4 Cara Scan Kode QR di HP Android Paling Mudah

Cara Scan Kode QR di HP Android – Semakin kesini kecanggihan smartphone android sudah tidak terbendung lagi. Berbagai fitur canggih terbaru terus dihadirkan untuk semakin menyempurnakan fungsi atau kegunaan dari HP android tersebut. Fitur-fitur tersebut dihadirkan oleh setiap vendor guna untuk menarik minat para pengguna gadget untuk lebih memilih produk buatannya. Selain itu, hal ini tentunya juga berpengaruh terhadap tawaran harga yang dibandrolkan pada sebuah produk smartphone android tersebut.

Cara Scan Kode QR di HP Android
Cara Scan Kode QR di HP Android

Dari sekian banyaknya dukungan fitur yang disematkan di HP android, ada satu fitur yang sekarang ini sangat berguna yakni scan barcode atau kode QR. Fitur satu ini memungkinkan HP android mendeteksi dan membaca isi dari barcode atau kode QR tersebut. Seperti yang kita tahu, berbagai hal bisa dengan mudah kita buat menjadi sebuah kode QR. Baik itu sebuah gambar, link website, link file, dokumen dan media lainnya. Nantinya pengguna lain memungkinkan untuk mengetahui isi dari kode QR tersebut dengan cara melakukan scanning.

Baca Juga:

Meskipun terbilang mudah, namun ternyata tidak semua orang tahu bagaimana cara untuk melakukan scanning barcode atau kode QR di HP android tersebut. Alhasil, banyak dari mereka yang justru kebingungan dan semakin penasaran dengan isi kode QR yang ia temukan. Tidak perlu bingung lagi karena di sini saya akan membahas tata caranya yang bisa kamu contoh. Berikut cara scan kode QR di HP android yang paling mudah bisa kamu terapkan.

4 Cara Scan Kode QR di HP Android Paling Mudah

Cara Scan Barcode di HP Android
Cara Scan Barcode di HP Android

Mengenai cara membaca kode QR lewat HP android, setidaknya ada 2 metode yang bisa kamu lakukan. Metode scan barcode atau kode QR yang dimaksud yakni scan tanpa bantuan aplikasi dan dengan aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa memilih salah satu cara tersebut sesuai keinginanmu. Adapun cara scan kode QR di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Scan Kode QR di HP Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara satu ini bisa kamu lakukan jika memang tidak ingin disulitkan dengan harus menginstall aplikasi tambahan untuk sekedar melakukan scan kode QR. Di sini kamu hanya perlu memanfaatkan fitur kamera bawaan yang disediakan di HP android. Tetapi sayangnya, mungkin cara ini hanya berlaku pada beberapa tipe HP android saja. Pasalnya, ada beberapa tipe HP yang tidak dibekali dengan fitur untuk scan kode QR langsung lewat kamera bawaan.

Untuk cara melakukannya sendiri sangatlah mudah, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu jalankan fitur kamera bawaan di HP android.
  • Pastikan kamu menggunakan kamera utama atau kamera belakang untuk melakukan scanning kode QR.
  • Jika sudah, sekarang langsung arahkan kamera ke kode QR yang ingin discan.
  • Jika berhasil, nantinya di layar akan muncul notifikasi yang bertulis “Kode QR terbaca”.
  • Klik pada tulisan tersebut, maka kamu akan langsung dibawa ke tampilan layar baru untuk mengakses isi dari kode QR tersebut.
  • Selesai.

Catatan: Cara satu ini berhasil saya lakukan di HP Samsung Galaxy J Series. Untuk tipe HP android lainnya kemungkinan juga sama, bisa membaca kode QR langsung dari kamera bawaan.

2. Scan Kode QR di HP dengan Google Assistant

Tidak jauh seperti cara sebelumnya, di sini kamu juga tidak perlu menginstall aplikasi tambahan untuk sekedar melakukan scanning kode QR. Namun, di sini kamu bisa memanfaatkan Google Lens yang bisa diakses melalui Google Assistant. Cara melakukannya juga terbilang mudah, bahkan kamu yang masih awam sekali pun bisa melakukannya.

Mengenai langkah-langkah scan barcode di HP android lewat Google Assistant selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka Google Assistant dengan cara mengucapkan kalimat “OK Google”. Atau bisa juga dengan menekan tombol Home agak lama sampai tampilan Google Assistant dimunculkan.
  • Jika Google Assistant sudah tampil, sekarang kamu klik pada opsi Google Lens atau yang diwakili dengan ikon seperti focus camera. Google Lens akan meminta izin akses ke kamera, lanjutkan dengan klik Izinkan atau Allow.
  • Saat kamera dari Google Lens sudah ditampilkan di layar, sekarang kamu tinggal mengarahkan kamera HP ke kode QR yang ingin dibaca atau discan. Kemudian klik tombol Pindai untuk mulai melakukan scanning.
  • Jika berhasil, nantinya akan muncul notifikasi berupa tautan link atau tulisan lain. Klik pada notifikasi tersebut dan secara otomatis kamu akan dibawa ke halaman baru untuk menampilkan isi dari kode QR tersebut.
  • Selesai.

3. Scan Kode QR di HP dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika ternyata HP androidmu tidak mendukung fitur scan kode QR lewat kamera utama, maka cara satu ini bisa dijadikan alternatif. Ya, di sini kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendukung aktivitas membaca atau scan kode QR tersebut.

Ada banyak sekali jenis aplikasi untuk membaca kode QR yang tersedia di Google Play Store. Hampir semua aplikasi tersebut bisa diinstall secara gratis di HP android. Salah satu aplikasi scan barcode di android yang cukup populer digunakan yakni QR & Barcode Scanner. Untuk langkah-langkah menggunakannya, yakni:

  • Langkah pertama kamu install aplikasi QR & Barcode Scanner di HP android.
  • Jika sudah, selanjutnya bisa langsung kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Nantinya aplikasi akan meminta izin untuk mengakses kamera smartphone. Lanjutkan dengan menekan tombol Izinkan atau Allow.
  • Sekarang kamera scanner dari aplikasi QR & Barcode Scanner akan ditampilkan. Kamu arahkan kamera ke kode QR yang ingin discanning.
  • Nantinya di layar akan langsung ditampilkan isi dari kode QR tersebut, baik itu link tautan, gambar, video, atau yang lain sebagainya. Untuk mengakses isi dari kode QR tersebut, cukup kamu klik tombol Open setelah aplikasi berhasil melakukan scanning.
  • Selesai.

4. Scan Kode QR di HP Lewat Website

Dan cara scan barcode di HP android yang terakhir yakni melalui situs khusus yang menyediakan layanan tersebut. Cara penggunaanya tidak jauh berbeda dengan cara-cara di atas. Hanya saja, kali ini kamu akan mengakses sebuah situs terlebih dahulu untuk nantinya mulai melakukan scanning kode QR.

Salah satu situs scanning kode QR tersebut yakni Web QR. Di sini kamu bisa mengaksesnya melalui browser Google Chrome atau browser lainnya di HP androidmu. Untuk langkah-langkah menggunakannya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka Google Chrome atau browser lain di HP android.
  • Setelah itu, akses situs Web QR melalui LINK INI.
  • Situs Web QR nantinya akan meminta perizinan untuk mengakses fitur kamera di HP android. Beri izin situs dengan klik Izinkan atau Allow.
  • Fitur kamera akan ditampilkan, sekarang kamu arahkan kamera ke kode QR yang ingin discan.
  • Secara otoamtis kamu akan dibawa ke halaman baru untuk mengakses isi dari kode QR tersebut.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara scan kode QR di HP android yang paling mudah bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?