Cara Reset dan Restart HP Samsung Terbaru

163
Cara Reset dan Restart HP Samsung
Cara Reset dan Restart HP Samsung

Cara Reset dan Restart HP Samsung – Samsung merupakan salah satu brand smartphone yang paling terkenal di dunia. Bahkan juga mereka termasuk brand yang mendapat paling banyak penjualan produk smartphone dalam jangka beberapa tahun ini. Tidak heran karena HP dari Samsung mengusung spesifikasi yang canggih dan performa tangguh. Berbagai aktivitas berat bisa dilibas dengan mudah dan cepat. Tidak hanya itu saja, untuk urusan fotografi HP Samsung juga terbilang handal dengan hasil jepretan yang maksimal.

Cara Reset dan Restart HP Samsung
Cara Reset dan Restart HP Samsung

Samsung membekali smartphonenya tersebut dengan spesifikasi yang tangguh sehingga mampu menghasilkan performa kinerja yang handal. Fitur-fitur canggih juga sudah disematkan di dalamnya, tidak lain untuk semakin memanjakan para penggunanya. Misalnya saja pada sistem keamanan HP, Samsung membekali keamanan yang super ketat sehingga bisa terhindar dari masalah virus, malware dan penyadapan. Inilah yang menjadi alasan kenapa banyak orang lebih memilih HP dari Samsung untuk dimilikinya.

Baca Juga:

Meski demikian, bukan berarti HP Samsung sudah sempurna dan tidak mengalami masalah error. Terkadang ada pengguna yang menemukan masalah error pada HP Samsung miliknya tersebut. Mulai dari masalah kinerja HP yang lemot, sering hang, tidak bisa dinyalakan, stuck di logo Samsung dan beberapa masalah lainnya. Salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi masalah pada HP Samsung tersebut adalah dengan melakukan factory reset. Lantas, bagaimana cara reset dan restart HP Samsung tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Reset dan Restart HP Samsung Terbaru

Cara Hard Reset HP Samsung
Cara Hard Reset HP Samsung

Untuk melakukan factory reset HP Samsung, ada beberapa metode yang bisa kita terapkan. Yang pasti semua metode tersebut mudah untuk dilakukan, bahkan kamu yang masih pemula pun tidak akan kesulitan melakukannya. Adapun cara reset dan restart HP Samsung yang mudah selangkapnya, sebagai berikut:

1. Reset HP Samsung Lewat Pengaturan

Cara yang paling mudah dan praktis untuk melakukan reset HP Samsung yakni dengan melalui menu Pengaturan atau Settings. Cara ini biasa disebut dengan soft reset atau mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik. Artinya semua data yang tersimpan di memori internal HP akan dihapus secara permanen, kecuali kamu sudah melakukan backup data terlebih dahulu.

Untuk langkah-langkah melakukan reset smartphone Samsung lewat Pengaturan selengkapnya, yakni:

  1. Sebelum melakukan reset, pastikan sisa baterai HP masih di atas 50%. Pasalnya proses ini membutuhkan waktu agak lama yang akan menguras daya baterai.
  2. Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Settings di HP Samsung.
  3. Scroll ke bawah, lalu klik pada opsi Manajemen Umum.
  4. Kemudian pilih opsi Reset.
  5. Di sana ada beberapa opsi reset HP Samsung. Untuk melakukan reset HP Samsung, kamu pilih opsi Reset Data Pabrik.
  6. Konfirmasi dengan klik pada tombol Reset.
  7. Tunggu sampai proses reset data HP selesai, nantinya HP akan melakukan restart atau reboot secara otomatis.
  8. Ini biasanya membutuhkan waktu agak lama, tunggu saja sampai Home Screen ditampilkan.
  9. Selesai.

Catatan: Cara di atas saya terapkan di HP Samsung dengan OS Android 11. Untuk HP Samsung dengan versi OS Android di bawahnya kemungkinan tidak beda jauh. Hanya peletakan menunya saja yang mungkin berbeda.

2. Reset HP Samsung Lewat Mode Recovery

Alternatif lainnya untuk melakukan factory reset ponsel Samsung yakni dengan melalui menu Recovery Mode. Cara ini bisa kamu lakukan jika HP Samsung tidak bisa dinyalakan atau dioperasikan seperti biasa. Reset melalui Recovery Mode ini juga sering dikenal dengan sebutan Hard Reset Samsung.

Adapun langkah-langkah hard reset HP Samsung melakui Mode Recovery selengkapnya, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu matikan HP Samsung dengan menekan tombol Power. Pastikan juga sisa baterai HP Samsung masih di atas 50%, ini untuk mencegah HP mati di tengah-tengah proses reset.
  2. Sekarang hidupkan lagi HP Samsung dengan menekan tombol Power + Home + Volume Atas secara bersamaan dalam waktu beberapa detik. Lepaskan tekanan pada tombol-tombol tersebut jika HP sudah bergetar dan muncul tampilan logo Samsung di layar.
  3. Jika HP Samsung milikmu tidak memiliki tombol Home fisik, maka bisa gunakan kombinasi tombol Power + Volume Atas untuk masuk ke menu Recovery Mode.
  4. Nantinya kamu akan dibawa ke halaman menu Recovery Mode, lanjutkan dengan pilih opsi Wipe Data / Factory Reset. Gunakan tombol volume untuk menavigasi pilihan dan tombol power untuk eksekusi pilihan.
  5. Konfirmasi dengan pilih opsi Yes, Wipe All Data.
  6. Tunggu hingga proses reset data selesai dilakukan. Jika sudah, selanjutnya kamu pilih opsi Reboot System Now.
  7. HP akan melakukan restart dan tunggu sampai Home Screen ditampilkan di layar.
  8. Selesai.

Catatan: Cara satu ini biasanya dilakukan untuk mengatasi HP Samsung Bootloop, mati total, atau keadaan lain yang membuat HP tidak bisa dioperasikan seperti biasa.

3. Reset HP Samsung Menggunakan Kode Rahasia

Untuk cara yang ketiga ini hanya opsional, di mana langkah-langkahnya lebih simpel dan sederhana. Akan tetapi, tidak semua HP Samsung bisa melakukan reset menggunakan kode dial atau kode rahasia ini. Cara ini juga hanya bisa dilakukan jika HP Samsung bisa dioperasikan secara normal dan tidak terjadi error pada bagian keyboardnya. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Panggilan.
  • Kemudian ketik kode dial *2767*3855# lalu tekan Panggil.
  • Secara otomatis kamu akan dibawa ke halaman Factory Reset dan HP melakukan reset.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai.

Catatan: Setelah saya mencoba cara ini ternyata tidak bekerja alias tidak work. Saya menerapkannya di HP Samsung dengan OS Android 11. Mungkin kalau di versi OS Android dibawahnya cara tersebut masih work.

Sebelum melakukan factory reset, pastikan kamu sudah melakukan backup data yang dirasa penting yang masih tersimpan di memori internal HP. Jika tidak, maka data tersebut akan dihapus secara permanen dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara reset dan restart HP Samsung yang paling mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Reset dan Restart HP Xiaomi Terbaru
Artikel SelanjutnyaCara Reset dan Restart HP VIVO Terbaru
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini