4 Cara Screenshot Vivo V15 Paling Mudah dan Simple

Cara Screenshot Vivo V15 – Vivo V15 merupakan seri smartphone paling baru dari Vivo yang dirilis beberapa waktu lalu. Perilisan Vivo V15 sama meriahnya dengan seri-seri sebelumnya, acara tersebut disiarkan langsung di beberapa stasiun TV nasiaonal Indonesia. Yang menjadi daya tarik utama dari Vivo V15 adalah adanya dukungan pop up kamera depan dengan resolusi 32MP. fitur pop up kamera ini sendiri merupakan pertama kali di dunia, kehadirannya membuat layar full view tanpa adanya poni atau notch. Pecinta foto seflie pastinya sangat dimanjakan dengan kehadiran ini.

Selain kamera depan, Vivo V15 juga mengusung kamera belakang tidak kalah mumpuni. Hasil jepretannya bahkan setara dengan kamera DSLR, sangat jelas, jernih dan tajam. Spesifikasi dapur pacunya juga terbilang tangguh, semua aktivitas bersmartphone bisa dilibas dengan lancar dan cepat.

Baca Juga:

Ada satu lagi fitur menarik yang disematkan di Vivo V15, yakni screen capture. Setidaknya ada 4 cara screenshot Vivo V15 yang paling mudah, bisa memanfaatkan fitur dari HP itu sendiri atau juga dengan aplikasi screenshot. Mungkin sebagian dari kalian masih bingung dengan cara screenshot di Vivo V15, karena itulah saya rangkumkan di bawah ini.

4 Cara Screenshot Vivo V15 dengan Mudah dan Cepat

Sebenarnya cara screenshot Vivo V15 hampir sama dengan seri HP Vivo sebelumnya. Hanya saja tampilannya yang berbeda sehingga cukup membingungkan bagi pengguna baru. Untuk cara screen capture Vivo V15 selengkapnya, sebagai berikut :

Menggunakan fitur S-Capture Vivo V15

Cara screenshot Vivo V15 dengan mudah yang pertama adalah dengan memanfaatkan fitur yang bernama S-Capture. Fitur ini disematkan khusus oleh Vivo untuk memudahkan pengguna melakukan screenshot atau screen capture. Untuk langkah-langkah screenshot dengan S-Capture, antara lain:

  1. Langkah yang pertama silahkan kamu tentukan tampilan mana yang akan di ambil gambar atau screenshotnya.
  2. Setelah ditentukan, barulah kamu lakukan swipe atau mengusap layar dari bawah ke atas.
  3. Saat sudah muncul menu “Quick Settings”, kamu tinggal klik pada opsi “S-Capture”.
  4. Setelah itu, pilih mode screenshot yang kamu inginkan. Beberapa mode screenshot yang tersedia yaitu Rectangular (mode standar), Funny Screenshot, Long Screenshot (screenshot panjang), dan Record Screen.
  5. Setelah memilih mode tangkapan layar, nanti akan ada notifikasi suara shutter dan layar yang ikut berkedip.
  6. Selesai. Hasil screenshot tadi akan langsung tersimpan di menu Galerry smartphone.

Menggunakan cara swipe dengan 3 jari

Selain menggunakan fitur S-Capture, cara tangkapan layar Vivo V15 juga bisa dilakukan dengan swipe 3 jari. Ya, fitur ini disematkan oleh Vivo untuk memudahkan penggunanya saat akan melakukan tangkapan layar atau screen capture. Caranya sangat mudah, lihat langkah-langkah berikut :

  1. Sebelum melakukan screenshot dengan swipe 3 jari, kamu perlu mengaktifkan fitur tersebut melalui menu pengaturan.
  2. Silahkan kamu masuk ke menu “Setting” atau “Pengaturan” Vivo V15.
  3. Scroll ke bawah, cari dan klik menu “Screenshot”. Setelah itu, kamu aktifkan fitur “Three fingers swipe screenshot”.
  4. Setelah diaktifkan, kamu tinggal menentukan area atau tampilan mana yang akan discreenshot. 
  5. Selanjutnya lakukan tangkapan layar dengan cara menyapu atau swipe layar dengan 3 jari yang dirapatkan dari atas ke bawah layar. 
  6. Jika berhasil, nantinya layar akan berkedip dan disertai juga suara shutter dari HP.
  7. Tampilan yang sudah discreenshot atau ditangkap gambarnya akan secara otomatis disimpan di menu Galeri smartphone.

3. Menangkap layar dengan cara kombinasi tombol

Satu lagi cara screenshot Vivo V15 paling mudah yang bisa kamu terapkan, yakni dengan menekan kombinasi tombol. Cara ini mungkin yang umum bisa kita lakukan pada hampir semua seri atau merek HP android. Menekan kombinasi tombol tetentu secara bersamaan dalam beberapa detik hingga layar sudah berhasil ditangkap. Untuk langkah-langkah lebih jelasnya lihat di bawah ini.

  1. Pertama kamu perlu menentukan area atau tampilan mana yang ingin discreenshot.
  2. Setelah ditentukan, kamu langsung tekan secara bersamaan “Tombol Power + Volume Down” selama beberapa detik.
  3. Lepaskan tekanan pada kedua tombol saat layar sudah berkedip dan terdengar suara shutter dari HP.
  4. Secara otomatis hasil screenshot akan langsung tersimpan di Galeri smartphone. Biasanya juga hasil screenshot tampil di menu notifikasi.

4. Menggunakan aplikasi tangkapan layar

Cara screenshot Vivo V15 yang terakhir adalah dengan memanfaatkan aplikasi tangkapan layar. Di Google Play Store sudah tersedia banyak sekali aplikasi screenshot terbaik yang bisa kamu gunakan. Namun kali ini saya menggunakan aplikasi yang bernama Tangkapan Layar Mudah. Aplikasi screenshot satu ini mempunyai banyak sekali mode tangkapan layar, serta mudah dan ringan digunakan.

  1. Pertama kamu perlu mengunduh dan menginstall aplikasi Tangkapan Layar Mudah.
  2. Setelah diinstall, langsung buka aplikasinya. Kamu bisa memilih sendiri cara tangkapan layar yang kamu inginkan. Bisa dengan mode guncangan, dengan klik ikon, atau juga menekan tombol.
  3. Selain itu, mode tangkapan layar juga bisa kamu atur sendiri. Mulai dari mode screenshot standar, screenshot situs web, tangkapan layar gulir, dan juga rekam layar.
  4. Cukup tentukan tampilan atau area yang akan discreenshot, lalu tangkap layar sesuai cara yang kamu aktifkan tadi.
  5. Hasil screenhsot akan langsung tersimpan di menu Galeri smartphone. Uniknya lagi, sebelum disimpan kamu juga bisa melakukan edit hasil screenshot secara langsung, kemudian simpan.

Penutup

Sangat mudah bukan cara screenshot Vivo V15 di atas? Dari keempat cara tersebut, kamu bisa memilih salah satu sesuai yang kamu anggap paling mudah. Jangan lupa share artikel ini ke akun media sosial kamu, agar bisa bermanfaat untuk orang banyak.