Cara Sembunyikan Video di VIVO Semua Tipe

22
Cara Sembunyikan Video di VIVO
Cara Sembunyikan Video di VIVO

Cara Sembunyikan Video di VIVO – Banyak yang bilang HP android tidak dibekali dengan fitur keamanan secanggih iPhone. Data penting pengguna di HP android bisa dengan mudah diretas atau dicuri oleh orang lain, sehingga ini tentunya membuat banyak pengguna semakin khawatir. Tetapi itu dulu, di mana sekarang para vendor HP sudah melakukan peningkatan pada fitur keamanan yang disediakan di dalamnya. berbagai fitur keamanan dihadirkan gunakan untuk membuat nyaman para pengguna dalam mengoperasikan HP android.

Cara Sembunyikan Video di VIVO
Cara Sembunyikan Video di VIVO

Misalnya saja pada fitur kunci layar, pengguna bisa menggunakan berbagai metode kunci layar untuk diterapkan di HP-nya. Baik itu kunci layar menggunakan kata sandi, pola, fingerprint hingga face lock. Selain itu, pada beberapa merek dan tipe HP juga dibekali dengan fitur kunci khusus untuk aplikasi yang diinstall di dalam HP android. Fitur ini memungkinkan untuk mengenkripsi aplikasi tertentu di HP android dengan cara menguncinya menggunakan kata sandi, pola kunci, fingerprint atau facelock. Satu lagi fitur menarik yang bisa ditemukan di HP android, yakni fitur untuk menyembunyikan file video.

Baca Juga:

Beberapa merek dan tipe HP android sudah dibekali dengan fitur bawaan yang fungsinya untuk menyembunyikan foto dan video tersebut. Salah satunya adalah HP VIVO, di mana di dalamnya sudah ada yang namanya fitur File Safebox yang fungsinya untuk menyembunyikan foto dan video dengan mudah dan aman. Namun, ternyata masih banyak pengguna yang belum tahu cara sembunyikan video di VIVO khususnya. Mengenai informasi tersebut bisa kalian simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Sembunyikan Video di VIVO Semua Tipe

Untuk menyembunyikan video di HP VIVO, setidaknya ada 2 metode yang bisa diterapkan, yakni menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan. Kedua cara tersebut sama mudahnya untuk dilakukan, bahkan bagi kamu yang masih awam. Adapun cara sembunyikan video di VIVO semua tipe selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menyembunyikan Video di HP VIVO Tanpa Aplikasi

Menyembunyikan Video di HP VIVO Tanpa Aplikasi
Menyembunyikan Video di HP VIVO Tanpa Aplikasi

Cara yang pertama yang akan dibahas adalah menyembunyikan file video di HP VIVO dengan mengunakan fitur bawaan. Fitur yang dimaksud yakni bernama File Safebox yang berguna untuk menyimpan file foto dan video dengan aman dan tersembunyi. Namun, fitur ini hanya bisa ditemukan pada HP VIVO dengan dukungan Funtouch OS 10 ke bawah saja.

Sementara untuk pengguna HP VIVO dengan dukungan Funtouch OS 11 atau di atasnya, maka bisa menggunakan fitur serupa yang bernama Safe Folder. Sama seperti File Safebox, fitur ini juga memungkinkan untuk menyembunyikan file berupa foto dan video.

Cara 1. Sembunyikan Video di VIVO dengan Funtouch OS 10 ke Bawah

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Settings atau Setelan di HP VIVO.
  2. Kemudian masuk ke opsi Privacy atau Privasi.
  3. Lanjutkan dengan klik pada opsi File Safebox atau Brangkas File.
  4. Jika ini baru pertama kali kamu lakukan, maka kamu akan diminta untuk membuat PIN. Masukkan PIN yang sama untuk konfirmasi penggunaan PIN tersebut. Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Finish atau Selesai.
  5. Keluar dari menu Settings, selanjutnya kamu buka menu Galeri atau Album di HP VIVO.
  6. Sekarang kamu cari dan pilih file video yang ingin disembunyikan di File Safebox tadi. Pada video yang dipilih tersebut, kamu klik menu Tiga Titik yang ada di pojok kanan atas tampilan. Kemudian pilih opsi Move to File Safebox.
  7. Selesai.

Secara otomatis file video tersebut akan disimpan dan disembunyikan di File Safebox. Lakukan cara yang sama seperti di atas untuk menyembunyikan file video lain di VIVO.

Untuk mengakses video yang disembunyikan tadi, kamu tinggal buka File Safebox atau Brangkas File melalui halaman Settings. Kemudian pilih Privacy dan pilih File Safebox dan masukkan PIN yang kamu buat sebelumnya.

Cara 2. Sembunyikan Video di VIVO dengan Funtouch OS 11 ke Atas

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Files di HP VIVO milikmu.
  2. Selanjutnya pilih kategori Video, lalu pilih salah satu video yang ingin kamu sembunyikan di HP VIVO.
  3. Pada preview video, kamu klik menu Tiga Titik yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan. Kemudian pilih opsi Move to Safe Folder.
  4. Kamu akan diminta untuk membuat PIN keamanan untuk Safe Folder tersebut. Kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan.
  5. Lakukan cara yang sama untuk menyembunyikan file video lainnya ke Safe Folder.
  6. Selesai.

Secara otomatis video tadi akan dipindahkan ke Safe Folder dan hanya kamu yang bisa mengaksesnya. Untuk mengakses video yang disembunyikan tadi, kamu bisa pilih menu Safe Folder yang bisa ditemukan di halaman utama aplikasi Files tadi. Selanjutnya masukkan PIN yang kamu buat sebelumnya, maka nantinya kamu bisa langsung melihat video tersembunyi di dalam halaman Safe Folder tersebut.

2. Menyembunyikan Video di HP VIVO dengan Aplikasi

Menyembunyikan Video di HP VIVO dengan Aplikasi
Menyembunyikan Video di HP VIVO dengan Aplikasi

Jika cara di atas menurutmu kurang efektif untuk digunakan, maka cara kedua ini bisa kamu jadikan alternatif lain untuk menyembunyikan file video di VIVO. Di sini kamu bisa memanfaatkan aplikasi tambahan yang diinstall melalui Google Play Store. Ada banyak aplikasi untuk menyembunyikan video yang bisa kamu gunakan, yang pasti hampir semua aplikasi bisa digunakan secara gratis.

Salah satu aplikasi terbaik untuk menyembunyikan foto dan video di HP VIVO yakni bernama Calculator Vault- Gallery Lock yang dikembangkan oleh Sure Aplications. Aplikasi satu ini memiliki tampilan antarmuka seperti kalkulator pada umumnya. Namun, sejatinya ini merupakan aplikasi yang dibaliknya menjadi penyimpanan foto dan video tersembunyi. Untuk cara menggunakannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi Calculator Vault- Gallery Lock melalui Google Play Store.
  2. Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut dengan klik ikon aplikasiya di layar menu HP VIVO.
  3. Pada tampilan awal aplikasi, kamu akan diminta untuk membuat password atau kata sandi. Masukkan kata sandi yang sama pada kolom satu dan kolom dua, kemudian klik tombol CREATE.
  4. Selanjutnya kamu juga akan diminta untuk memasukkan pertanyaan beserta jawabannya sebagai Opsi Recovery jika kamu lupa password aplikasi di lain waktu. Untuk pertanyaannya bisa diketik pada kolom pertama dan jawabannya di bagian kolom kedua. Kalau sudah, selanjutnya kamu klik tombol SAVE AND START.
  5. Sekarang kamu bisa langsung masuk ke dalam aplikasi dengan memasukkan password yang sudah dibuat tadi.
  6. Pada halaman utama aplikasi, kamu tinggal menambahkan file yang ingin disembunyikan di dalamnya. Karena tujuannya di sini untuk menyembunyikan file video, maka kamu klik folder Video dan pilih ikon Tambah (+).
  7. Selanjutnya kamu cari dan pilih video yang ingin disembunyikan, bisa pilih beberapa video sekaligus dengan cara tekan dan tahan pada file video.
  8. Untuk menyembunyikannya, kamu tekan ikon Gembok atau Kunci yang ada di bagian kanan atas tampilan.
  9. Selesai.

Dengan cara ini video yang diplih tadi akan langsung disembunyikan di dalam aplikasi Calculator Vault- Gallery Lock dan hanya kamu yang mengetahuinya. Sementara untuk cara mengakses video yang sudah disembunyikan, caranya cukup dengan buka aplikasi Calculator Vault- Gallery Lock. Kemudian masukkan password yang sudah dibuat sebelumnya dan masuk ke folder Video.

Penutup

Itulah tadi cara sembunyikan video di VIVO yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Rekam Suara di OPPO dengan dan Tanpa Aplikasi
Artikel SelanjutnyaCara Cek Garansi HP Realme yang Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini