Cara Scan Foto di HP Android dengan dan Tanpa Aplikasi

Cara Scan Foto di HP – HP hadir dengan berbagai fitur canggih yang bertujuan untuk memudahkan berbagai aktivitas pengguna. Dengan adanya fitur-fitur canggih yang dihadirkan tersebut diharap pengguna akan lebih temanjakan dan segala pekerjaan bisa diselesaikan dengan lebih praktis. Di HP android pengguna memungkinkan untuk menginstall aplikasi tambahan, di mana aplikasi-aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis melalui Google Play Store. Selain gratis, ada pula beberapa aplikasi yang bersifat premium alias berbayar.

Cara Scan Foto di HP

Berbicara mengenai aplikasi android, ada beberapa di antaranya yang berfungsi untuk memudahkan pekerjaan kantoran. Misalnya saja aplikasi Office yang berguna untuk alat pengelola file dokumen. Selain itu, ada pula aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan scanner dokumen atau foto. Aplikasi semacam ini cukup dibutuhkan oleh banyak orang, khususnya mereka yang setiap harinya bergelut dengan dokumen atau berkas. Dengan adanya aplikasi semacam ini, kita tentu tidak butuh lagi yang namanya alat scanner fisik yang harganya lumayan mahal.

Baca Juga:

Melakukan scan berkas atau foto menggunakan aplikasi tambahan di android mungkin agak merepotkan. Apalagi jika HP android tidak memiliki ruang memori yang cukup untuk menginstall aplikasi tambahan. Tidak perlu khawatir, karena di HP android kamu masih bisa melakukan scan atau pemindaian tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan. Cara melakukannya pun sangat mudah dan tentunya lebih praktis dibandingkan harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Adapun cara scan foto di hp android selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Scan Foto di HP Android dengan dan Tanpa Aplikasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, setidaknya ada 2 metode untuk melakukan scan foto atau berkas menggunakan HP android. Yakni memanfaatkan aplikasi tambahan dan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Berikut ini cara scan foto di HP android yang mudah selengkapnya, yakni:

1. Scan Foto di HP Android Tanpa Aplikasi

Untuk melakukan pindai foto sekarang kamu tidak perlu alat scanner lagi. Cukup memanfaatkan HP android dan fitur bawaan di dalamnya, scan foto sudah bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Memang di sini kamu tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga atau aplikasi tambahan. Akan tetapi, kamu bisa memanfaatkan aplikasi bawaan yang sudah ada di HP android yakni Google Drive.

Kita tahu Google Drive merupakan layanan cloud storage dari Google yang biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai file secara online. Akan tetapi, Google ternyata menyematkan fitur lain di layanannya tersebut, yakni fitur Scan atau Pindai. Mengenai cara scan foto melalui Google Drive tersebut, sebagai berikut:

Scan Foto di HP Android Tanpa Aplikasi
Scan Foto di HP Android Tanpa Aplikasi
  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Google Drive yang ada di HP android.
  2. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik tombol Tambah (+) yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  3. Di sana terdapat beberapa menu, kamu pilih menu Pindai atau Scan untuk mulai melakukan scanning foto. Jika ini baru kamu lakukan pertama kali, maka perlu memberikan izin akses pada aplikasi dengan klik Izinkan.
  4. Kamera akan ditampilkan di layar, sekarang kamu arahkan kamera tersebut pada foto yang ingin discan atau dipindai.
  5. Jika sudah pas, klik tombol Shot untuk mengambil foto. Lihat hasil scan fotonya, jika memang sudah pas kamu klik OK. Namun, jika dirasa masih kurang puas maka klik Coba Ulang dan lakukan scan foto lagi.
  6. Di halaman ini kamu bisa melakukan editing hasil scan foto tadi. Setidaknya ada 3 menu editing yang disediakan, yakni menu Penyesuaian Warna, Rotasi, dan juga Potong atau Crop.
  7. Jika dirasa sudah pas, kamu simpan hasil scan foto tersebut dengan cara klik Simpan.
  8. Selanjutnya tentukan lokasi penyimpanan hasil scan foto beserta namanya. Kalau sudah, klik lagi tombol Simpan.
  9. Selesai.

Catatan: Hasil scan foto melalui Google Drive tersebut bisa kamu simpan ke dalam format file PDF atau yang lainnya sesuai keinginan.

2. Scan Foto di HP dengan Aplikasi Tambahan

Jika cara di atas menurutmu hasilnya kurang memuaskan, maka bisa mencoba alternatif kedua ini. Di sini kamu menginstall aplikasi pihak ketiga yang memang diciptakan khusus untuk aktivitas scan berkas tersebut. Di Google Play Store ada banyak pilihan aplikasi scan foto atau dokumen yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Salah satu aplikasi scan foto di android yang paling direkomendasikan untuk digunakan yakni bernama Tiny Scanner. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh Beesoft Apps dan sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play Store. Untuk langkah-langkah scan foto menggunakan aplikasi Tiny Scanner selengkapnya, sebagai berikut:

Scan Foto di HP Android dengan Aplikasi
Scan Foto di HP Android dengan Aplikasi
  1. Langkah pertama kamu download dan install aplikasi Tiny Scanner di HP androidmu.
  2. Kalau sudah, sekarang kamu langsung buka aplikasi tersebut.
  3. Untuk mulai melakukan scan foto, kamu klik Ikon Kamera yang ada di halaman utama aplikasi tersebut. Berikan izin akses jika memang aplikasi Tiny Scanner memintanya.
  4. Kamera akan ditampilan di layar, selanjutnya kamu arahkan kamera ke foto yang ingin discan. Lakukan pengambilan foto dengan klik tombol Shot yang tersedia di sana.
  5. Jika sudah, selanjutnya kamu bisa melakukan penyesuaian hasil foto. Mulai dari melakukan pemotongan, penyesuaian warna atau yang lain sebagainya.
  6. Kalau dirasa sudah pas, sekarang kamu klik tanda Centang untuk menyimpannya.
  7. Pilih format hasil scan foto tersebut lalu Simpan.
  8. Selesai.

Selain aplikasi Tiny Scanner di atas, masih ada banyak lagi pilihan aplikasi scan berkas atau foto lain di android yang bisa kamu gunakan. Tentunya setiap aplikasi punya keunggulan tersendiri, kamu bisa memilih mana pun yang diinginkan atau sesuai kebutuhan. Adapun beberapa rekomendasi aplikasi scanner terbaik di android lain bisa kamu pilih, di antaranya:

  1. Simple Scan by Easy Inc.
  2. Cam Scanner – PDF Scanner App Free by CamSoft Information
  3. Adobe Scan by Adobe
  4. PDF Scanner App by Ataraxia Limited
  5. Scanner App to PDF by Tap-Mobile
  6. PhotoScan by Google Photos
  7. Camera Scanner Image Scanner by Accountstudio

Penutup

Itu tadi dua cara scan foto di HP android tanpa aplikasi dan dengan aplikasi tambahan yang bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini