Cara Transfer GoPay ke GoPay Lain dan ke ATM

Cara Transfer GoPay – Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya GoJek. GoJek sejatinya merupakan aplikasi khusus untuk ojek online yang cukup terkenal di Indonesia. Namun, seiring perkembangannya saat ini sudah ada banyak sekali fitur atau layanan yang disediakan di dalamnya. Salah satu layanan di dalam aplikasi GoJek yang cukup diminati yakni GoPay. GoPay sendiri merupakan layanan dompet digital yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan uang di dalamnya.

Cara Transfer GoPay
Cara Transfer GoPay

GoPay ini sendiri bisa diisi dengan uang asli dengan menggunakan beberapa metode. Baik itu dengan cara top up melalui rekening bank, transfer dari aplikasi dompet digital lain, atau transfer dari sesama akun GoPay. Beberapa metode tersebut pastinya sangat mudah untuk dilakukan dan tidak butuh waktu lama. Saldo yang tersimpan di GoPay akan tetap aman meskipun dibiarkan dalam waktu yang sangat lama. Nantinya, saldo GoPay tersebut bisa kamu gunakan untuk pembayaran saat menggunakan produk atau layanan dari GoJek lain, seperti GoRide, GoSend, GoFood, GoCar, dan juga GoBox.

Baca Juga:

Selain bisa melakukan top up saldo, di GoPay kamu juga memungkinkan untuk transfer saldo. Di dalamnya memang sudah disediakan fitur untuk transfer saldo GoPay tersebut. Baik itu tansfer ke sesama akun GoPay maupun ke rekening bank atau ATM. Langkah-langkah untuk melakukan transfer saldo GoPay tersebut tidak sulit dan bisa dilakukan dengan beberapa metode. Untuk informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Transfer GoPay  ke Gopay Lain dan ke ATM

Sebelum memutuskan untuk melakukan tansfer saldo GoPay ke ATM sendiri atau akun GoPay lain, pastikan akun GoPay-mu sudah diupgrade. Pasalnya, fitur transfer saldo GoPay ini hanya bisa digunakan di akun GoPay yang sudah diupgrade. Selain itu, akun GoPay juga harus sudah diaktivasi menggunakan foto KTP pribadi.

Setelah melakukan upgrade, maka akun GoPay akan berubah menjadi GoPay Plus. Belum tahu bagaimana cara upgrade GoPay biasa ke akun GoPay Plus? Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi GoJek di HP androidmu. Pastikan kamu sudah login menggunakan akun GoJek pribadi.
  • Setelah itu, masuk ke menu More atau Lainnya. Kemudian klik pada opsi GoPay.
  • Pada halaman tersebut kamu bisa langsung klik menu Upgrade ke GoPay Plus.
  • Nantinya kamu akan diminta untuk mengunggah foto KTP dan juga foto selfie sambil memegang KTP.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Upgrade Sekarang.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai. Dan selamat! Kamu sudah berhasil upgrade akun GoPay ke GoPay Plus.

Catatan: Pastikan kamu menggunakan foto KTP asli dan usahan hasil fotonya jelas dan tidak pecah. Ini bertujuan agar proses aktivasi atau upgrade akun GoPay bisa langsung disetujui.

Setelah berhasil melakukan upgrade ke GoPay Plus, sekarang kamu bisa lanjut ke cara transfer saldo GoPay. Setidaknya ada 2 metode untuk mentransfer saldo GoPay, yakni ke rekening bank dan ke sesama akun GoPay. Adapun cara transfer GoPay ke GoPay lain dan ke ATM sendiri selengkapnya, sebagai berikut:

1. Transfer Saldo GoPay ke Sesama Akun GoPay

Cara Transfer GoPay ke Sesama GoPay

Seperti yang dijelaskan di atas, transfer saldo GoPay hanya bisa dilakukan dengan dua metode, yakni transfer ke sesama dan ke ATM. Kali ini yang akan dibahas terlebih dahulu yakni transfer saldo GoPay ke sesama. Setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk transfer GoPay ke sesama akun GoPay, yakni menggunakan nomor HP dan juga Code QR. 

Untuk yang pertama akan saya jelaskan bagaimana cara untuk transfer saldo GoPay ke sesama menggunakan nomor Handphone, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi GoJek di HP androidmu.
  • Kemudian pada menu GoPay, kamu klik pada opsi Bayar atau Pay. Jika ini merupakan pertama kali kamu menggunakan opsi tersebut, maka di layar akan muncul notifikasi pop up yang berisi permintaan izin akses. Berikan izin akses pada aplikasi dengan cara pilih Izinkan.
  • Selanjutnya di bagian bawah layar akan muncul beberapa opsi bayar. Di sini kamu bisa klik pada opsi To phone number atau Bayar lewat nomor HP.
  • Kemudian kamu cari nomor kontak yang ingin dikirimi saldo GoPay.
  • Lanjutkan dengan mengisi jumlah saldo yang ingin dikirimkan ke GoPay lain tersebut.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Confirm atau Konfirmasi.
  • Sebagai tambahannya, kamu bisa mengisi catatan yang nantinya bisa dibaca oleh si penerima saldo GoPay.
  • Kalau sudah, sekarang kamu klik tombol Confirm & Pay atau Konfirmasi & Bayar.
  • Tinggal satu langkah lagi, kamu diminta untuk memasukkan kode PIN GoPay milikmu.
  • Selesai.

Selain menggunakan nomor HP, transfer saldo GoPay ke sesama akun juga bisa menggunakan kode QR. Cara ini juga sama mudahnya seperti cara di atas. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi GoJek di HP androidmu.
  • Selanjutnya klik ikon Pay atau Bayar yang ada di menu GoPay.
  • Biarkan akun tersebut, sekarang kamu beralih ke HP teman yang ingin dikirimi saldo GoPay. Buka aplikasi GoJek di dalamnya, kemudian klik pada ikon Pay atau Bayar yang ada di menu GoPay. Selanjutnya klik pada opsi Using code/Kode GoPay dan masukkan PIN GoPay-nya.
  • Pada HP temanmu tersebut akan muncul kode QR yang siap untuk discan.
  • Sekarang lakukan scan QR code tersebut menggunakan HP-mu dengan tetap melalui antarmuka GoPay tadi.
  • Jika berhasil, selanjutnya kamu diminta untuk memasukkan jumlah saldo GoPay yang ingin dikirimkan. Kemudian klik tombol Confirm atau Konfirmasi untuk melanjutkan.
  • Dan terakhir masukkan kode PIN GoPay yang kamu gunakan.
  • Selesai.

2. Transfer Saldo GoPay ke Rekening Bank Sendiri

Cara Transfer GoPay ke Rekening ATM
Cara Transfer GoPay ke Rekening ATM

Jika kebetulan saldo GoPay-mu masih banyak dan sekarang kamu butuh uang di ATM untuk transfer, maka solusinya bisa transfer saldo GoPay tersebut ke rekening ATM. Emang bisa? Tentu bisa. Fitur tersebut sudah disediakan di GoPay, tentunya untuk semakin memudahkan para penggunanya.

Adapun langkah-langkah untuk mentransfer saldo GoPay ke Rekening ATM sendiri selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi GoJek di HP androidmu dan login ke akun pribadi.
  • Kalau sudah, selanjutnya kamu klik tombol Pay atau Bayar yang ada di menu GoPay.
  • Pada halaman berikutnya, kamu pilih opsi To Bank Account atau Bayar ke Akun Bank.
  • Jika memang kamu belum mendaftarkan rekening bank apapun, maka kamu bisa mendaftarkannya terlebih dahulu. Caranya dengan klik tombol Instant transfer to a new account atau Transfer ke Rek. Baru.
  • Selanjutnya pilih jenis kartu ATM dan masukkan nomor rekening bank yang ingin ditransfer saldo GoPay. Klik tombol Confirm jika memang sudah selesai.
  • Sekarang kamu masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer, kemudian klik Lanjut.
  • Masukkan PIN akun GoPay-mu dan secara otomatis saldo sudah berhasil dikirimkan ke rekening bank tadi.
  • Selesai.

Catatan: Transfer saldo GoPay ke rekening ATM hanya bisa dilakukan dengan jumlah transfer minimal Rp 10 ribu. Jika kurang dari jumlah tersebut tentunya transfer tidak bisa dilakukan.

Penutup

Itulah tadi cara transfer GoPay ke akun GoPay lain atau ke rekening bank sendiri yang paling mudah. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP yang Mudah

Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP - Berbicara soal listrik, PLN atau Perusahaan Listrik Negara merupakan yang paling berjasa. PLN sudah lebih...

7 Aplikasi Edit Foto Jadi Video di HP Android Terbaik

Aplikasi Edit Foto Jadi Video - Mengedit foto tidak hanya bisa dilakukan di perangkat PC atau laptop saja. Sekarang ini kamu juga...

Aplikasi Laporan Keuangan Terbaik Android

Aplikasi Laporan Keuangan Terbaik Android - Di era modern ini segala layanan membutuhkan biaya untuk berlangganan dan layanan itu juga tak sedikit,...

Aplikasi Pengubah Bentuk Tubuh di Android Terbaik

Aplikasi pengubah bentuk tubuh di android terbaik - Di zaman sekarang ini selfie menjadi salah satu bagian dari gaya hidup. Kamu mungkin...

Related news

Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP yang Mudah

Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP - Berbicara soal listrik, PLN atau Perusahaan Listrik Negara merupakan yang paling berjasa. PLN sudah lebih...

7 Aplikasi Edit Foto Jadi Video di HP Android Terbaik

Aplikasi Edit Foto Jadi Video - Mengedit foto tidak hanya bisa dilakukan di perangkat PC atau laptop saja. Sekarang ini kamu juga...

Aplikasi Laporan Keuangan Terbaik Android

Aplikasi Laporan Keuangan Terbaik Android - Di era modern ini segala layanan membutuhkan biaya untuk berlangganan dan layanan itu juga tak sedikit,...

Aplikasi Pengubah Bentuk Tubuh di Android Terbaik

Aplikasi pengubah bentuk tubuh di android terbaik - Di zaman sekarang ini selfie menjadi salah satu bagian dari gaya hidup. Kamu mungkin...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini