetap utuh 5 ribu.
  5. Transfer pulsa XL hanya bisa dilakukan maksimal sebanyak 5 kali transfer per hari.
  6. Biaya transfer pulsa tidak selalu Rp 500,- karena disesuaikan dengan nominal pulsa yang ditransfer.
  7. Nomor penerima pulsa juga akan mendapatkan perpanjangan masa aktif sesuai nominal pulsa yang diterimanya.

Cara Transfer Pulsa XL ke Sesama Operator XL dan Axis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, transfer pulsa XL hanya bisa dilakukan ke sesama operator dan Axis saja. Untuk cara kirim pulsa XL ke operator lain masih belum disediakan. Belum jelas kapan fitur tersebut dihadirkan, yang jelas sekarang masih tidak bisa melakukan cara tersebut.

Untuk mengirim atau transfer pulsa XL ini sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, yakni melalui SMS, menu Dial Up dan juga melalui Aplikasi MyXL. Adapun cara untuk transfer pulsa XL selengkapnya, sebagai berikut:

1. Transfer Pulsa XL Lewat Menu Dial Up

Cara yang paling mudah untuk mentransfer pulsa XL Axiata yakni melalui menu Dial Up. Di sini kamu bisa menggunakan kode dial atau kode rahasia untuk mengirim pulsa ke sesama XL dan Axis tersebut. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Dial Up atau menu Panggilan di HP androidmu.
  • Kemudian kamu ketik kode dial *123*168# lalu klik tombol Panggil.
  • Nantinya akan muncul notifikasi pop up di layar yang meminta kamu untuk memasukkan nomor tujuan transfer pulsa. Sekarang kamu ketik nomor tujuan transfer tersebut pada kolom yang disediakan, kemudian klik Kirim.
  • Selanjutnya kamu juga diminta untuk mengisi nominal pulsa yang ingin dikirimkan ke nomor tadi, kemudian tekan tombol Kirim.
  • Konfirmasi pengiriman pulsa dengan memilih Y. Tinggal kamu ikuti instruksinya sampai pulsa berhasil dikirimkan.
  • Nantinya akan ada notifikasi balasan dari XL jika memang transfer pulsa tersebut berhasil dilakukan.
  • Selesai.

Catatan: Selain kode dial di atas, ada kode rahasia alternatif lain yang bisa kamu gunakan. Kode dial tersebut yakni *123*8461# yang bisa digunakan jika kode di atas tidak berhasil.

2. Transfer Pulsa XL Lewat SMS

Selain melalui menu UMB atau Dial Up, cara lain untuk mengirim pulsa XL Axiata yakni dengan menggunakan layanan SMS. Caranya juga sama mudahnya dengan cara di atas, namun metode kedua ini bisa dibilang lebih efektif. Di sini kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk transfer pulsa operator XL ke kartu Axis. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu SMS di HP androidmu.
  • Kemudian klik tombol Pesan baru untuk membuat dan mengirim pesan baru.
  • Pada bagian kolom nomor tujuan SMS kamu isi dengan nomor 168.
  • Sementara pada bagian kolom isi SMS, kamu isi dengan format Bagi (spasi) nomor tujuan (spasi) nominal pulsa yang ditransfer. Misalnya saja kamu ingin mengirim pulsa sebesar Rp 5.000,- ke nomor 087123456789, maka formatnya menjadi Bagi 087123456789 5000
  • Kalau sudah, selanjutnya kamu klik tombol Kirim.
  • Tinggal kamu tunggu SMS balasan dari pihak XL untuk memberitahukan apakah pengiriman pulsa berhasil atau tidak.
  • Selesai.

3. Kirim Pulsa XL Lewat Aplikasi MyXL

Dan cara yang terakhir yakni mengirim pulsa kartu XL melalui aplikasi MyXL yang juga cukup mudah dilakukan. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Pertama kamu install aplikasi MyXL di HP androidmu.
  • Kalau sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu klik menu tiga titik vertikal yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  • Akan muncul beberpa opsi di sana, kamu pilih saja opsi Share Balance.
  • Selanjutnya kamu isi nomor tujuan transfer beserta nominal pulsa yang ingin ditransfer.
  • Kalau sudah, selanjutnya klik tombol Share.
  • Nantinya akan ada notifikasi dari XL yang memberitahukan perihal transfer pulsa tersebut, apakah berhasil atau tidak.
  • Selesai.

Catatan: Pastikan kamu hanya menginstall aplikasi MyXL dari Google Play Store saja. Kamu bisa membuat akun terlebih dahulu dengan menggunakan nomor XL pribadimu.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mudah untuk mengirim pulsa kartu XL ke sesama XL dan Axis bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Transfer Pulsa 3 (Tri) yang Paling Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Mengetahui Teman Aktif di MiChat, 100% Wrok!
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini