Cara Reset dan Restart HP VIVO Terbaru

228
Cara Reset dan Restart HP VIVO
Cara Reset dan Restart HP VIVO

Cara Reset dan Restart HP VIVO – Termasuk salah satu brand smartphone ternama asal China, HP VIVO cukup diminati di Indonesia khususnya. HP dari VIVO ini banyak dipilih karena desainnya yang kekinian dan berkesan premium. Namun, harga banderolnya tersebut terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan smartphone dari brand lainnya. Tidak hanya dari segi tampilan saja, HP VIVO juga dibekali dengan spesifikasi tangguh sehingga akan menghasilkan performa kinerja yang cepat dan responsif. Berbagai aktivitas berat mampu dilibas dengan mudah dan cepat oleh HP VIVO tersebut.

Cara Reset dan Restart HP VIVO
Cara Reset dan Restart HP VIVO

Meskipun demikian, ada kalanya HP VIVO mengalami masalah error sehingga membuatnya tidak bisa dioperasikan seperti biasa. Misalnya saja HP yang lemot dikarenakan terlalu banyak data yang tersimpan atau aplikasi yang terinstall. Selain itu, terkadang juga HP tidak bisa dinyalakan dan hanya tampil logo brand saja, tidak bisa masuk ke Home. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah error pada HP VIVO tersebut? Salah satu caranya yakni dengan melakukan reset atau restart HP VIVO.

Baca Juga:

Reset HP VIVO akan mengembalikannya ke pengaturan awal pabrik, di mana HP VIVO akan seperti baru lagi. Semua data yang tersimpan di memori internal akan dihapus secara permanen, karena itulah kamu perlu melakukan backup data terlebih dahulu jika memang ada yang dianggap penting. Sayangnya, masih banyak pengguna yang belum tahu cara reset dan restart HP VIVO tersebut. Tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini saya akan membahasnya secara lengkap. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Reset dan Restart HP VIVO Terbaru

Selain karena masalah error, melakukan reset atau factory reset ponsel VIVO biasanya juga untuk tujuan membuka kunci. Tidak jarang dari kita lupa pola kunci atau password dari VIVO, sehingga mau tidak mau harus melakukan reset untuk mengatasinya. Setidaknya ada 2 metode untuk melakukan reset HP VIVO tersebut. Berikut ini cara reset dan restart HP VIVO selengkapnya, yakni:

1. Reset VIVO Lewat Menu Pengaturan

Cara yang pertama untuk melakukan factory reset HP VIVO yakni melalui menu Settings atau Pengaturan. Cara ini dianggap yang paling mudah dan praktis, tidak butuh waktu dan step panjang untuk melakukannya. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan jika HP dapat dioperasikan secara normal dan seperti biasa.

Adapun cara reset dan restart HP VIVO lewat menu Pengaturan selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP VIVO. Pastikan sisa baterai tersisa minimal 50% untuk mencegah HP mati di saat proses reset.
  2. Pada halaman Pengaturan, kamu scroll ke bawah lalu pilih opsi More Settings atau Pengaturan Lainnya.
  3. Selanjutnya pilih opsi Backup and Reset atau Cadangkan dan Reset.
  4. Di sana disediakan beberapa opsi reset ponsel VIVO. Untuk mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik, kamu pilih opsi Erase All Data atau Hapus Semua Data.
  5. Selanjutnya beri tanda centang pada bagian Format Phone Storage, dan tekan tombol Clear Now (Reset Phone).
  6. Tunggu beberapa waktu hingga proses reset HP VIVO selesai dan HP secara otomatis melakukan restart atau reboot.
  7. Jika di layar sudah tampil layar Home maka proses reset sudah berhasil dilakukan.
  8. Selesai.

Catatan: Cara di atas diterapkan di HP VIVO keluaran terbaru. Untuk versi lama kemungkinan tidak beda jauh, hanya letak menunya saja yang agak berbeda.

2. Reset HP VIVO Lewat Mode Recovery

Cara Hard Reset HP VIVO
Cara Hard Reset HP VIVO

Alternatif kedua yang bisa kamu lakukan untuk mereset HP VIVO yakni melalui menu Recovery Mode. Cara ini biasa disebut dengan hard reset, di mana semua data yang ada di memori internal akan dihapus secara menyeluruh dan permanen. Cara ini bisa dipilih jika HP tidak bisa dioperasikan secara normal, seperti bootloop, lupa pola kunci, HP mati atau restart terus-menerus dan kondisi lainnya.

Bagi kamu pemilik HP VIVO terbaru dengan layar Fullview Display, berikut ini langkah-langkah untuk hard resetnya, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu matikan HP VIVO seperti biasa. Pastikan baterai HP VIVO tersisa minimal 50% untuk mencegah HP mati saat proses reset.
  2. Sekarang hidupkan lagi HP VIVO dengan cara menekan kombinasi tombol Power + Volume Atas secara bersamaan selama beberapa detik. Jika HP bergetar dan muncul tampilan logo VIVO di layar, maka kamu bisa lepaskan tekanan pada tombol tersebut.
  3. Nantinya kamu akan dibawa ke halaman Fastboot Mode. Lanjutkan dengan pilih opsi Recovery Mode. Gunakan tombol Volume untuk menavigasi pilihan dan tombol Power untuk mengeksekusi pilihan.
  4. Pada halaman Recovery Mode, kamu pilih opsi Wipe Data. Kemudian konfirmasi lagi dengan pilih opsi Wipe Data.
  5. Beberapa perangkat mengharuskan kamu untuk memasukkan kata sandi atau password kunci layar. Terkadang di beberapa HP VIVO kamu tidak perlu melakukan ini.
  6. Proses factory reset akan berjalan dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  7. Jika sudah, nantinya kamu akan kembali ke menu Recovery Mode. Lanjutkan dengan pilih opsi Reboot System, maka HP akan melakukan restart.
  8. Layar Home Screen ditampilkan, itu artinya proses hard reset HP VIVO sudah selesai dilakukan.
  9. Selesai.

Sementara untuk kamu pengguna HP VIVO keluaran lama atau yang mengusung layar 16:9, berikut ini langkah-langkah untuk melakukan reset HP tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu matikan HP VIVO seperti biasa dan pastikan baterainya tersisa minimal 50%.
  2. Selanjutnya hidupkan HP VIVO dengan menekan kombinasi tombol Power + Volume Atas secara bersamaan. Lepaskan tekanan pada tombol jika HP bergetar dan muncul logo VIVO di layar.
  3. Nantinya akan muncul menu Recovery Mode di layar. Lanjutkan dengan pilih opsi Wipe Data / Factory Reset. Pilih lagi opsi Wipe Data dan konfirmasi dengan pilih Wipe Data. Gunakan tombol Volume untuk navigasi dan tombol Power untuk eksekusi pilihan.
  4. Tunggu sampai proses reset selesai. Jika sudah, selanjutnya pilih opsi Reboot System.
  5. HP akan melakukan restart dan tunggu sampai layar Home ditampilkan.
  6. Selesai.

Penutup

Itulah tadi dua cara reset dan restart HP VIVO terbaru yang mudah dan praktis bisa kamu coba terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akum media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaPenyebab Dan Cara Mengatur Sensitivitas Layar HP Xiaomi
Artikel SelanjutnyaBegini Cara Blokir Nomor Pada HP Nokia Terbaru
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini