Cara Reset HP Jarak Jauh yang Mudah Terbaru 2022

6473
Cara Reset HP Jarak Jauh
Cara Reset HP Jarak Jauh

Cara Reset HP Jarak Jauh – HP android hadir dengan berbekal beragam fitur canggih di dalamnya. Tentunya dukungan fitur canggih ini guna untuk memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, HP android juga bisa menjadi sarana hiburan terbaik bagi pengguna. Baik menggunakannya untuk menonton film, memutar musik, bermain game atau aktivitas lainnya. Bahkan di HP android juga pengguna memungkinkan untuk menghasilkan uang yang banyak.

Cara Reset HP Jarak Jauh
Cara Reset HP Jarak Jauh

Namun, terkadang ada saja masalah error atau kerusakan pada perangkat smartphone android tersebut. Masalah seperti ini bisa terjadi pada komponen software dan hardware HP, serta penyebabnya pun bermacam-macam. Untuk masalah kerusakan pada komponen hardware HP, kebanyakan tidak bisa diperbaiki lagi kecuali dengan menggantinya dengan komponen baru. Sementara untuk masalah error pada bagian sistem atau software HP, maka hal ini bisa diperbaiki dengan cara melakukan reset atau flashing.

Baca Juga:

Untuk urusan mereset HP, cara ini bisa dibilang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah error pada sistem android. Namun, hal ini akan membuat semua data yang tersimpan di memori internal HP akan dihapus secara permanen dan HP akan dikembalikan ke pengaturan awal pabrik. Untuk itu, kamu perlu melakukan backup data terlebih dahulu jika memang di dalamnya masih tersimpan data yang penting. Melakukan reset sendiri bisa dilakukan secara langsung pada HP dan juga bisa dilakukan dari jarak jauh. Bagi kamu yang belum tahu, berikut cara reset HP jarak jauh yang ampuh dan mudah bisa coba terapkan.

Cara Reset HP Jarak Jauh yang Mudah Terbaru 2022

Cara Reset HP Android dari Jarak Jauh
Cara Reset HP Android dari Jarak Jauh

Sangat mudah sebenarnya untuk melakukan factory reset pada HP android dari jarah yang jauh. Cara ini biasanya dilakukan ketika pengguna kehilangan HP androidnya, baik karena lupa menaruhnya di mana ataupun dicuri orang. Agar data di dalamnya tidak dapat diakses, maka solusi terbaiknya yakni dengan melakukan reset HP.

Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mereset HP dari jarak yang jauh tersebut. Adapun cara reset HP android jarak jauh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Reset HP Android dari Jarak Jauh dengan Google Find My Device

Google Find My Device atau Google Temukan Perangkat Saya merupakan salah satu layanan gratis dari Google yang fungsinya untuk melacak keberadaan HP. Bahkan dengan cara ini kamu memungkinkan untuk mengetahui lokasi HP tersebut meskipun HP tidak terhubung ke internet. Pada kondisi ini Google Find My Device akan menampilkan lokasi terakhir ketika HP tersebut terhubung ke internet dan diaktifkan fitur GPS-nya.

Sementara jika saat ini HP dalam keadaan online dan fitur GPS-nya sedang aktif, maka kamu bisa melacak lokasi HP dengan lebih akurat dan real-time. Kamu bahkan bisa melihat ketika HP bergerak atau berpindah lokasi dengan mudah.

Tidak hanya itu, di layanan Google ini juga disediakan fitur lain di dalamnya yang juga sangat bermanfaat. Salah satunya adalah fitur Hapus Perangkat, di mana fitur ini berfungsi untuk mereset HP dari jarak jauh sehingga data di dalamnya akan terhapus secara permanen. Kali ini kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk menghapus data dan semua pengaturan yang ada di HP androidmu yang hilang. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka browser di perangkat lain, baik itu smartphone atau komputer.
  2. Kamu buka halaman Gmail.com, lalu login menggunakan akun Gmail yang sama dengan yang digunakan di HP yang ingin direset dari jarak jauh tadi. Inilah hal yang paling penting untuk dilakukan, jika akunnya tidak sama tentu kita tidak bisa terhubung ke HP yang ingin direset dari jarak jauh tersebut.
  3. Setelah berhasil login ke akun Gmail, sekarang kamu kunjungi halaman situs Google Find My Device melalui LINK INI.
  4. Tunggu beberapa saat hingga layanan tersebut selesai melakukan pelacakan. Jika ketemu, nantinya di layar akan ditampilkan peta maps yang menunjukkan lokasi dari HP androidmu.
  5. Di bagian kiri tampilan juga ditampilkan informasi mengenai perangkat HP android tersebut, mulai dari tipe HP, status online, jenis operator yang digunakan dan juga sisa baterainya.
  6. Untuk melakukan penghapusan data pada HP atau reset HP, kamu klik fitur HAPUS PERANGKAT yang ada di sisi kiri tampilan.
  7. Konfirmasi lagi penghapusan data pada HP dengan pilih HAPUS PERANGKAT.
  8. Tinggal menunggu hingga prosesnya selesai.

Perlu kamu tahu, melakukan cara ini akan menghapus semua data secara permanen dan kamu tidak dapat mencari atau bahkan mengembalikannya. Yang penting penghapusan data atau reset HP akan dilakukan hanya jika HP yang terhubung sedang dalam keadaan online. Jika saat ini HP tersebut masih dalam keadaan offline, maka proses reset akan dilanjut ketika HP sudah online dan kamu harus login lagi ke akun Google yang sama.

2. Reset HP Android dari Jarak Jauh dengan Samsung Find My Mobile

Sementara untuk cara yang kedua ini hanya bisa diterapkan di HP Samsung saja. Syarat utama lainnya, kamu sudah memiliki akun Samsung di HP yang ingin direset dari jarak jauh. Sebenarnya konsepnya hampir sama dengan cara di atas, namun di sini kamu perlu login ke akun Samsung yang sama dengan yang digunakan di HP yang ingin direset.

Mengenai cara melakukannya sendiri terbilang sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Langkah yang pertama kamu buka browser di smartphone lain atau komputer.
  2. Kemudian kunjugi situs Samsung Find My Mobile melalui LINK INI.
  3. Pada halaman tersebut, selanjutnya kamu login ke akun Samsung yang sama dengan yang digunakan di HP yang ingin direset atau dihapus datanya. Masukkan alamat email dan juga password akun Samsung milikmu tersebut.
  4. Jika sudah, selanjutnya sistem akan memproses permintaan Anda untuk melacak dan terhubung ke HP Samsung dengan akun yang sama.
  5. Pada halaman utama yang ditampilkan, kamu diminta untuk menyetujui beberapa persyaratan yang diajukan oleh Samsung Find My Mobile. Beri tanda centang pada semua opsi-nya, lalu klik Agree.
  6. Sekarang kamu sudah bisa terhubung ke HP Samsung dan di sana akan ditampilkan maps yang menunjukkan lokasi dari HP tersebut. Tidak hanya itu saja, ditampilkan pula informasi detail mengenai HP tersebut dan beberapa fitur yang disediakan.
  7. Untuk menghapus data atau reset HP, kamu klik fitur Erase Data yang ada di sisi kanan tampilan. Kemudian konfirmasi penghapusan data, maka semua data di HP tersebut akan dihapus secara permanen.
  8. Selesai.

Sama seperti cara di atas, penghapusan data pada HP akan dilakukan jika HP yang terhubung tersebut sedang dalam keadaan online.

Penutup

Itulah tadi dua cara reset HP jarak jauh yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mematikan Notifikasi Youtube di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengubah Jaringan Luar Negeri ke Indonesia di HP
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini