Cara Reset HP Nokia Android dan Nokia Jadul

Cara Reset HP Nokia Android dan Nokia Jadul Sebagian besar dari kalian pasti tahu nih sama vendor HP yang satu ini. Yang mana Nokia merupakan salah satu vendor ponsel genggam yang terkenal dari tahun 90an sampai 2010an. Ya hampir 20 tahun ya kurang lebih kepopuleran Nokia ini bertahan. Sebelum akhirnya kepopulernya hilang dengan hardirnya smartphone atau ponsel pintar yang berbasiskan Android dan iOS. Memang sudah hukum pasar, jika tidak bisa mengikuti perkembangan zaman maka ia akan cepat di lupakan pelanggan. Kurang lebih begitu yang membuat brand ini di lupakan penggunanya, karena tidak cepat beralih ke sistem Android.

Cara Reset HP Nokia Android dan Nokia Jadul

Walaupun sudah tak sepopuler dulu lagi, kini Nokia sudah mulai bangkit dengan mengembangkan ponsel pintar dengan operasi sistem Android. Tapi ya, mau secanggih apapun yang namanya benda elektronik pasti akan mengalami gangguan. Seperti ponsel kebanyakan yang mengalami blank, sistem ponsel terasa lambat, HP yang stuck di logo ataupun lupa pola sandi sekaligus. Tentunya semua masalah ini akan cepat terasi dengan melakukan factory reset atau reset sistem secara menyeluruh. Tapi ya perlu di pikirkan lagi kalau mau menggunakan cara ini, karena yang pastinya semua data di memory internal akan terhapus dan kembali seperti awal pabrikannya.

Baca Juga:

Bagi kamu yang belum paham betul apa itu istilah reset pada smartphone, akan saya terangkan sedikit. Jadi, reset merupakan salah satu fitur yang tersedia pada semua perangkat smartphone. Yang berguna untuk mengembalikan semua sistem Androidnya ke pengaturan awal pabrik. Nah untuk melakukan reset pada HP nokia sendiri kamu tidak perlu bingung. Karena terdapat beberapa cara reset HP Nokia yang bisa untuk kamu lakukan. Entah itu pada HP Nokia jadul maupun yang sudah Android akan kita ulas lengkap pada judul kita kali ini yaitu cara reset HP Nokia Android dan Nokia jadul.

Cara Reset HP Nokia Android dan Nokia Jadul

Jika kamu mengalami permasalahan yang rumit pada sistem Android ponsel kamu maka melakukan reset adalah jawabannya. Tapi perlu di ingat, kalau kamu masih bisa mengakses data penting pada memory internal, maka alangkah baiknya untuk melakukan backup data terlebih dulu. Dengan melakukan backup data ke perangkat lain, maka semua file penting kamu nantinya akan masih aman tidak ikut terhapus.

1. Hard Reset Pada Nokia Android

Metode pertama yang akan kita bahas ini merupakan cara reset pada HP Nokia tipe Android ya, sedangkan untuk Nokia tipe jadul bisa kamu simak pada cara ke 2 di bawah. Untuk hard reset ini sendiri, umumnya di peruntukan untuk mereka yang mengalami masalah seperti Bootlop atau stuck pada logo HP ketika baru di hidupkan. Pada dasarnya untuk melakukan hard reset ini kita tidak akan memanfaatkan layar sentuh pada smartphone. Melainkan dengan menggunakan tombol-tombol seperti tombol volume dan tombol power. Nah, oleh karena itu sebelum mencoba cara ini, pastikan terlebih dulu kalau semua tombol kamu masih berfungsi dengan baik ya.

Jika di rasa tombol pada HP Nokia kamu berfungsi dengan baik. Maka lanjut simak cara hard resetnya berikut ini:

  1. Pastikan terlebih dulu kalau keadaan HP Nokia kamu dalam keadaan mati ya sebelum melakukan hard reset
  2. Selanjutnya tekan tombol Power sedikit lama hingga muncul menu tampilan Fastboot Flash Mode
  3. Kalau sudah kita tekan menu Recovery Mode, ingat gunakan tombol Volume untuk memilih menu dan tombol Power untuk masuk ke menu
  4. Lalu kita klik OK untuk konfirmasinya
  5. Tidak lama dari itu maka akan tampil logo Android pada layar HP dengan tulisan No Command
  6. Kemudian kita tekan tombol Power cukup, lalu tekan tombol Volume Atas 1x dan lepaskan tombol Power tadi
  7. Jika berhasil maka akan masuk ke menu Android System Recovery
  8. Lanjut dengan memilih opsi Wipe Data atau Factory Reset
  9. Lalu tekan User Data dan Personalized Content. Maka proses hard reset akan berjalan
  10. Setelah proses selesai kita tekan opsi Reboot System Now.

2. Menggunakan Kode Dial Reset Nokia Jadul

Seperti yang kita ketahui ya pada setiap ponsel pastinya memiliki kode dial rahasia yang di sematkan oleh vendor HP tersebut untuk membantu pengunannya untuk mendapatkan informasi lebih. Tapi sayangnya, tidak semua pengguna terkadang mengetahui kode-kode rahasia yang telah di sediakan tersebut. Maka dari itu, penting untuk kamu ketahui kode dial rahasia ini untuk bisa menyelesaikan permasalahan pada Andorid. Salah satunya adalah kode dial yang akan saya berikan kali ini. Kode dial Nokia ini sendiri memiliki fungsi utama untuk mengembalikan data HP Nokia jadul maupun Android ke pengaturan awal pabrik.

Bagi anda yang mau mencoba cara ini, bisa di lakukan untuk HP Nokia jadul tipe lama. Ataupun Nokia Android sekalipun karena di sini saya akan membagikan 2 kode dial sekaligus yang berguna untuk kedua tipe HP Nokia tersebut. Mari simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Telepon pada smartphon Nokia maupun Nokia jadul milik kamu
  2. Kemudian ketikan kode dial berikut ##7378423## atau juga *#7370#
  3. Tekan tombol Panggil
  4. Dan tekan menu Kembali ke Pengaturan Pabrik
  5. Jika sudah tekan tombol OK untuk konfirmasi
  6. Setelah itu tinggal tunggu proses resetnya sampai selesai.

3. Reset HP Nokia Jadul Lupa Kunci

Pada cara ketiga ini kita akan mengulas lagi cara reset ponsel Nokia jadul, khususnya pada kasus yang lupa kunci sandi. Untuk langkah pada cara ketiga ini akan sedikit ribet untuk lakukan. Karena ini merupakan cara lama untuk mereset HP jadul. Dan juga di perlukannya penggunaan perangkat lain seperti smartphone atau komputer untuk membuka browser pada langkahnya nanti. Kenapa perlu membuka browser untuk melakukan reset sistem? Sebab, di sini kita akan membuka sebuah website. Yang mana website tersebut berguna untuk melakukan verifikasi IMEI untuk bisa mendapatkan sebuah kode keamanan nantinya.

Langsung saja nih, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Seperti yang kita ketahui ya kalau pada HP jadul sendiri masih menggunakan tipe baterai removable. Maka dari itu matikan ponsel terlebih dulu, dan lepas baterai HP. Kita lihat pada sisi belakang baterai akan ada IMEI yang perlu kita catat
  2. Jika sudah mendapatkan IMEI HP tadi, buka situs http://nfader.su/
  3. Kemudian masukan nomor IMEI tadi ke kolom yang tersedia pada situs tersebut
  4. Jangan lupa untuk lakukan centang pada kotak dialog yang tersedia, lalu tekan Generate
  5. Setelah itu akan tampil sebuah Security Mastercode
  6. Kita lanjut menyalakan ponsel jadul tadi, dan masukan kode dari Security Mastercode tadi
  7. Dan tekan OK
  8. Lalu akan tampil notifikasi Kode Salah, kita abaikan saja selama 2 menit. Selama menunggu jangan sentuh HP atau mengoperasikan tombol apapun
  9. Setelah 2 menit berlalu masukan kode 12345
  10. Maka HP akan terkunci lalu terbuka kembali
  11. Selesai, sebab kode 12345 tadi merupakan kode untuk mereset HP ke pengaturan awal.

Penutup

Baiklah, mungkin itu dia tadi isi dari artikel kita kali ini yang berjudul Cara Reset HP Nokia Android dan Nokia Jadul. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu teman-teman semua ya. Terimakasih, dan sampai jumpa lagi.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini