Cara Transfer Kuota Kartu 3 yang Paling Mudah

31
Cara Transfer Kuota Kartu 3
Cara Transfer Kuota Kartu 3

Cara Transfer Kuota Kartu 3 – Tri merupakan salah satu provider ternama di Indonesia yang cukup populer. Salah satu daya tarik dari kartu Tri / 3 ini yakni layanan paket yang disediakannya yang ditawarkan dengan harga sangat murah. Bahkan jika dibandingkan dengan provider lain, Telkomsel misalnya harga layanan paket di Tri jauh lebih murah. Tidak hanya itu, kualitas jaringan Tri di Indonesia sudah ditingkatkan dan menyebar hingga hampir ke seluruh daerah pelosok. Hal ini tentunya akan membuat pelanggan lebih nyaman menggunakan kartu Tri untuk berbagai aktivitas komunikasi.

Cara Transfer Kuota Kartu 3
Cara Transfer Kuota Kartu 3

Kelebihan lain dari kartu 3 / Tri yakni masa aktif kartu yang terbilang sangat lama, bahkan ada kartu operator khusus dari 3 yang memiliki masa aktif selamanya. Hal ini tentunya membuat pelanggan tidak perlu lagi memikirkan tentang masa aktif kartu, di mana ini sering menjadi faktor utama kartu hangus atau diblokir. Selain itu, ada pula jenis kartu Tri lainnya yang punya masa aktif terbatas, namun masih bisa diperpanjang dengan mudah. Memperpanjangnya bisa dengan mengisi pulsa, transfer pulsa, membeli paket data, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Sebagai pengguna smartphone, kuota internet menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan. Kuota data atau internet ini nantinya akan digunakan ketika pengguna mengakses internet. Sebenarnya pengguna masih bisa mengakses internet dengan menyambungkan HP ke jaringan wifi, namun tidak semua orang memiliki langganan wifi. Kehabisan kuota data dan saat ini kamu butuh banget mengakses internet? Tidak perlu khawatir, kamu bisa memanfaatkan fitur transfer kuota data Tri untuk mengirimkan sejumlah kuota ke kartu Tri kita. Jika masih belum tahu, berikut cara transfer kuota kartu 3 yang mudah bisa kamu simak dan terapkan.

Syarat dan Ketentuan Transfer Kuota 3 ke Sesama

Tri atau 3 telah menghadirkan fitur khusus yang bisa digunakan untuk mengirim kuota data ke nomor 3 lain. Fitur tersebut diberi nama KiKiDa atau yang memiliki kepanjangan Kirim-kirim Data. Layanan satu ini memungkinkan pengguna Tri mengirim sejumlah kuota data dan membayarnya dengan pulsa utama. Nomor penerima tidak akan dikenakan biaya sepeser pun dan kuota data akan didapatkannya secara penuh tanpa adanya potongan.

Melakukan pengiriman kuota internet ke kartu 3 lain, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku. Hal ini penting untuk diketahui agar kamu bisa lebih mudah menikmati layanan KiKiDa dari 3 tersebut. Adapun beberapa syarat dan ketentuan KiKiDa selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Layanan KiKiDa bisa dinikmati oleh pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison / 3 Prabayar yang sudah melakukan registrasi kartu.
  2. Pelanggan kartu Perdana Jumbo dan Perdana Cepek tidak bisa menggunakan layanan KiKiDa ini.
  3. Transfer kuota data ke nomor Tri lain akan memotong pulsa utama pada nomor 3 pengirim.
  4. Pulsa minimum yang harus dimiliki oleh pengirim sebelum melakukan KiKiDa yakni sebesar Rp 6.500,-.
  5. KiKiDa hanya bisa dilakukan jika pulsa utama pengirim tersisa minimal Rp 5.000,-. Jadi, jika kamu ingin mengirim kuota data senilai Rp 5.000,-, maka pulsa yang dimiliki minimal Rp 10.000,-.
  6. Menggunakan layanan KiKiDa tidak akan mengenakan pengirim dan penerima dengan biaya admin alias gratis.
  7. Tidak ada batasan untuk melakukan transfer kuota data dari nomor 3 ke nomor 3 lain. Syaratnya pada nomor penerima harus memiliki sisa pulsa sebesar Rp 5.000,- setelah melakukan pengiriman kuota data atau KiKiDa.
  8. Baik nomor 3 pengirim maupun penerima harus dalam keadaan masa aktif agar bisa melakukan KiKiDa ini. Jika ada salah satu nomor 3 yang dalam masa tenggang, maka transfer kuota akan gagal dilakukan.
  9. Nomor penerima tidak akan bertambah masa aktifnya, begitu juga dengan nomor pengirim. KiKiDa juga tidak akan mengurangi masa aktif dari nomor pengirim ataupun penerima.
  10. KiKiDa hanya bisa dilakukan dengan dua cara, yakni melalui aplikasi Bima+ dan dengan kode dial.

Pastikan kamu sudah memahami beberapa syarat dan ketentuan di atas agar lebih mudah dalam melakukan trasfer kuota data ke nomor 3 lain.

Cara Transfer Kuota Kartu 3 yang Paling Mudah

Sekarang lanjut ke cara untuk melakukan pengiriman kuota data ke sesama 3 melalui perangkat smartphone. Sesuai dengan penjelasan di atas, setidaknya ada 2 metode yang bisa dilakukan untuk mengirim kuota data dari nomor 3 ke nomor 3 lain. Adapun cara transfer kuota kartu 3 selengkapnya, sebagai berikut:

1. Kirim Kuota Kartu 3 dengan Kode Dial

Cara yang pertama untuk mengirim kuota kartu Tri yakni dengan menggunakan kode dial atau kode rahasia. Cara ini bisa dibilang sangat mudah diterapkan, bahkan bagi kamu yang masih pemula. Mengenai langkah-langkah untuk mengirim kuota data ke kartu 3 lain tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Panggilan atau Telepon di perangkat smartphone.
  2. Kemudian ketik kode dial *323# lalu tekan Panggil.
  3. Nantinya akan muncul halaman pop up di layar yang berisi pilihan layanan transfer kartu 3, yakni Transfer Pulsa dan Transfer Paket Internet. Kamu pilih Transfer Paket Internet dengan cara masukkan angka 2 lalu Kirim.
  4. Di sana akan ditampilkan beberapa pilihan Paket Internet yang bisa kamu kirimkan ke kartu 3 lain. Pilih salah satu Paket Internet sesuai keinginan dengan memasukkan angkanya, lalu klik Kirim.
  5. Selanjutnya kamu masukkan nomor 3 tujuan yang ingin dikirimi kuota data, lalu klik Kirim.
  6. Kemudian lakukan konfirmasi pengiriman kuota data dengan pilih Ya atau masukkan angka 1, lalu Kirim.
  7. Tinggal menunggu hingga pengiriman kuota data diproses, biasanya akan ada pemberitahuan via SMS dari pihak 3 yang memberitahukan status transfer paket kuota data tersebut.
  8. Selesai.

Catatan: Pastikan kamu punya pulsa yang cukup untuk melakukan pembelian Paket Internet dan dikirim ke nomor 3 lain. Untuk metode ini, setidaknya ada 4 pilihan Paket Internet yang disediakan yakni Kuota 5GB 1 hari Rp 5.000, Kuota 1GB 3 hari Rp 10.000, Kuota 5GB 7 hari Rp 15.000, Kuota 3GB K-On 3 hari Rp 19.000.

2. Kirim Kuota Kartu 3 Lewat Aplikasi Bima+

Sementara untuk cara yang kedua yakni bisa mengirim kuota internet 3 ke nomor lain menggunakan aplikasi Bima+. Cara ini bisa dibilang sangat mudah dan pastinya bisa diterapkan oleh semua pengguna. Adapun langkah-langkah transfer kuota internet kartu 3 lewat aplikasi Bima+ tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi Bima+ di perangkat smartphone android melalui Google Playstore.
  2. Sekarang jalankan aplikasi tersebut, kemudian login ke akun Bima+ menggunakan nomor 3 milikmu. Jika masih belum punya akun, maka kamu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu.
  3. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik pada menu 3Product yang ada di pojok kiri bawah tampilan.
  4. Kemudian kamu pilih salah satu paket data 3 yang ingin dikirimkan ke nomor 3 lain.
  5. Pada halaman detail paket internet, kamu klik opsi Beli Produk untuk Temanmu.
  6. Kemudian masukkan nomor 3 yang ingin dikirimi kuota data, lalu pilih OK.
  7. Konfirmasi pengiriman paket data dengan klik OK.
  8. Nantinya akan ada SMS masuk yang berisi kode OTP, kemudian kamu masukkan kode OTP tersebut pada kolom yang disediakan, lalu pilih Beli. Konfirmasi sekali lagi dengan klik OK.
  9. Selesai.

Penutup

Itulah tadi cara transfer kuota kartu 3 ke sesama 3 yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Menonaktifkan Paket Smartfren Paling Mudah
Artikel SelanjutnyaDownload MiChat MOD APK dan Cara Instalnya di Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini