4 Cara Screenshot di HP Samsung Semua Tipe Terbaru

Cara Screenshot di HP Samsung Semua Tipe – Samsung merupakan salah satu brand raksasa yang meluncurkan banyak sekali produk teknologi. Salah satu produknya yang paling terkenal adalah smartphone atau HP pintar. Samsung sudah banyak sekali meluncurkan tipe HP android canggih yang menjadi favorit pecinta gadget. Yang baru saja diluncurkan dan menjadi perbincangan hangat adalah Samsung Galaxy A50.

Cara Screenshot di HP Samsung
Cara Screenshot di HP Samsung Semua Tipe

Alasan kenapa banyak pecinta gadget yang suka dengan HP Samsung adalah karena spesifikasinya yang handal, kaya fitur unggulan dan punya desain elegan. Mengenai fiturnya, Samsung memang selalu menyematkan fitur unggulan yang pastinya bertujuan untuk memanjakan pecintanya. Salah satu fitur yang paling dibutuhkan pengguna adalah fitur screenshot.

Baca Juga:

Fitur screenshot berguna untuk menangkap layar untuk dijadikan dalam bentuk gambar. Setiap HP punya fitur tersendiri untuk memudahkan cara menangkap layar. Samsung juga menyediakan cara termudah untuk screenshot di HP Samsung, selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Screenshot di HP Samsung Semua Tipe Terbaru

Cara Screenshot di HP Samsung Semua Tipe

1. Screenshot dengan swipe layar

Cara screenshot di HP Samsung semua tipe yang pertama adalah dengan melakukan swiping atau menyapu layar. Ini merupakan cara termudah untuk melakukan tangkapan layar di HP Samsung, hanya saja tidak semua tipe HP Samsung bisa melakukannya. Fitur ini hanya tersedia untuk HP flagship Samsung keluaran tahun 2013 ke atas. Beberapa diantaranya Samsung Galaxy S4 ke atas, Samsung Galaxy Note 3 ke atas dan HP Samsung terbaru lainnya.

Namun untuk bisa melakukan cara ini, kamu perlu mengaktifkan terlebih dahulu fitur screenshot dengan swiping layar tersebut. Cara mengaktifkannya pun cukup mudah, kamu tinggal masih ke menu Settings >>  klik Motions and Gesture atau Advanced Features >> dan centang pada opsi Plam Swipe.  

Setelah diaktifkan, cobalah untuk melakukan screenshot atau tangkapan layar. Caranya sangat mudah, pastikan kamu sudah menentukan tampilan layar yang ingin discreenshot. Selanjutnya posisikan tangan di sisi layar secara horizontal, kemudian lakukan sapuan ke sisi layar sebelahnya. Tunggu sampai terdengar suara shutter atau seperti jepretan kamera. Hasil screenshot akan langsung tersimpan di menu Galeri smartphone.

2. Screenshot dengan kombinasi tombol

Cara screenshot di HP Samsung semua tipe berikutnya adalah dengan menekan kombinasi tombol tertentu. Cara ini biasanya juga work di merek HP android lainnya, bahkan di HP android keluaran lama sekalipun. Meski begitu, cara dengan menekan kombinasi dirasa punya dampak negatif, dimana tombol bisa saja rusak jika ditekan terlalu sering.

Untuk cara menangkap layar dengan kombinasi tombol juga sangat mudah. Pertama kamu tentukan dulu mana tampilan layar yang discreenshot. Setelah itu, tekan tombol Power dan tombol Home secara bersamaan selama beberapa detik hingga terdengar suara jepretan kamera dan disertai getaran. Jika sudah, hasil screenshot akan langsung tersimpan di Galeri secara otomatis.

Untuk HP Samsung keluaran terbaru mungkin tidak tersedia tombol home fisik, jadi tidak bisa melakukan cara di atas. Tapi tenang saja, ada alternatif lain yang bisa kamu terapkan jika smartphone Samsungmu tidak punya tombol Home. Caranya adalah dengan menekan secara bersamaan tombol Power dan Volume Down selama beberapa detik hingga terdengar suara seperti jepretan kamera dan disertai getaran.

3. Screenshot dengan S Pen

Khusus untuk kamu para pengguna HP Samsung seri Note atau tablet bisa menerapkan cara screenshot di HP Samsung satu ini. Ya, untuk HP seri lainnya tidak dilengkapi dengan S Pen, jadi tidak bisa menerapkan cara ini. Selain efektif, cara ini juga sangat mudah untuk diterapkan. Untuk langkah-langkahnya sendiri bisa dilihat di bawah ini.

  • Pertama kamu tarik S Pen dari bodi HP, secara otomatis menu Air Command akan diaktifkan. Jika tidak keluar, kamu bisa mengaktifkannya dengan menekan tombol yang ada di S Pen.
  • Untuk melakukan screensot, kamu hanya perlu klik pada opsi Screen Write yang ada di menu Air Command tersebut.
  • Sampai disini sebenarnya kamu sudah berhasil melalukan screenshot. Namun, jika kamu masih ingin menambahkan catatan tertentu pada hasil screenshot juga bisa.
  • Tuliskan catatan yang kamu inginkan, jika sudah selesai kamu tinggal klik Share atau Save. Untuk pilihan share bisa kamu gunakan untuk membagikan hasil screenshot ke media lain, seperti chat atau yang lainnya.

4. Screenshot dengan aplikasi pihak ketiga

Dan Cara screenshot di HP Samsung semua tipe yang terakhir adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak sekali jenis aplikasi screenshot yang bisa kamu install secara gratis melalui Google Play Store. Setiap aplikasi punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Menggunakan aplikasi screenshot akan memudahkan kamu dalam menangkap layar hanya dengan sekali klik. Adapun beberapa rekomendasi aplikasi screenshot layar terbaik bisa kamu gunakan antara lain, Screenshot Easy, Screenshot Pro, Screenshot Touch, dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah satu aplikasi yang paling saya sukai adalah Screenshot Easy. Karena selain mudah, aplikasi ini juga tidak membutuhkan akses root.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara screenshot di HP Samsung semua tipe yang bisa kamu terapkan. Untuk cara screenshot menggunakan aplikasi mungkin kamu butuh akses root untuk menggunakannya. Tapi tenang saja, masih ada kok aplikasi tangkapan layar tanpa root yang bisa digunakan. Oh iya, jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadi kamu agar juga bermanfaat untuk orang lain.