Cara Transfer Chat WhatsApp dari Android ke iPhone

Cara Transfer Chat WhatsApp – Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau aplikasi WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting online paling populer di dunia. Hampir semua pengguna smartphone pasti memiliki akun WhatsApp pribadi, baik itu pengguna android maupun iOS. WhatsApp mampu memberikan kemudahan kepada para pengguna dalam urusan berkirim pesan. Tidak hanya bisa mengirim pesan teks saja, melainkan juga bisa mengirim file media. Mulai dari mengirim foto, video, dokumen, dan berbagai jenis file lainnya. Bahkan yang terbaru sekarang ini, WhatsApp memungkinkan untuk digunakan share lokasi dengan mudah.

Cara Transfer Chat WhatsApp
Cara Transfer Chat WhatsApp

Bukan hanya sekedar aplikasi untuk berkirim chat saja, di WhatsApp juga disediakan fitur WhatsApp Status. Di fitur ini pengguna dimungkinkan untuk berbagi status dalam bentuk teks, foto maupun video. WhatsApp Status merupakan tempat terbaik untuk berbagi setiap momen dari pengguna agar bisa dilihat oleh teman WhatsApp. Layaknya di Instagram dan Facebook, unggahan di WhatsApp Status ini akan hilang dengan sendirinya setelah melewati waktu 24 jam. Sayangnya masih belum tersedia fitur untuk mendownload Status WhatsApp teman. Akan tetapi, kamu bisa mengakalinya dengan trik khusus yang beredar di internet sekarang ini.

Baca Juga:

Soal WhatsApp, banyak pengguna yang bertanya-tanya apakah data di WhatsApp bisa ditransfer ke HP lain? Jawabannya tentu bisa. Data chatting yang ada di WhatsApp memungkinkan untuk dipindahkan ke HP lain dengan mudah. Tidak hanya bisa mengirim data chat dari android ke android saja, melainkan juga bisa dari android ke iPhone atau sebaliknya. Dan pada artikel kali ini saya akan membahas cara transfer chat WhatsApp tersebut secara lengkap. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Cara Transfer Chat WhatsApp dari  Android ke iPhone

Cara Kirim Chat WhatsApp
Cara Kirim Chat WhatsApp

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kita bisa melakukan pengiriman data chat WhatsApp di android ke iPhone. Cara ini bisa dibilang sangat mudah dan tidak memerlukan waktu lama. Setidaknya ada 3 metode yang bisa kamu terapkan untuk melakukan transfer chat WA dari android ke iOS atau iPhone ini. Adapun cara transfer chat WhatsApp di HP andorid ke iPhone selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengirim Chat WA dari Android ke iPhone Tanpa Aplikasi

Cara yang pertama ini bisa dibilang yang paling mudah dan cepat. Kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk metode satu ini. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi WhatsApp di HP androidmu.
  • Pada tampilan utama aplikasi, kamu klik ikon tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Akan muncul beberapa menu di sana, kamu klik pada menu Setting atau Setelan.
  • Pada halaman Setelan, kamu pilih opsi Chat.
  • Kemudian klik pada opsi Cadangan Chat.
  • Di halaman ini kamu perlu melakukan beberapa pengaturan. Pada bagian Cadangkan ke Google Drive kamu pilih opsi Hanya ketika saya mengrtuk “Cadangkan”. Sementara untuk bagian Akun Google, pilih akun yang ingin kamu gunakan menyimpan data backup. Tentukan juga jaringan yang ingin digunakan untuk backup data WA. Dan terakhir kamu hidupkan opsi Sertakan Video jika diinginkan.
  • Kalau semua sudah selesai, sekarang kamu klik tombol Cadangkan. Maka proses pencadangan data WhatsApp akan dimulai dan tunggu sampai selesai.
  • Jika sudah, sekarang kamu hapus aplikasi WhatsApp beserta datanya di HP android.
  • Sekarang berpindah ke perangkat iPhone, kamu install aplikasi WhatsApp di iPhone tersebut.
  • Jalankan aplikasi WhatsApp dan masukkan nomor WhatsApp yang sama dengan di Android tadi.
  • Perangkat akan mendeteksi data cadangan yang tersimpan di Google Drive. Klik Restore untuk mengembalikan semua data chat yang sudah dicadangkan tadi.
  • Selesai.

Catatan: Cara satu ini juga bisa kamu lakukan untuk memindahkan data WhatsApp dari android ke android atau ke HP baru.

2. Mengirim Chat WA dari Android ke iPhone Lewat menu Ekspor Chat

Alternatif lain untuk mengirim chat WhatsApp di HP ke iPhone yakni dengan menggunakan fitur Ekspor Chat. Metode kedua ini sama mudahnya, hanya saja mungkin untuk keefektifan-nya bisa dibilang kurang baik. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka aplikasi WhatsApp di HP androidmu.
  • Kemudian pada halaman Obrolan kamu pilih salah satu chat yang ingin diekspor.
  • Selanjutnya di halaman chatting tersebut kamu klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas tampilan. Pilih opsi Lainnya, kemudian klik pada opsi Ekspor Chat.
  • Akan muncul notifikasi pop up yang memberikan pilihan apakah kamu ingin menyertakan file media atau tidak. Pilih salah satu opsi sesuai keinginan.
  • Nantinya akan muncul lagi tampilan pop up di bawah layar dengan beberapa opsi ekspor. Kamu pilih saja opsi Gmail yang artinya data chat akan dikirimkan lewat email.
  • Pada halaman kirim e-mail kamu isi alamat email peneriman, tidak lain adalah email yang terdaftar di perangkat iPhone. Kalau sudah, selanjutnya klik Kirim.
  • Pada perangkat iPhone kamu buka email dan klik pada email yang dikirim tadi. Di sana kamu bisa melihat isi dari data chat tersebut.
  • Selesai.

Catatan: Meskipun mudah, namun sayangnya data chat WA hanya bisa kamu baca lewat e-mail saja, tidak bisa disinkronkan dengan akun WA di iPhone. Metode ini juga bisa kamu jadikan cara untuk menyadap WhatsApp pacar atau pasangan.

3. Mengirim Chat WA dari Android ke iPhone Lewat PC

Untuk metode yang terakhir ini juga tidak kalah mudahnya untuk dilakukan. Menariknya, dengan cara ini semua data chat bisa kamu transfer ke HP lain dengan mudah, bahkan yang berbeda platform OS sekalipun. Di sini kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan bernama Dr.Fone.

Cara transfer chat WhatsApp dengan Dr.Fone hanya butuh 3 langkah saja. Di sini kamu bisa mentransfer data chat WA dari iPhone ke android atau sebaliknya. Bahkan aplikasi ini juga memungkinkan untuk mentransfer chat ke sesama platfrom OS, misalnya dari android ke android atau iOS ke iOS. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi Wondershare Dr.Fone di perangkat PC atau laptop.
  • Kalau sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut.
  • Kemudian hubungkan kedua perangkat yakni HP android dan iPhone ke PC menggunakan kabel data.
  • Setelah semua terhubung, pada aplikasi Dr.Fone kamu klik Transfer WhatsApp Messages. Tentukan proses transfer data WA, apakah dari android ke iPhone atau sebaliknya. Klik tombol Flip untuk menukar perangkat. Kalau sudah, selanjutnya klik Transfer.
  • Tinggal tunggu proses transfernya selesai. Klik OK untuk menyelesaikannya.

Catatan: Cara satu ini sangat cocok digunakan bagi kamu yang ingin memindahkan data chat WhatsApp secara keseluruhan di perangkat lain, bahkan yang berbeda platform OS.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara transfer chat WhatsApp dari android ke iPhone atau iPhone ke android yang paling mudah dan cepat. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini