Cara Root dan Install TWRP Recovery Xiaomi Mi 5X

Cara Root dan Install TWRP Recovery Xiaomi Mi 5X – Hp Xiaomi Mi 5X merupakan ponsel series terbaru yang dikeluakan oleh vendor xiaomi asal negeri tiongkok. untuk series terbaru ini banyak diburu oleh para pecinta gadget, khusus nya yang hobi bermain game. Karena memang ponsel xiaomi terkenal dengan spesifikasi yang gahar dan harga yang murah. Jadi tidak heran jika hp xiaomi banyak di minati oleh para pengguna ponsel pintar di indonesia.

Cara Root dan Install TWRP Recovery Xiaomi Mi 5X

Cara Root dan Install TWRP Recovery Xiaomi Mi 5X

Selain spek yang gahar, kelebihan lain dari ponsel xiaomi mi 5x ini yaitu mudah untuk di oprek, misalnya di root, flashing, install twrp dan lain sebagainya. Dengan kelebihan ini membuat para pengguna ponsel xiaomi Mi 5X lebih leluasa dalam meng-explore ponsel mereka. Ya dengan melakukan rooting dan install twrp membuat ponsel xiaomi bisa di upgrade sesuai dengan keinginan kita dan bisa sesuka hati mengintall aplikasi.

Namun dengan melakukan rooting akan membuat ponsel xiaomi kamu kehilangan garansi resmi. namun tidak apa, karena garansi bisa dikembalikan dengan cara melakukan flashing.

Nah jika kamu memiliki ponsel xiaomi Mi 5x dan ingin melakukan rooting dan install twrp, sebaiknya kamu pikirkan secara matang-matang, admin tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi terhadap ponsel kamu. Untuk itu sebaiknya kamu lakukan step by step dengan teliti dan hati-hati, hal ini tentu saja untuk menghidari dari hal yang tidak di inginkan.

Baca Juga: Cara Root Xiaomi 4X Tanpa PC

Oke, jika kamu sudah berpikiran bulat untuk melakukan rooting dan pasang twrp, maka silahkan simak tutorial yang sudah saya tulis.

Cara Root Xiaomi Mi 5x dan Pasang TWRP Recovery

So, sebelum kita lanjut ke inti pembahasan, saya ingin kamu benar-benar paham mengenai cara root dan install twrp. Jika kamu belum tau apa itu root dan twrp recovery maka akan sedikit susah untuk lanjut ke tahap berikutnya. Oleh karena itu saya harap kamu sudah paham mengenai cara root dan pasang twrp.

Sebelum itu, ada hal-hal yang wajib kamu perhatikan sebelum memulai cara ini. Simak apa saja sayarat wajib yang harus kamu penuhi.

Syarat Sebelum Melakukan Root Xiaomi Mi 5X :

  • Perikasa Baterai Ponsel xiaomi kamu, pastikan baterai terisi minmal 65%. Hal ini untuk menghindari ponsel kamu mati saat melakukan rooting.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Lock pada ponsel kamu. Jika tidak tahu cara mengaktifkannya, silahkan baca artike ini: cara mengaktifkan usb debugging dan oem lock di android.
  • Ini yang paling penting! Jika kamu ingin melakukan custom room, maka pastikan kamu Backup file yang menurut kamu penting. Ini untuk melindungi data kamu.

Jika kamu sudah membaca syarat diatas, sekarang kita lanjut ke bahan-bahan yang perlu kamu download.

Download Aplikasi TWRP Recovery Xiaomi MI 5x:

Jika kamu sudah menyiapkan bahan-bahan diatas, sekarang kamu bisa lanjut kelangkah pemasangan twrp dan rooting.

Cara Pasang TWRP Recovery Xiaomi Mi 5X

Pastikan kamu melakukan step by step dan lakukan dengan teliti untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan.

