Cara Sembunyikan File di Android Paling Aman

Cara Sembunyikan File di Android – Sebagai pengguna HP android, beberapa dari kalian pasti punya file yang merupakan konsumsi pribadi. File-file tersebut tentu tidak ingin dilihat oleh orang lain, bahkan teman atau anggota keluarga yang sering meminjam smartphonemu. Tetapi sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, karena ada cara paling mudah dan aman untuk menyembunyikan file di HP android tersebut. Dengan cara ini, siapa pun tidak akan lagi bisa mengakses file privasimu tersebut kecuali kamu sendiri yang membukanya.

Cara Sembunyikan File di Android
Cara Sembunyikan File di Android

Beberapa pengguna mungkin masih belum tahu bagaimana cara untuk menyembunyikan file di HP android tersebut. Pada kenyataannya cara ini bisa dilakukan dengan sangat mudah, bahkan bagi pengguna yang masih awam sekalipun. Setidaknya ada 2 pilihan cara yang bisa diterapkan untuk hal menyembunyikan file android, yakni menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga ataupu tanpa aplikasi sama sekali.

Baca Juga:

Mengetahui cara sembunyikan file di HP android sangat penting, apalagi bagi kalian yang memang memiliki file pribadi yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Membiarkan orang lain mengakses file pribadi, memungkinkan hal ini akan menjadi kabar buruk bagi pemiliknya. Agar hal tersebut tidak terjadi, terapkan cara sembunyikan file di android paling aman berikut ini.

Cara Sembunyikan File di Android Paling Mudah dan Aman

Cara Sembunyikan File di HP Android
Cara Sembunyikan File di HP Android

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk menyembunyikan file di android kita bisa menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi tambahan. Namun, untuk cara menyembunyikan file android tanpa aplikasi mungkin sudah tidak work lagi. Pasalnya, fitur hidden file tersebut sudah banyak yang dihilangkan dari smartphone keluaran terbaru.

Meski demikian, kamu masih bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan file di smartphone android tersebut. Untuk langkah-langkah selengkapnya, bisa kamu simak di bawah ini.

1. Menggunakan Aplikasi ES File Explorer

Cara sembunyikan file foto, video dan dokumen di android yang pertama yakni menggunakan aplikasi ES File Explorer. Aplikasi satu ini sebenarnya berfungsi untuk mengelola file di android. Tetapi, di dalamnya juga disediakan fitur khusus yang memungkinkan pengguna menyembunyikan file yang ada di HP android. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama install aplikasi ES File Explorer di HP android. Lalu, langsung jalankan aplikasi tersebut.
  • Sekarang kamu cari file yang ingin disembunyikan, baik itu file foto, video, dokumen atau jenis file lainnya. Jika sudah ketemu, klik dan tekan agak lama hingga muncul beberapa opsi di bawahnya.
  • Selanjutnya kamu klik opsi Rename. Pada opsi mengedit nama file, kamu tambahkan tanda titik (.) di depan nama file tersebut. Jika sudah, berikutnya klik OK.
  • Secara otomatis file akan tersembunyi dari galeri HP. Untuk mengaksesnya, kamu bisa buka kembali aplikasi ES File Explorer, lalu pilih Show hidden file pada opsi pengaturannya.

2. Menggunakan Aplikasi Vault-Hide SMS, Pics & Video

Selain ES File Eksplorer, jenis aplikasi lain yang juga memungkinkan kita menyembunyikan file di android yakni Vault-Hide SMS, Pics & Video. Sesuai dengan namanya, aplikasi satu ini menyediakan fitur untuk menyembunyikan gambar/foto, video hingga SMS. Selain itu, ada fitur lain dari aplikasi ini yakni fitur untuk menyembunyikan kontak dan juga aplikasi terinstall di HP android.

Cara penggunaannya juga terbilang sangat mudah, cukup install aplikasi tersebuti di HP androidmu. Selanjutnya kamu pilih file mana saja yang ingin disembunyikan, lalu dipindahkan ke lemari besi dari Vault-Hide SMS, Pics & Video. Nantinya kamu juga bisa melindungi lemari besi tersebut dengan kata sandi. Yang menarik lagi di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur Vault Palsu. Fitur ini akan membuat seolah para stalker sudah berhasil membobol file-file yang kamu sembunyikan di aplikasi tersebut.

3. Hide Pictures in Vaulty

Kali ini ada aplikasi terbaik dari developer Squid Tooth LLC yang juga berfungsi untuk menyembunyikan file di smartphone android. Fitur-fitur yang disediakan di dalamnya juga terbilang lengkap, sehingga membuat file yang disembunyikan akan lebih aman. Orang lain tidak akan menduga ada file-file penting yang kamu sembunyikan di dalam aplikasi Hide Pictures in Vaulty.

Cara kerjanya hampir mirip seperti aplikasi sebelumnya. Di sini kamu bisa memilih file mana saja yang ingin disembunyikan dan dilindungi dengan aplikasi tersebut. Selanjutnya kamu bisa memindahkan semua file terpilih tadi ke dalam galeri Vaulty. Proteksi galeri dengan menggunakan password agar tidak ada orang yang bisa mengaksesnya secara sembarangan. Yang menarik lagi, jika ada orang lain yang ingin membobol password galeri Vaulty, aplikasi ini nantinya akan memberi laporan dengan menyertakan foto si pembobol tersebut. Keren sekali bukan?

4. Safe Gallery Free

Berikutnya ada aplikasi bernama Safe Gallery Free yang juga sangat ampuh menyembunyikan file di android, khususnya file yang ada di galeri HP. Cara penggunaannya juga sangat mudah, dan file yang tersimpan juga sangat aman dari tangan-tangan jahil.

Untuk penggunaannya juga hampir sama dengan aplikasi sebelumnya. Namun yang membedakan dari sisi proteksinya, yang mana dalam aplikasi ini kamu bisa memproteksi galeri dengan PIN, Password ataupun Pola. Menggunakan aplikasi Safe Gallery Free, kamu tidak perlu khwatir kehilangan file. Pasalnya, aplikasi Safe Gallery Free ini menyediakan fitur khusus untuk membackup data yang tersimpan di galeri HP.

5. Hide Pictures Keepsafe Vault

Dan cara sembunyikan file di android paling ampuh yang terakhir yakni menggunakan aplikasi Hide Pictures Keepsafe Vault. Sesuai dengan namanya, aplikasi satu ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan dan melindungi foto sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain secara sembarangan. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi satu ini menyediakan tempat khusus untuk file foto yang ingin disembunyikan dari galeri utama HP android.

Tidak sampai di situ saja, file tersebut akan diproteksi oleh password sehingga tidak ada yang bisa membukanya, kecuali kamu sendiri. Yang menarik lagi, di dalam aplikasi ini tersedia fitur PIN Palsu. Ini merupakan PIN kedua yang memungkinkan bisa ditebak dengan mudah oleh stalker. Aplikasi seolah bisa dibobol oleh stalker, namun isi yang ada di dalamnya merupakan foto lain yang tidak diproteksi.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara sembunyikan file di android paling ampuh dan mudah bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Cara Menghubungkan IG ke FB Lewat HP Android

Cara Menghubungkan IG ke FB - Seperti yang kita tahu, Instagram secara resmi diakuisisi oleh perusahaan ternama Facebook Inc. Jadi, secara otomatis...

Cara Download DU Recorder Versi Lama di HP Android

Download DU Recorder Versi Lama - Dewasa ini HP android sudah dibekali dengan beragam fitur keran dan canggih. Fitur-fitur tersebut membuatnya semakin...

Aplikasi Lokasi GPS Palsu Terbaik

Aplikasi Lokasi GPS Palsu Terbaik - GPS atau Global Positioning System merupakan salah satu fitur terpenting yang ada di smartphone baik itu...

Aplikasi CCTV Android Terbaik 2020

Aplikasi CCTV Android Terbaik 2020 - Sebelum kita bahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita ulik sedikit apasih CCTV itu? Closed Circuit Television...

Related news

Cara Menghubungkan IG ke FB Lewat HP Android

Cara Menghubungkan IG ke FB - Seperti yang kita tahu, Instagram secara resmi diakuisisi oleh perusahaan ternama Facebook Inc. Jadi, secara otomatis...

Cara Download DU Recorder Versi Lama di HP Android

Download DU Recorder Versi Lama - Dewasa ini HP android sudah dibekali dengan beragam fitur keran dan canggih. Fitur-fitur tersebut membuatnya semakin...

Aplikasi Lokasi GPS Palsu Terbaik

Aplikasi Lokasi GPS Palsu Terbaik - GPS atau Global Positioning System merupakan salah satu fitur terpenting yang ada di smartphone baik itu...

Aplikasi CCTV Android Terbaik 2020

Aplikasi CCTV Android Terbaik 2020 - Sebelum kita bahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita ulik sedikit apasih CCTV itu? Closed Circuit Television...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini