Cara Root Oppo R7 Series Tanpa PC Paling Mudah

Cara root Oppo R7 – Oppo R7 Series menjadi salah satu seri HP dari Oppo yang cukup menyita banyak peminat. Selain harganya yang cukup kompetitif, Oppo R7 Series juga dibekali dengan spesifikasi mumpuni. Sehingga melakukan berbagai aktivitas mobile akan lebih lancar anti lag.   

Cara Root Oppo R7
Cara Root Oppo R7 Series Tanpa PC

Namun pada artikel kali ini saya tidak akan membahas mengenai spesifikasi dari Oppo R7 Series, melainkan membahas bagaimana cara melakukan root pada HP tersebut. Melakukan root pada HP Oppo R7 membuat kamu bisa bebas melakukan banyak hal, mulai dari bebas menghapus aplikasi bawaan, performa smartphone lebih mumpuni, ruang memori internal lebih luas dan masih banyak lagi.

Baca Juga :

Melakukan root HP android biasanya kita membutuhkan perangkat laptop atau PC. Tapi ternyata, tanpa perangkat tersebut pun kamu bisa melakukan root android dengan mudah. Hanya membutuhkan sebuah aplikasi khusus yang bisa dijalankan di HP Oppo R7 Series yang akan dilakukan root. 

Cara Root Oppo R7 Series Tanpa PC Paling Mudah

Sebenarnya sangat mudah melakukan root pada HP Oppo R7 Series (Oppo R7, Oppo R7 Plus, Oppo R7 Lite, dan Oppo R7s). Tapi mungkin sebagian pengguna Oppo baru masih bingung bagaimana cara melakukannya. Untuk langkah-langkah lebih jelasnya, bisa disimak di bawah ini:

  • Cara root Oppor R7 Series yang pertama adalah dengan mendownload aplikasi yang bernama Oppo Tools. Oppo Tools merupaka aplikasi khusus ColorOS yang memungkinkan kamu melakukan root tanpa menggunakan laptop atau PC lagi.
  • Setelah di download, selanjutnya kamu install aplikasi tersebut.
  • Jalankan langsung aplikasinya. Selanjutnya pada tampilan utama kamu masuk ke menu “Common”, kemudian klik “Root”. Nanti akan muncul notifikasi permintaan install  Oppo Tools Plugin, kamu tinggal klik “Next”.
  • Masuk lagi ke menu “Common”, lalu klik “Root” dan terakhir klik pada “One Key Root”.
  • Dengan begitu aplikasi akan secara otomatis melakukan proses root. Tunggu hingga proses root selesai dan lakukan “Restart” pada HP Oppo kamu.
  • Saat HP sudah menyala, pada menu aplikasi akan terinstall secara otomatis SuperSu. Itu artinya HP Oppo R7 Series kamu sudah berhasil di root.

Cara Unroot Oppo R7 Series Paling Mudah

Melakukan root pada HP Oppo Series mungkin akan menyebabkan berbagai hal negatif. Dan sekarang kamu berpikir untuk mengembalikan HP ke kondisi semula yakni belum diroot. Tidak perlu bingung, karena HP yang sudah diroot masih bisa diunroot kok. Unroot HP android tidak terlalu rumit seperti cara root HP Oppo R7 di atas. Masih tetap menggunakan aplikasi Oppo Tools, kamu hanya memerlukan beberapa langkah untuk melakukannya. Langkah-langkah unroot Oppo R7 Series sebagai berikut:

  • Pertama kamu buka aplikasi Oppo Tools yang sudah terinstall sebelumnya.
  • Pada tampilan utama aplikasi, silahkan kamu klik pada menu “Common” lalu pilih “Un Root”.
  • Tunggu sampai proses unroot selesai. Secara otomatis HP Oppo R7 kamu sudah berhasil diunroot.

Cara root Oppo R7 Series tanpa PC atau laptop di atas sangat mudah diterapkan, bahkan untuk kamu yang masih pemula. Cara root yang instan seperti ini hanya bisa dilakukan dengan aplikasi Oppo Tools. Untuk aplikasi root android lain seperti, Kingroot, Framaroot KingoApp, dan lainnya tidaklah instan. Bahkan beberapa aplikasi masih membutuhkan perangkat laptop atau PC untuk melakukan rooting android.

Kelebihan dan Kekurangan Root Oppo R7 Series

Kelebihan dan Kekurangan Root Oppo R7 Series

Melakukan root pada HP Oppo R7, Oppo R7 Plus, Oppo R7 Lite, dan Oppo R7s ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebelum memutuskan untuk melakukan root, sebaiknya kamu ketahui hal ini. Dengan begitu, kamu bisa menjadikan hal sebagai pertimbangan sebelum benar-benar melakukan rooting android.

Kelebihan melakukan root Oppo R7 Series

  • Bisa menghapus aplikasi bawaan. Melakukan root pada HP Oppo R7 Series akan memungkinkan kamu membuang atau menghapus aplikasi bawaan android. Seperti yang kita tahu, aplikasi bawaan tidak bisa dihapus secara manual seperti aplikasi lainnya.
  • Ruang penyimpanan internal lebih luas. Dikarenakan aplikasi bawaan android yang bisa dihapus atau dibuang, secara otomatis hal tersebut akan semakin membuat memori internal lebih lega.
  • Performa kinerja HP lebih cepat dan ringan. Aplikasi yang semakin minim juga akan membuat ruang RAM lebih lega karena minimnya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Dengan begitu juga akan membuat performa kinerjanya lebih cepat dan ringan. Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi Greenify untuk lebih mempercepat performa kinerja HP. Seperti yang kita tahu, aplikasi terebut membutuhkan akses root.
  • Bisa melakukan custom ROM. Melakukan custom ROM mengharuskan kita melakukan rooting HP android terlebih dahulu. Menggunakan custom ROM akan membuat tampilan HP Oppo R7 Series lebih keren dan unik.
  • Baterai HP lebih awet. Banyak hal yang bisa kamu lakukan pada baterai agar kinerjanya semankin mantap. Salah satunya melakukan kalibrasi baterai dengan memanfaatkan sebuah aplikasi bernama Battery Calibration. Untuk menejalankan aplikasi tersebut kamu membutuhkan akses root, karena cara kerjanya dengan menghapus file batterystats.bin.

Kekurangan melakukan root Oppo R7 Series

  • Hilangnya garansi HP. Melakukan rooting HP Oppo R7 Series akan membuat status garansi HP akan hilang. Ini tentu akan sangat merugikan jika memang terjadi kerusakan pada HP. Mengingat harga sparepart HP android, khususnya Oppo tidaklah murah.
  • HP rentan terserang malware karena keamanan menurun. Seperti yang kita tahu, melakukan rooting android akan membuat sistem keamanan HP melemah. Pada kondisi yang seperti ini tentu akan lebih memperbesar peluang HP terkena virus atau malware.
  • Sering terjadi kerusakan sistem dan error. Kekurangan melakukan root HP Oppo selanjutnya adalah HP akan lebih rentan mengalami kerusakan sistem. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, salah satunya karena serangan virus atau malware. Error juga akan sering ditemukan pada HP android, seperti terjadi bootlop, hardbrick, atau juga softbrick.

Penutup

Baiklah itu tadi cara root Oppo R7 Series tanpa PC atau laptop paling mudah dan instan. Caranya yang simple akan memudahkan kamu yang masih pemula atau pengguna baru Oppo. Jangan lupa untuk share informasi ini di akun media sosial pribadi kamu agar juga bermanfaat untuk pengguna lain.