Note: Jika ada kerusakan dan kendala saat melakukan rooting dan pasang twrp admin tidak bertanggung jawab sepenuhnya. untuk itu ikuti tutorial yang sudah saya tulis sesuai langkah yang di berikan. tutorial yang saya tulis ini sudah lolos uji coba, jadi kamu jangan khawatir.

  1. Pertama-tama matikan ponsel xiaomi mi 5x kamu untuk masuk ke mode fastboot. Caranya dengan menekan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.
  2. Jika sudah masuk ke mode fastboot, kemudian hubungkan ponsel kamu ke PC atau Laptop dengan menggunakan kabel Data USB.
  3. Lalu ekstrak aplikasi ADB Fastboot yang tadi kamu download.
  4. Kemudian masuk kedalam file folder ADB Fastboot yang tadi kamu ekstrak, lalu tekan SHIFT pada keyboard lalu klik kanan dan pilih Open Windows Command Here.

    Cara Root dan Install TWRP Recovery Xiaomi Mi 5X

    Open command windows here

  5. Jika kamu sudah masuk ke CMD, kemudian ketikan perintah:

    Fastboot Devices

    Lihat gambar dibawah ini:

    Cara Root dan Install TWRP Recovery Xiaomi Mi 5X

    Berhasil melakukan perintah fasboot device

  6. Setelah itu pindahkan file TWRP Recovery ke dalam folder ADB Fastboot yang sudah kamu ekstrak.
  7. Langkah selanjutnya ketikan perintah:

    fastboot flash recovery twrp.img

    Lihat gambar dibawah ini:

    Cara Root dan Install TWRP Recovery Xiaomi Mi 5X

    Ketikan perintah fastboot flash recovery twrp.img

  8. Jika sudah, kamu tekan enter maka proses flashing akan berjalan.

    Catatan: jika gagal melakukan perintah diatas, kamu ganti twrp.img sesuai dengan file twrp recovery yang kamu download.

  9. Langkah terakhir kamu ketikan perintah:

    fastboot boot recovery

  10. Jika berhasil maka ponsel kamu akan otomatis masuk ke menu twrp recovery.
  11. Selesai.

Jika kamu sudah berhasil pasang twrp recovery xiaomi mi 5x maka selanjutnya kita akan masuk ke tahap rooting. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah demi langkah yang sudah admin tulis dibawah.

Cara Root Xiaomi Mi 5X Tanpa PC

Okeh, kita masuk ke tahap terakhir yaitu rooting. Silahkan simak baik-baik tutorial berikut ini:

Aplikasi yang Dibutuhkan:

Cara Melakukan Root Xiaomi Mi 5X dengan Flashing SuperSU:

  1. Pertama kamu download aplikasi SuperSU diatas.
  2. Jika sudah, ekstrak file tersebut dan simpan filenya diponsel kamu.
  3. Kemudian matikan atau reboot ponsel kamu dan masuk ke Mode Recovery dengan cara menekan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan.
  4. Lalu kamu akan dibawa ke menu pemulihan TWRP.
  5. Selanjutnya tap menu Install pada layar ponsel xiaomi kamu.
  6. Kemudian pilih file SuperSU.zip yang sudah kamu simpan pada folder.
  7. Selanjutnya tap tulisan Swipe To Confirm Flash.
  8. Selesai, sekarang kamu reboot ponsel xiaomi kamu.

Bagaimana? mudah kan? pastinya cara diatas sangat mudah. namun jika kamu mengalami kendala saat mempraktekan tutorial diatas, kamu bisa hubungi saya disini. namun jika tidak ada kendala maka saya ucapkan selamat, karena sekarang ponsel xiaomi kamu sudah terinstall twrp dan sudah berhasil di rooting.

Saya rasa artikel ini sudah sangat jelas, untuk itu saya akhiri artikel ini sampai disini dulu. jika artikel cara root dan pasang twrp xiaomi mi 5x ini bermanfaat silahkan share ke teman kalian. ok, terimakasih banyak sudah membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya, salam.