Cara Setting Proxy di Google Chrome HP Android

18
Cara Setting Proxy di Google Chrome HP
Cara Setting Proxy di Google Chrome HP

Cara Setting Proxy di Google Chrome HP – HP android bukan hanya sekedar perangkat untuk alat komunikasi saja, melainkan lebih dari itu. Melalui perangkat smartphone android kita memungkinkan untuk menjelajahi internet. Mencari berbagai informasi yang diinginkan, streaming film di browser, mengunduh berbagai jenis file media dan masih banyak lagi yang lainnya. Fungsinya yang beragam ini membuat perangkat HP android semakin banyak diminati. Apalagi sekarang sudah ada banyak vendor smartphone yang menghadirkan produk HP android dengan banderol harga murah, membuatnya mampu dijangkau oleh semua kalangan.

Cara Setting Proxy di Google Chrome HP
Cara Setting Proxy di Google Chrome HP

Browsing di internet melalui HP android bisa dibilang lebih mudah dan praktis, jika dibandingkan dengan browser lewat PC. Selain bisa dilakukan kapan saja, browsing di HP android juga mudah untuk dilakukan di mana saja. Yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet yang dihubungkan pada perangkat smartphone. Lebih mudah dengan mengisi paket data pada kartu provider di HP, maka kita sudah bisa menikmati koneksi internet dengan nyaman dan mudah. Layaknya di perangkat PC, browser di HP android juga ada banyak pilihannya. Namun, yang paling banyak diminati oleh pengguna android yakni browser Google Chrome.

Baca Juga:

Berbicara mengenai browsing di Google Chrome, terkadang ada sebuah situs yang tidak bisa kita kunjungi. Alasannya karena situs tersebut diblokir oleh penyedia jaringan di HP, dalam hal ini jaringan dari operator. Kita tahu pemerinta melalui KOMINFO memang sedang gencar-gencarnya memblokir situs yang berbau negatif, guna untuk membuat nyaman aktivitas browsing bagi pengguna di Indonesia. Namun, terkadang ada beberapa situs bermanfaat yang justru terkena blokir juga. Untuk bisa mengunjunginya kita bisa menggunakan proxy server. Berikut cara settings proxy di Google Chrome HP yang mudah bisa kamu simak dan terapkan.

Tentang Proxy Server di HP Android

Mengenai Proxy, banyak orang yang salah kaprah mengenalnya, yang mana sebagian besar pengguna mengira proxy sama dengan VPN. Dari segi fungsi keduanya memang agak mirip, yakni punya fungsi umum untuk memberikan kebebasan akses internet bagi pengguna. Namun, untuk cara kerjanya tentu berbeda antara keduanya.

Proxy merupakan sebuah sistem yang menjadi jembatan bagi perangkat gadget dalam hal mengakses internet. Misalnya saja pengguna menggunakan browser untuk mengakses situs tertentu, maka browser akan memberikan request terlebih dahulu ke Proxy Server lalu data di olah dan website baru akan ditampilkan. Semua aktivitas di internet akan dikelola terlebih dahulu oleh proxy, baru nantinya akan dikirim dan ditampilkan ke pengguna.

Dalam hal ini IP Address dari HP yang digunakan oleh pengguna akan disembunyikan, di mana yang mengakses data website di internet adalah tugas dari proxy server. Hal inilah yang membuat website terblokir akan bisa diakses dengan mudah menggunakan proxy.

Proxy ini sendiri bisa didapat secara gratis di internet, ada banyak situs yang memberikan free proxy yang bisa kamu pilih dan gunakan. Namun, tidak jarang proxy gratis ini kurang maksimal saat digunakan untuk menjelajah internet. Untuk itu, lebih baik kamu beli proxy berbayar yang diklaim lebih ampuh dan cepat dalam hal mengakses internet.

Cara Setting Proxy di Google Chrome HP Android

Cara Mengatur Proxy di Google Chrome HP
Cara Mengatur Proxy di Google Chrome HP

Proxy tidak hanya bisa dipasang dan digunakan di perangkat PC saja, melainkan juga bisa di perangkat HP android. Proxy nantinya akan memberikan kebebasan akses internet bagi pengguna, sekaligus juga akan meningkatkan kecepatan akses internet di HP android. Namun, tentunya hal ini juga tergantung proxy yang kamu gunakan.

Proxy yang sudah diterapkan di HP android akan memungkinkan kamu browsing di Google Chrome dengan lebih nyaman dan puas. Adapun cara setting proxy di Google Chrome HP yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama pastikan kamu sudah menghubungkan perangkat smartphone ke jaringan wifi.
  2. Jika sudah, sekarang kamu buka menu Settings atau Pengaturan / Setelan di HP android.
  3. Kemudian masuk ke opsi Koneksi. Lanjutkan dengan klik pada opsi Wi-Fi.
  4. Di sana akan ditampilkan Nama Wifi atau SSID Wifi yang digunakan saat ini. Klik pada Nama Wifi yang terhubung di HP tersebut untuk masuk ke halaman pengeditan jaringan.
  5. Akan ditampilkan beberapa opsi untuk edit jaringan wifi di sana, kamu klik saja pada opsi Proxy. Pada halaman pop up yang muncul di layar, kamu pilih opsi Manual.
  6. Sekarang kamu tinggal mengisi Nama Host/IP dan Port jaringan yang ingin digunakan. Beberapa proxy membutuhkan username dan password untuk menggunaknnya.
  7. Jika sudah, tinggal kamu simpan settingan proxy tersebut. Dengan demikian kamu sudah berhasil melakukan setting proxy.
  8. Sekarang kamu buka Google Chrome dan browsing dengan nyaman dan bebas di sana. Semua situs terblokir sebelumnya akan langsung bisa kamu akses di Google Chrome dengan proxy tadi.
  9. Selesai.

Sebelum menerapkan cara di atas, disarankan kamu menyiapkan proxy servernya terlebih dahulu. Untuk proxy gratisan, kamu bisa mencarinya di situs Free Proxy. Jika memang penggunaannya dianggap kurang maksimal, maka kamu bisa memilih untuk menggunakan proxy berbayar. Ada banyak situs di internet yang menyediakan layana sewa proxy premium dengan jangka waktu tertentu.

Penutup

Itulah tadi cara setting proxy di Google Chrome HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengubah Suara di Telegram Android
Artikel SelanjutnyaCara Canva Pro Gratis di HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini