Cara Secret Chat Telegram di HP Android

7
Cara Secret Chat Telegram
Cara Secret Chat Telegram

Cara Secret Chat Telegram – Smartphone android bisa dikatakan sebagai salah satu perangkat gadget yang paling diminati saat ini. Penggunaannya yang mudah menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang lebih memilihnya. Terbukti pengguna dari HP android tersebut datang dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan lansia. Fungsi yang diberikannya juga cukup beragam, bukan hanya sekedar sebagai alat komunikasi saja. Di HP android kita memungkinkan untuk browsing di internet, bermain game, nonton video, bahkan juga memutar musik.

Cara Secret Chat Telegram
Cara Secret Chat Telegram

Selain itu, salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh para pengguna di perangkat android yakni berkirim pesan. Saat ini berkirim pesan tidak hanya mengandalkan layanan SMS saja. Beberapa jenis aplikasi chat hadir di perangkat HP android untuk memudahkan pengguna dalam hal saling berkirim pesan. Bereda dengan layanan SMS, berkirim pesan di aplikasi chat ini hanya memerlukan sambungan internet saja. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang lebih memilih chattingan di aplikasi dibandingkan menggunakan layanan SMS.

Baca Juga:

Ada banyak pilihan aplikasi chatting online di android yang bisa kamu pilih dan gunakan. Salah satunya yakni bernama Telegram yang juga menjadi salah satu aplikasi chatting terpopuler saat ini. Di dalam aplikasi Telegram disematkan banyak sekali fitur canggih yang tidak hanya memudahkan pengguna dalam urusan komunikasi, melainkan juga membuat mereka nyaman menggunakannya. Salah satu fitur menarik di Telegram yakni bernama Secret Chat atau Pesan Rahasia. Fitur ini memungkinkan pengguna saling berkirim chat dengan aman tanpa diketahui oleh orang lain, bahkan pihak Telegram. Bagi kamu yang belum tahu, berikut cara secret chat Telegram di smartphone android yang bisa disimak dan terapkan.

Tentang Fitur Secret Chat Telegram

Kita tahu Telegram merupakan salah satu aplikasi chatting paling aman dari dulu hingga sekarang. Telegram sendiri menggunakan sistem keamanan tercanggih dengan enkripsi end-to-end sehingga pengguna lebih aman dan nyaman saat chattingan. Enkripsi yang digunakan tersebut memungkinkan isi obrolan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima saja. Bahkan pihak Telegram pun tidak akan bisa melacak riwayat obrolan di Telegram tersebut.

Semakin aman lagi dengan adanya fitur Secret Chat atau Pesan Rahasia, di mana fitur ini akan memberikan perlindungan pada isi chat pengguna. Fitur Secret Chat bisa digunakan untuk saling berkirim pesan secara pribadi dengan pengguna Telegram lain. Karena itulah, fitur ini hanya bisa digunakan untuk pesan pribadi saja, tidak bisa untuk grup.

Fitur Secret Chat Telegram akan menyimpan data chat di ponsel pengguna saja, bukan di server Telegram. Karena itulah, ketika pengguna berganti perangkat ponsel maka akan secara otomatis isi chat ini akan terhapus otomatis. Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan fitur Hapus Chat Otomatis yang disediakan di Secret Chat Telegram ini. Menariknya lagi, kamu bisa mengatur sendiri jangka waktu riwayat pesan tersebut akan terhapus secara otomatis.

Adanya fitur ini tentunya akan memberikan keamanan tingkat tinggi kepada pengguna, yang mana hal ini juga akan mampu meminimalisir risiko orang lain mengakses atau meng-hack isi percakapanmu di Telegram.

Ada beberapa fungsi lain yang disediakan di dalam Secret Chat Telegram selain hapus pesan otomatis, yakni melakukan panggilan suara dan panggilan video secara pribadi. Sama seperti chat, riwayat panggilan ini juga sifatnya rahasia dan bisa dihapus secara otomatis. Dan lagi, pada Secret Chat juga ada fungsi untuk mematikan notifikasi, sehingga chattingan akan semakin aman.

Cara Secret Chat Telegram di HP Android

Cara Chat Rahasia Telegram
Cara Chat Rahasia Telegram

Sudah tahu fungsi Secret Chat Telegram, sekarang lanjut ke cara untuk menggunakan fitur Secret Chat di Telegram tersebut. Cara ini khusus diterapkan di perangkat HP android, untuk cara di iPhone mungkin agak berbeda melakukannya.

Sebenarnya cukup mudah untuk memulai Secret Chat atau Chat Rahasia di Telegram HP android. Hanya saja, masih banyak pengguna yang belum tahu cara melakukannya. Karena itulah pada artikel kali ini akan dibahas cara secret chat Telegram di HP android tersebut. Berikut langkah-langkah selengkapnya:

Metode 1. Lewat Menu Profil Kontak

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Telegram di perangkat HP android. Pastikan kamu sudah login ke akun Telegram milikmu.
  2. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik salah satu kontak Telegram yang ingin diajak chattingan secara rahasia. Maka kamu akan dibawa ke halaman obrolan biasa.
  3. Selanjutnya klik Nama Kontak yang ada di atas tampilan, maka akan ditampilkan Halaman Profil Kontak yang dipilih tersebut.
  4. Sekarang kamu klik menu Tiga Titik di bagian pojok kanan atas tampilan, kemudian pilih opsi Start Secret Chat.
  5. Nantinya akan muncul tampilan pop up di layar HP, lanjutkan dengan klik tombol Start yang ada di tampilan tersebut.
  6. Kamu dan kontak yang dipilih akan langsung dibawa ke halaman Secret Chat, dan chattingan aman dan nyaman bisa dimulai.

Metode 2. Lewat Menu Utama Telegram

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Telegram di perangkat smartphone. Pastikan kamu sudah login ke akun Telegram yang dimiliki.
  2. Pada halaman utama Telegram, kamu masuk ke menu Obrolan.
  3. Kemudian klik ikon Pensil yang ada di bagian kanan bawah tampilan untuk memulai obrolan baru.
  4. Selanjutnya pilih menu New Secret Chat, lalu pilih salah satu kontak yang ingin diajak chattingan secara rahasia.
  5. Maka nanatinya kamu dan kontak teman yang dipilih tadi akan langsung diantar ke halaman obrolan rahasia.

Bagaimana Cara Mengatur Waktu Riwayat Secret Chat Terhapus Otomatis?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pada Secret Chat Telegram ini tersedia fitur hapus chat otomatis. Secara default fitur ini akan langsung diaktifkan, namun di sini pengguna juga memungkinkan untuk mengatur sendiri jangka waktu pesan akan dihapus secara otomatis. Untuk cara mengaturnya sendiri, yakni:

  1. Pada halaman Chat Secret dengan kontak teman tadi, kamu klik ikon Jam yang ada di bawah foto profil.
  2. Nantinya akan ditampilkan halaman Self Destruct Timer, kemudian kamu bisa pilih sendiri durasi waktu pesan akan dihapus secara permanen.
  3. Ada beberapa pilihan durasi waktu hapus otomatis yang bisa kamu pilih, mulai dari paling cepat 1 detik dan paling lama 7 hari.

Selain itu, kamu juga memungkinkan untuk menghapus semua riwayat chat sendiri ketika ingin keluar dari halaman obrolan tersebut. Caranya sangat mudah, yakni dengan langsung klik opsi Delete Chat yang ada pada menu yang tersedia di Secret Chat tersebut.

Penutup

Itulah tadi cara Secret Chat Telegram di HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mendapatkan Teman di Snapchat Terbaru
Artikel SelanjutnyaCara Menggunakan Proxy di Telegram HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini