Cara Root Xiaomi Redmi Note 7 Pro (Violet)

Cara Root Xiaomi Redmi Note 7 Pro – Seperti yang kita tahu, Redmi Note 7 Pro tidak dijual secara resmi di Indonesia. Pihak developer hanya menjualnya secara resmi di India saja. Sementara jika kamu tetap ingin memilikinya, maka harus membelinya lewat distributor. Tapi perlu kamu berhati-hati, karena produk dari distributor kebanyakan pakai MIUI abal-abal alias tidak resmi. Lain dari itu, Redmi Note 7 Pro merupakan seri paling tinggi dikelasnya.

Cara Root Xiaomi Redmi Note 7 Pro
Cara Root Xiaomi Redmi Note 7 Pro

Redmi Note 7 Pro hadir dengan spesifikasi unggulan, namun harga banderolnya cukup terjangkau. Tidak heran banyak pecinta Xiaomi berebut untuk mendapatkan seri tertinggi dari versi reguler Redmi Note 7 ini. Selain itu, ada hal lain yang membuat pengguna tetap mencintai produk Xiaomi, yakni full support dari pihak Xiaomi dan juga tersedianya berbagai tools resmi yang memudahkan pengguna melakukan berbagai hal.

Baca Juga:

Beralih dari hal di atas, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara root Xiaomi Redmi Note 7 Pro. Disini saya menggunakan Magisk Exploit Systemless yang tentunya sangat mudah dilakukan, bahkan bagi kamu pengguna baru Xiaomi sekalipun. Untuk lebih jelasnya silahkan kamu simak di bawah ini.

Syarat Root Xiaomi Redmi Note 7 Pro (Violet)

Sebelum lanjut ke cara root Xiaomi Redmi Note 7 Pro, perlu kamu ketahui juga beberapa syarat utama yang harus dipenuhi. Jika ada satu saja syarat yang terlewatkan, pastinya rooting HP tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Lebih jelasnya, lihat di bawah ini:

1. HP harus sudah di-unlock bootloader

Syarat pertama yang harus dipenuhi agar bisa melakukan root Redmi Note 7 Pro adalah harus sudah di-UBL atau unlock bootloader. Sistem unlock bootloader ini sendiri sudah diberlakukan sejak tahun 2016 lalu oleh Xiaomi. Tujuannya adalah untuk meminimalisir maraknya produk KW atau tiruan. Sebalumnya saya juga sudah pernah membahas cara unlock bootloader di Redmi Note 7 Pro. Untuk membacanya, lihat disini >> Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 7 Pro

2. Menyiapkan tool Magisk

Syarat yang tidak kalah penting berikutnya adalah tool exploit yang memang khusus untuk rooting smartphone. Disini kamu bisa menggunakan tool populer bernama Magisk Systemless Root. Sebenarnya tool exploit root satu ini sudah tersebar di internet, dan kamu bisa mengunduhnya secara gratis. Namun untuk lebih mudahnya, kamu bisa mengunduhnya lewat link INI.

3. HP sudah terpasang TWRP

Agar bisa melakukan root pada HP Redmi Note 7 Pro, terlebih dahulu HP sudah diinstall Custom Recovery. Salah satu rekomendasi Custom Recovery yang bisa kamu gunakan adalah TWRP. TWRP memang sering dijadikan pilihan bagi banyak pengguna ketika akan melakukan rooing smartphone. File TWRP-nya sendiri bisa kamu unduh DISINI. Setelah diunduh, baru kamu install atau pasang di HP sebelum nantinya lanjut ke langkah rooting.

4. Unduh DM-Verity Disable No Encrypt (No-Verity) – Opsional

Dan yang terakhir adalah melakukan flash file No-Verity dengan memanfaatkan DM-Verity Disable No Encrypt (No-Verity). Tujuannya melakukan flash file No-Verity adalah untuk mencegah terjadinya Bootlop ketika sudah me-root android. Tidak melakukan cara ini sebenarnya juga tidak terlalu bermasalah, karena ini cuma opsional. Unduh file DM-Verity Disable No Encrypt (No-Verity) DISINI, pastikan file tersimpan di memori internal.

Cara Root Xiaomi Redmi Note 7 Pro dengan Magisk

Setelah memenuhi beberapa persyaratan di atas, baru dilanjut ke cara root Xiaomi Redmi Note 7 Pro. Tidak memerlukan langkah yang panjang, caranya cukup simple dan bahkan bisa dilakukan oleh kamu yang masih pemula. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama silahkan kamu pastikan Redmi Note 7 Pro dalam keadaan non-aktif atau mati.
  2. Setelah itu, masuk ke mode TWRP atau Custom Recovery dengan cara menekan tombol “POWER + Volume Up” secara bersamaan dalam beberapa detik. Atau kamu bisa melepasnya ketika ada getaran dan muncul tampilan di layar smartphone.
  3. Sebelumnya, pastikan file Magisk sudah kamu pindahkan di memori internal dan letaknya cukup mudah ditemukan.
  4. Jika sudah, pada mode TWRP tadi kamu tinggal langsung lakukan “Flash” file “Magisk-nya”.  Setelah flash file Magisk, lakukan juga “Flash” file “DM-Verity Disable No Encrypt (No-Verity)” sebagai opsionalnya.
  5. Sampai disini sebenarnya proses rooting Redmi Note 7 Pro sudah selesai dilakukan. Selanjutnya tinggal kamu lakukan “Reboot” smartphone.
  6. Selesai, Xiaomi Redmi Note 7 Pro sudah berhasil diroot.

Keuntungan Root Xiaomi Redmi Note 7 Pro

Siapa bilang melakukan rooting Redmi Note 7 Pro tidak lebih hanya membuatnya cepat rusak? Padahal ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika melakukan root pada Redmi Note 7 Pro ini. Keuntungan tersebut antara lain:

  1. Memungkinkan kamu memodifikasi atau mengoprek sistem android.
  2. Memungkinkan kamu melakukan Overlock.
  3. Kamu juga bisa dengan mudah memasang Mod atau Tweak.
  4. Memungkinkan kamu mengubah design framework atau themes.

Penutup

Itulah tadi cara root Xiaomi Redmi Note 7 Pro paling mudah bisa coba kamu terapkan. Penuhi beberapa syaratnya agar proses rooting smartphone bisa berjalan lancar. Pertimbangkan juga keuntungan yang bisa didapat dari melakukan rooting. Share informasi ini ke akun media sosial kamu agar juga bermanfaat untuk orang lain.