Cara Scan Berkas Menggunakan HP Android yang Mudah

Cara Scan Berkas Menggunakan HP – Mengelola file dokumen dulunya hanya bisa dilakukan melalui perangkat komputer saja. Baik itu dalam hal pembuatan file dokumen, pengeditan, hingga penggandaan file dokumen. Namun, sekarang hal tersebut sudah tidak berlaku lagi, karena ada jenis perangkat elektronik lain yang bisa digunakan untuk mengolah file dokumen. Perangkat elektronik yang dimaksud yakni smartphone android yang memang kaya akan fitur.

Cara Scan Berkas Menggunakan HP
Cara Scan Berkas Menggunakan HP

Di android kita memungkinkan untuk menginstall aplikasi apa pun di dalamnya. Di mana masing-masing aplikasi memiliki fungsi dan kegunaan, serta keunggulan di dalamnya. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa pengguna temukan dan download dengan mudah melalui Google Play Store. Ini merupakan gudangnya aplikasi resmi dari Google yang menyediakan beragam jenis aplikasi dan game khusus untuk OS Android. Dari sekian banyaknya aplikasi android, ada beberapa jenis aplikasi yang fungsinya untuk mengolah file dokumen.

Baca Juga:

Layaknya di perangkat komputer, aplikasi pengolah dokumen di android ini juga punya fitur yang tidak beda jauh. Aplikasi tersebut bisa penggunakan pakai untuk membuat atau mengedit file dokumen dengan berbagai format. Selain itu, beberapa aplikasi juga berfungsi untuk melakukan scan berkas dokumen yang sudah diprint sebelumnya. Aktivitas scan dokumen ini memang sering dilakukan pengguna, khususnya pekerja kantoran atau mahasiswa. Scan berkas atau dokumen di HP android ternyata juga bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan. Berikut ini cara scan berkas menggunakan HP android yang mudah dan praktis selengkapnya.

Cara Scan Berkas Menggunakan HP Android yang Praktis

Scan atau pindai berkas bisa dilakukan dengan mudah hanya bermodalkan HP android. Jadi, kamu tidak perlu lagi membeli alat scanner yang tentunya dibanderol dengan harga lumayan mahal. Dengan adanya HP android kamu bisa lebih menghemat pengeluaran tentunya.

Melakukan pemindaian dokumen atau berkas menggunakan HP android, setidaknya ada 2 metode yang bisa kamu terapkan. Kedua metode yang dimaksud yakni melakukan scan berkas tanpa aplikasi dan dengan aplikasi tambahan. Adapun cara scan berkas menggunakan HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Scan Berkas di HP Android dengan Aplikasi Tambahan

Cara yang paling mudah untuk melakukan scanning dokumen atau berkas melalui HP android yakni dengan menginstall aplikasi pihak ketiga. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, di Google Play Store terdapat aplikasi khusus yang fungsinya untuk melakukan scanning atau pemindaian. Dengan adanya aplikasi scanner tersebut, kamu tidak perlu lagi menggunakan alat scanner.

Ada banyak pilihan aplikasi scan dokumen atau berkas di HP android yang bisa digunakan secara gratis. Salah satunya yakni aplikasi bernama Simple Scan – Free PDF Scanner App. Aplikasi yang dikembangkan oleh Easy Inc ini menjadi yang paling banyak digunakan. Pengguna aktifnya tercatat sudah mencapai angka 10 juta downloader via Google Play Store. Kapasitasnya cukup ringan yakni hanya sebesar 32MB saja, dan pastinya fitur scan yang disematkan di dalamnya sangat baik dan hasilnya bagus.

Mengenai cara menggunakan Simple Scan – Free PDF Scanner App untuk melakukan scan dokumen selengkapnya, yakni:

Cara Scan Berkas di HP dengan Aplikasi
  1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi Simple Scan – Free PDF Scanner App melalui Google Play Store.
  2. Sekarang kamu siapkan dulu berkas atau dokumen yang ingin kamu scan atau pindai. Letakkan pada permukaan yang datar agar hasil scannya nanti bagus dan persisi.
  3. Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi Simple Scan – Free PDF Scanner App yang sudah diinstall tadi.
  4. Aplikasi siap untuk melakukan scanning, arahkan kamera agar tepat di atas dokumen yang ingin discan.
  5. Jika dirasa sudah pas, selanjutnya klik tombol Scan yang ada di bagian tengah bawah tampilan.
  6. Hasilnya akan ditampilkan di layar HP. Sekarang kamu bisa melakukan pengeditan hasil scan dokumennya terlebih dahulu. Mulai dari melakukan crop atau pemotongan, penyesuaian kontras, penambahan teks atau yang lainnya.
  7. Jika sudah selanjutnya kamu klik tombol Centang, kemudian langsung Simpan hasil scan tersebut.

Catatan: Diusahakan saat melakukan scanning HP tidak bergerak agar hasil scannya bagus dan jelas. Agar lebih mudah, kamu bisa memanfaatkan tripod atau alat bantu lainnya.

Selain aplikasi Simple Scan – Free PDF Scanner App, ada beberapa pilihan aplikasi scan lain yang bisa kamu gunakan, di antaranya:

2. Scan Berkas di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Menginstall aplikasi tambahan mungkin menurut beberapa pengguna cukup merepotkan. Jika kamu juga berpikir begitu, maka bisa menggunakan alternatif kedua ini untuk melakukan scanning berkas menggunakan smartphone android. Di sini kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan, cukup memanfaatkan fitur yang disediakan di HP android.

Adapun langkah-langkah untuk scan berkas menggunakan HP android tanpa aplikasi tambahan selengkapnya, yakni:

Cara Scan Berkas di HP Tanpa Aplikasi
  1. Pertama kamu siapkan dulu berkas atau dokumen yang ingin discan atau dipindai. Taruh di permukaan yang rata dan rapikan berkas tersebut agar hasilnya bagus dan maksimal.
  2. Sekarang kamu buka Google Drive yang ada di HP android. Tidak perlu menginstall, pasalnya Google Drive merupakan aplikasi bawaan di HP android.
  3. Pada halaman utama Google Drive, kamu klik tombol Tambah (+) yang ada di pojok kanan bawah tampilan. Pastikan kamu sudah login menggunakan akun Google milikmu untuk mulai menggunakan Google Drive tersebut.
  4. Di bawah layar akan muncul pop up yang berisi beberapa menu. Kamu klik menu Scan atau Pindai untuk mulai melakukan scan berkas. Beri izin akses pada Google Drive jika memang meminta izin untuk mengakses menu-menu di android.
  5. Kamera akan ditampilkan di layar, selanjutnya kamu tinggal arahkan kamera tersebut di atas dokumen yang ingin discan. Jika sudah, klik tombol Bulat yang ada di tengah bawah tampilan untuk mengambil foto scan, lalu tekan tombol Centang di pojok kanan bawah.
  6. Agar hasilnya lebih bagus, di sini kamu bisa melakukan editing terlebih dahulu pada hasil scan. Baik itu melakukan pemangkasan atau crop, mengatur komposisi warna, kontras dan lain sebagainya.
  7. Kalau sudah, sekarang kamu klik tombol Save. Berikan judul pada hasil scan dokumen, akun dan juga lokasi untuk tempat penyimpanannya. Klik lagi tombol Save untuk menyimpan hasilnya tersebut.
  8. Selesai.

Penutup

Itulah tadi dua cara scan berkas menggunakan HP android yang mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini