Cara Screenshot Panjang di HP Android Terbaru

Cara Screenshot Panjang di HP Android – HP android menjadi salah satu perangkat gadget paling banyak diminati karena fungsinya yang cukup fleksibel. Di HP android juga sudah dibekali dengan fitur menarik yang tentunya semakin mempermudah aktivitas para penggunanya. Misalnya saja fitur untuk melakukan tangkapan layar atau screenshot. Menangkap gambar layar  umumnya dilakukan untuk menyimpan suatu tampilan di layar, baik saat membuka website, bersosial media dan lain sebagainya.

Cara Screenshot Panjang di HP Android
Cara Screenshot Panjang di HP Android

Screenshot memang menjadi cara terbaik untuk mengabadikan suatu momen unik dan menarik yang tampil di layar smartphone. Tetapi umumnya, melakukan screenshot atau tangkapan layar hanya bisa mengambil gambar yang tampil saat itu saja. Maksutnya, kita tidak bisa mengambil gambar layar secara memanjang terus ke bawah. Ini tentu akan menyulitkan ketika pengguna perlu melakukan screenshot suatu halaman yang panjang, seperti artikel atau status panjang di facebook atau media sosial lainnya.

Baca Juga:

Tidak perlu khawatir, melakukan screenshot panjang di HP ternyata bisa dilakukan, bahkan caranya sangat mudah. Beberapa tipe HP android biasanya sudah dibekali dengan fitur screenshot panjang seperti ini. Tetapi jika tidak, masih ada cara lain kok yang bisa kamu gunakan agar bisa melakukan tangkapan layar panjang di HP android. Berikut ini adalah cara screenshot panjang di HP android selengkapnya.

Cara Screenshot Panjang di HP Android yang Mudah

Cara Screenshot Panjang di Android
Cara Screenshot Panjang di Android

1. Menggunakan Fitur Bawaan HP

Seperti yang dijelaskan di atas, beberapa tipe HP sudah dibekali dengan fitur tangkapan layar memanjang. Kamu tinggal mengecek apakah HP androidmu sudah dibekali fitur tersebut atau tidak melalui menu bar atau menu pengaturan. Misalnya saja pada HP Vivo, di mana sudah ada fitur bernama S-Captur. Fitur tersebut berfungsi untuk melakukan tangkapan layar biasa atau juga tangkapan layar panjang.

Selain Vivo, HP Xiaomi juga dibekali dengan fitur semacam ini. Pengguna bisa dengan mudahnya melakukan screenshot biasa atau pun screenshot panjang. Caranya sangat mudah, kamu tinggal menekan tombol Power + Volume Down pada area yang ingin discreenshot. Untuk mengambil screenshot panjang, kamu tinggal klik gambar kecil di kanan tampilan kemudian tekan menu Gulir. Tentukan sampai mana panjang tangkapan layar yang diinginkan, jika sudah klik Done.

2. Menggunakan Aplikasi Longshot

Jika ternyata HP androidmu tidak didukung dengan fitur screenshot panjang, cara terbaik bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi screenshot panjang di android bisa kamu gunakan adalah Longshot. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh Leav Jenn yang disediakan secara gratis dan tidak dilengkapi dengan iklan yang mengganggu.

Tampilan antarmuka aplikasi cukup sederhana sehingga sangat mudah untuk digunakan. Untuk langkah-langkah screenshot panjang dengan Longshot, sebagai berikut:

  • Pertama kamu perlu menginstall aplikasi Longshot melalui Google Play Store.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut di HP androidmu.
  • Untuk mengambil screenshot panjang, kamu pilih opsi Tangkap Halaman Web.
  • Layaknya aplikasi browser lainnya, kamu akan dibawa ke halaman browser bawaan Longshot.
  • Sekarang kamu masukkan url web yang ingin dilakukan screenshot panjang. Jika sudah muncul, gulir hingga paling bawah tampilan. Selanjutnya klik tombl oranye bertuliskan Akhiri di sini dan tangkap layar untuk mengambil screenshot panjang.
  • Secara otomatis Longshot akan menampilkan hasil screenshot panjang di web yang kamu inginkan.

3. Menggunakan Firefox Lite

Jika menggunakan aplikasi bawaan menurutmu cukup merepotkan, bagaimana jika langsung menggunakan aplikasi browser? Ya, di sini kamu hanya perlu menginstall aplikasi browser populer bernama Firefox Lite. Awalnya Firefox Lite diberi nama Firefox Rocket, namun sekarang sudah bertransformasi menjadi Firefox Lite. Firefox Lite hadir dengan fitur keren yang pastinya akan sangat memanjakan pengguna saat berselancar di dunia internet.

Keunggulan dari Firefox Lite adalah dari segi kecepatannya saat browsing dan kapasitasnya yang sangat ringan. Selain itu, di dalamnya juga disediakan fitur screenshot panjang yang memungkinkan kamu membacanya nanti secara offline. Cara menggunakan fitur tersebut juga sangat mudah, yakni:

  • Pertama kamu install aplikasi Firefox Lite melalui Google Play Store.
  • Jika sudah, langsung jalankan aplikasi browser tersebut di HP android.
  • Sekarang kamu cari halaman website yang ingin discreenshot panjang.
  • Untuk melakukan tangkapan layar panjang, kamu tinggal klik ikon screenshot yang ada di bagian toolbar.
  • Secara otomatis tampilan halaman akan disimpan di memori.

4. Menggunakan Aplikasi Long Screenshot

Cara screenshot panjang di HP android selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Long Screenshot. Aplikasi ini juga cukup mudah digunakan untuk mengambil screenshot memanjang. Pasalnya, tampilan antarmuka aplikasi tersebut sangat sederhana dan mudah dipahami fitur-fiturnya. Selain bisa melakukan screen capture panjang, aplikasi Long Screenshot ini juga bisa melakukan multiple screenshot.

Long Screenshot ini sendiri dikembangkan oleh dPPN Developers dan memiliki ukuran hanya 10MB saja. Untuk cara penggunaannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menginstall aplikasi Long Screenshot melalui Google Play Store. Kemudian untuk melakukan screenshot panjang, kamu hanya perlu melakukan sekali klik saja. Hasil screenshotnya juga sangat bagus, tidak terlihat buran atau pecah saat diperbesar.

5. Menggunakan Aplikasi Scroll Capture

Dan cara screen capture panjang di HP android yang tidak kalah mudah terakhir adalah menggunakan aplikasi Scroll Capture. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh Evening Labs yang juga cukup populer digunakan. Ukuran dari aplikasi Scroll Capture ini juga cukup kecil yakni hanya 1.4MB, sehingga sangat ringan dijalankan bahkan di HP spek rendah sekalipun.

Cara penggunaanya juga tidak terlalu rumit, pengguna awam pun bisa menggunakannya dengan mudah. Untuk langkah-langkahnya sendiri sebagai berikut:

  • Pertama kamu install aplikasi Scroll Capture melalui Google Play Store.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut di HP androidmu.
  • Sekarang kamu kunjungi halaman web yang ingin kamu screenshot memanjang.
  • Untuk melakukan screenshot panjang kamu tinggal klik ikon Capture.
  • Secara otomatis screenshot panjang sudah berhasil kamu dapatkan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara screenshot panjang di HP android yang bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi pengguna lain.