Cara Siaran Langsung di FB Lewat HP Android

24
Cara Siaran Langsung di FB
Cara Siaran Langsung di FB

Cara Siaran Langsung di FB – Dewasa ini Facebook sudah hadir dengan berbagai fitur canggih dan keren di dalamnya, yang pastinya sangat memanjakan para pengguna. Hal ini memang tujuannya untuk memudahkan pengguna dalam berinteraksi di dunia maya, serta membuat mereka betah berlama-lama di Facebook. Sementara bagi orang yang belum memakai Facebook, ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka sehingga akhirnya ikut bergabung dengan Facebook. Apalagi saat ini Facebook sudah hadir dalam berbagai platform yang bisa disesuaikan dengan kepemilikan pengguna.

Cara Siaran Langsung di FB
Cara Siaran Langsung di FB

Di Facebook, dulu hanya menyediakan fitur utama posting status di timeline atau beranda. Pengguna lain memungkinkan untuk memberikan like, komentar atau membagikan ulang postingan tersebut. Meskipun sampai saat ini fitur tersebut masih menjadi andalan utama, namun sudah mengalami beragam perubahan dan update sehingga lebih memiliki daya tarik. Soal postingan di Facebook, kita bisa memposting foto atau video juga, bahkan bisa melakukan siaran langsung. Nantinya teman atau pengguna lain di Facebook memungkinkan untuk menonton siaran langsung yang kamu lakukan di Facebook tersebut.

Baca Juga:

Mengenai fitur Siaran Langsung atau Live Streaming di Facebook, sebenarnya ini sudah hadir sejak lama. Namun, fitur tersebut terus dilakukan pembaruan sehingga fungsinya lebih fleksibel dan menarik untuk dicoba pastinya. Melakukan siaran langsung di Facebook sekarang ini sudah bisa dilakukan melalui aplikasi Facebook yang ada di smartphone, baik itu aplikasi Facebook Reguler maupun Facebook Lite. Meskipun mudah, namun masih banyak pengguna yang belum tahu cara siaran langsung di FB tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Ketentuan dan Kebijakan Siaran Langsung di Facebook

Sebelum mulai melakukan live streaming di Facebook, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja ketentuan dan kebijakan yang berlaku. Mengetahuinya akan memudahkan kamu dalam menggunakan fitur Siaran Langsung di Facebook tersebut. Kamu juga harus mematuhi kebijakan yang diberlakukan agar siaran langsung bisa dilakukan dengan lancar dan nyaman.

Adapun beberapa ketentuan dan kebijakan melakukan siaran langsung di Facebook selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Siaran langsung yang ditampilkan harus benar adanya dan tidak menyesatkan pengguna lain di Facebook, serta video siaran langsung yang ditampilkan harus terjadi secara real-time.
  2. Jika ingin menampilkan video yang sudah direkam sebelumnya, pastikan kamu sudah menandai video tersebut sebagai Perekam. Selain itu, pada bagian deskripsi dan juga judul video harus disertakan penafian bahwa konten tersebut merupakan hasil perekaman sebelumnya.
  3. Lokasi yang dicantumkan pada informasi siaran langsung Facebook harus benar dan tepat.
  4. Jika konten siaran langsung merupakan perpaduan antara video siaran langsung dan video hasil rekaman, maka yang ditandai sebagai perekaman hanyalah video hasil rekaman saja.
  5. Video rekeman yang dibuat siaran langsung bukanlah konten yang berulang atau statis. Misalnya saja video klip berdurasi 10 menit dan diputar berulang-ulang, konten berupa foto yang tidak bervisual dan tidak bersuara, serta konten yang hanya berisikan polling.

Yang perlu ditekankan lagi, video siaran langsung yang ingin ditampilkan harus real, tidak mengandung konten sensitif dan juga sesuai dengan ketentuan facebook. Dengan begitu siaran langsung bisa kamu lakukan dan ditayangkan di akun pribadimu.

Cara Siaran Langsung di FB Lewat HP Android

Cara Live Streaming di FB
Cara Live Streaming di FB

Sudah mengetahui ketentuan dan kebijakan siaran langsung atau live streaming di Facebook, sekarang lanjut ke cara untuk melakukannya. Di sini kita hanya memerlukan perangkat smartphone android yang sudah terhubung ke jaringan internet. Selain itu, pada HP tersebut juga sudah terpasang aplikas Facebook, baik itu Facebook Reguler ataupun Facebook Lite.

Adapun cara siaran langsung di FB melalui perangkat smartphone android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Live Streaming Facebook di Aplikasi Facebook Reguler

Untuk cara yang pertama ini akan dijelaskan cara untuk melakukan live streaming Facebook melalui aplikasi Facebook Reguler. Pada beberapa merek dan tipe HP android mungkin saja sudah tersedia aplikasi ini secara default, sehingga tidak perlu melakukan penginstalan lagi. Untuk langkah-langkah melakukannya, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Facebook Reguler di HP androidmu. Jika masih belum punya, maka kamu perlu mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut melalui Google Playstore.
  2. Selanjutnya kamu login ke akun Facebook pribadi dengan memasukkan email/nomor HP dan passwordnya.
  3. Setelah berhasil masuk, kamu akan dibawa ke halaman Beranda Facebook. Pada halaman tersebut kamu klik kolom Apa yang Anda Pikirkan? Yang ada di bagian atas tampilan. (kolom yang sama seperti saat ingin membuat postingan di Facebook)
  4. Selanjutnya di bagian bawah kolom pengetikan postingan, kamu pilih menu Video Siaran Langsung atau Live Streaming Video.
  5. Nantinya kamu akan langsung dibawa ke halaman untuk mulai melakukan siaran langsung. Namun, di sini kamu perlu melengkapi beberapa informasi terlebih dahulu sebelum melakukan siaran langsung. Mulai dari menambahkan deskripsi atau keterangan, mengatur permirsa siaran langsung, menambahkan teman, menambahkan fitur polling, menambahkan efek dan masih banyak lagi yang lainnya.
  6. Jika dirasa sudah selesai semuanya, selanjutnya kamu klik tombol Siaran Langsung, maka siaran langsung akan dimulai. Jika kamu ingin menghentikannya, maka tinggal klik Selesai Siaran Langsung.
  7. Selesai.

Untuk penambahan efek video, stiker, penggunaan kamera depan atau belakang, itu bisa kamu gunakan juga setelah siaran langsung dimulai. Artinya kamu bebas menentukan kapan penggunaannya, atau bahkan tidak menggunakan fitur tersebut sama sekali.

2. Live Streaming Facebook di Aplikasi Facebook Lite

Sementara untuk cara yang kedua ini khusus bisa dilakukan jika kamu memilih ingin menggunakan aplikasi Facebook Lite. Facebook Lite merupakan aplikasi resmi dari Facebook yang sudah dilakukan penyederhanaan sehingga membuatnya lebih ringan. Beberapa fitur bahkan dihilangkan di dalamnya, namun tidak dengan fitur Siaran Langsung atau Live Streaming. Kamu masih bisa melakukannya dengan mudah dan nyaman melalui aplikasi Facebook Lite ini.

Untuk langkah-langkah melakukan live streaming FB melalui aplikasi Facebook Lite selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama kamu download dan instal aplikasi Facebook Lite terlebih dahulu di perangkat smartphone androidmu.
  2. Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut dan login ke akun Facebook pribadi.
  3. Pada halaman Beranda Facebook, kamu klik menu Video Siaran Langsung yang ada di bagian atas tampilan. Berbeda dengan aplikasi Facebook Reguler, menu siaran langsung di Facebook Lite ini memang ditaruh di halaman utama Facebook agar lebih mudah mengaksesnya.
  4. Setelah klik menu tersebut, maka layar untuk memulai siaran langsung atau live streaming akan ditampilkan.
  5. Selanjutnya kamu lengkapi deskripsi atau keterangan siaran langsung yang ingin dilakukan. Kamu juga bisa melengkapi informasi lain untuk video siaran langsung yang ingin dilakukan tersebut.
  6. Jika sudah, selanjutnya klik tombol Siaran Langsung. Dengan demikian siaran langsung di Facebook akan dimulai. Untuk menyudahi siaran langsung tersebut, kamu klik saja tombol Selesai.
  7. Selesai.

Siaran langsung di Facebook ini tidak hanya bisa dilakukan di aplikasi Facebook saja, melainkan juga melalui situs resmi Facebook. Cara ini bisa dilakukan jika kamu ingin melakukan siaran langsung di Facebook melalui perangkat PC atau laptop. Yang pasti, cara ini bisa dilakukan secara gratis dan mudah, cukup memastikan perangkat sudah terhubung ke jaringan internet.

Penutup

Itulah tadi cara siaran langsung di FB melalui perangkat smartphone android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Membuat LinkTree Instagram di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Kirim Pesan WA ke Banyak Nomor Sekaligus
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini