2 Cara Scan Barcode Wifi di HP Android Paling Mudah

Cara Scan Barcode Wifi – Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan paling penting bagi masyarakat modern sekarang ini. Pasalnya, sudah cukup banyak aktivitas harian seseorang yang pasti membutuhkan koneksi internet. Baik itu untuk urusan berbisnis online, mencari informasi, bersosial media dan masih banyak lagi aktivitas lainnya. Ditambah lagi dengan hadirnya smartphone android yang membuat kebutuhan akan internet semakin tinggi. Tidak heran, karena memang hampir semua aktivitas bermobile membutuhkan koneksi internet tersebut.

Cara Scan Barcode Wifi
Cara Scan Barcode Wifi

Agar bisa terhubung ke internet, setidaknya ada 2 cara yang bisa kita lakukan. Misalnya untuk smartphone android kita bisa menggunakan kuota data seluler dari provider. Dan yang kedua bisa menghubungkan smartphone ke jaringan Wifi yang tersedia. Kedua jenis jaringan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tinggal kamu pilih metode yang dianggap paling mudah untuk dilakukan atau digunakan.

Baca Juga:

Berbicara mengenai sambungan Wifi, umumnya disediakan secara gratis di beberapa tempat umum. Misalnya saja di taman kota, Wifi corner, instansi, warung kopi atau cafe, dan tempat-tempat umum lainnya. Meskipun gratis, namun tetap saja jaringan Wifi tersebut biasanya dilindungi dengan password. Jadi, agar bisa terhubung ke jaringan Wifi tersebut kamu perlu memasukkan password sesuai yang sudah diatur. HP sudah terhubung ke Wifi tetapi lupa password yang digunakan? Kalau begitu kamu bisa melakukan scan barcode Wifi, supaya HP lain juga bisa terhubung tanpa harus memasukkan password lagi. Lantas, bagaimana cara scan barcode Wifi di smartphone android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Scan Barcode Wifi di HP Android

HP android sekarang ini sudah semakin canggih dan fitur-fitur yang disediakan sangatlah lengkap. Salah satu fitur yang dihadirkan yakni fitur untuk melakukan scanning barcode atau kode QR. Tidak hanya itu saja, di HP android kamu juga memungkinkan untuk membuat barcode sendiri. Baik itu barcode yang berisi gambar, link, hingga password Wifi.

Namun, kali ini yang akan saya bahas yakni mengenai cara scan barcode Wifi di android. Cara ini sering dilakukan saat seseorang ingin menyambungkan HP androidnya ke jaringan Wifi tanpa harus mengetik password secara manual. Namun, untuk melakukan cara ini pastikan ada satu HP android lain yang sudah terhubung ke jaringan Wifi tersebut.

Pada HP android yang sudah terhubung ke jaringan Wifi inilah yang nantinya akan dijadikan alat untuk menampilkan barcode jaringan Wifi. Biasa barcode Wifi tersebut akan dibuat secara otomatis oleh sistem android. Tetapi, jika memang ingin membuatnya sendiri kamu juga bisa pastinya. Untuk mengetahui barcode Wifi di HP yang terhubung ke jaringan Wifi, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu perlu memastikan HP sudah terhubung ke jaringan Wifi.
  • Selanjutnya masuk ke menu Pengaturan HP Android.
  • Pada halaman tersebut kamu pilih opsi Koneksi.
  • Kemudian masuk ke opsi Wifi. Di sini akan ditampilkan beberapa jaringan Wifi yang tersedia di sekitarmua.
  • Klik pada jaringan Wifi yang terhubung di HP androidmu.
  • Kode QR atau barcode Wifi akan langsung tampil di bagian atas halaman tersebut.

Barcode atau kode QR Wifi sudah berhasil ditampilkan. Sekarang kamu tinggal siapkan HP lain yang juga ingin dihubungkan ke jaringan Wifi tersebut tanpa harus mengetik password Wifi secara manual. Untuk langkah-langkah scan kode QR Wifi di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Scan Barcode Wifi dengan Kamera Bawaan

Scan Barcode Wifi dengan Kamera Bawaan
Scan Barcode Wifi dengan Kamera Bawaan

Tidak perlu repot untuk sekadar melakukan scan barcode jaringan Wifi di android. Cukup dengan mengandalkan kamera bawaan HP android, maka kamu sudah bisa berhasil menghubungkan HP android lain ke jaringan Wifi tanpa menulis password secara manual. Mengenai cara scan barcode Wifi dengan kamera bawaan HP android selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu langsung buka aplikasi kamera bawaan yang ada di HP android.
  • Setelah kamera berhasil dibuka, sekarang kamu langsung arahkan kamera ke barcode Wifi yang ada di HP sudah terhubung ke Wifi tadi.
  • Nantinya HP akan langsung mendeteksi barcode Wifi tersebut dengan menampilkan notifikasi pop up bertuliskan “Kode QR Terbaca”.
  • Sekarang kamu klik pada notifikasi pop up tersebut.
  • Secara otomatis HP akan langsung terhubung ke jaringan Wifi yang sama tanpa harus mengetikkan password lagi.
  • Selesai.

2. Scan Barcode Wifi dengan Aplikasi Tambahan

Scan Barcode Wifi dengan Aplikasi
Scan Barcode Wifi dengan Aplikasi

Jika ternyata cara di atas tidak work di HP androidmu, maka cara berikutnya ini bisa dijadikan alternatif lain. Di sini kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk membantumu melalukan scanning kode QR atau barcode Wifi. Ada banyak pilihan aplikasi pemindai kode QR yang disediakan di Google Play Store. Hampir semua aplikasi disediakan secara gratis dan dengan mengusung fitur lengkap.

Tidak hanya bisa memindai barcode saja, beberapa aplikasi juga dibekali dengan fitur untuk membuat kode QR dengan mudah dan cepat. Masing-masing aplikasi pemindai barcode di android ini sendiri tentunya punya kekurangan dan kelebihan tersendiri. Kamu bisa memilih aplikasi manapun yang dianggap paling bagus dan mudah digunakan. Namun, jika masih bingung, berikut ini cara scan kode QR Wifi di android dengan aplikasi tambahan yang bisa coba kamu terapkan.

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi untuk memindai kode QR. Salah satunya yang paling direkomendasikan yakni Pemindai Kode QR – Pembaca Kode – Buat Kode QR (AMOTech Inc.).
  • Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Klik tombol Skip atau Lewati untuk langsung menuju ke halaman utama aplikasi.
  • Nantinya aplikasi akan menampilkan kamera scanner.
  • Sekarang kamu arahkan kamera tersebut ke kode QR atau barcode Wifi yang ada di HP lain yang terhubung ke jaringan Wifi tadi.
  • Jika sudah terdeteksi oleh aplikasi, selanjutnya kamu klik Hubungkan Wifi.
  • Secara otomatis HP android tersebut akan langsung terhubung ke jaringan Wifi yang sama.
  • Selesai.

Selain aplikasi di atas, masih ada banyak lagi rekomendasi aplikasi pemindai sekaligus pembuat kode QR di HP android. Melalui aplikasi tersebut kamu juga memungkinkan untuk membuat kode QR Wifi dengan mudah.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara scan barcode Wifi di HP android yang bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?