Cara Reset dan Restart HP Realme Terbaru

177
Cara Reset dan Restart HP Realme
Cara Reset dan Restart HP Realme

Cara Reset dan Restart HP Realme – Banyak orang yang mengira Realme merupakan anak perusahaan atau sub-brand dari OPPO. Memang benar adanya, akan tetapi pada tahun 2018 lalu secara resmi Realme memisahkan diri dari OPPO. Mereka mendirikan perusahaan sendiri dan mengumumkan diri sebagai perusahaan independen. Meskipun demikian OPPO dan Realme masih berada di bawah naungan perusahaan induk yang sama, yakni BBK Electronics.

Cara Reset dan Restart HP Realme
Cara Reset dan Restart HP Realme

Realme hadir dengan menyasar pangsa pasar menengah ke bawah, di mana produk HP dari Realme dijual dengan harga lumayan murah. Harga yang murah ini ditujukan untuk menciptakan persaingan dengan brand ternama lain seperti Xiaomi atau yang lainnya yang juga menjual HP murah. Berbeda dengan OPPO, HP Realme berfokus untuk menciptakan HP dengan performa cepat dan desain modis. Kedua hal ini yang memang sedang dicari oleh kalangan masyarakat modern. Ditambah lagi dengan harga terjangkau yang semakin menjadi daya tariknya.

Baca Juga:

Bagi kamu pengguna HP Realme, mungkin pernah mengalami masalah pada HP tersebut. Misalnya HP Realme yang mulai lemot, restart terus-menerus, mati secara tiba-tiba, tidak bisa hidup dan hanya stuck di logo, lupa kunci atau password layar atau yang lain sebagainya. Tenang saja, beberapa masalah tersebut bisa kamu atasi dengan mudah hanya dengan melakukan factory reset. Lantas, bagaimana cara reset dan restart HP Realme tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Reset dan Restart HP Realme Terbaru

Untuk melakukan reset HP Realme tidak jauh berbeda seperti pada HP android lainnya. Realme menyediakan setidaknya 2 metode untuk melakukan reset tersebut. Yang pasti kedua cara tersebut sama-sama mudah untuk dilakukan, bahkan bagi kamu yang masih pemula.

Perlu kamu tahu, melakukan factory reset akan membuat semua data di smartphone akan dihapus secara permanen. Baik itu data aplikasi, file media, dan jenis file lainnya yang tersimpan di memori internal HP. Untuk itu, jika memang ada data atau file penting di sana, pastikan kamu sudah membackupnya dulu. Bisa backup ke memori eksternal, komputer, ataupun penyimpanan cloud.

Adapun cara reset dan restart HP Realme terbaru selengkapnya, sebagai berikut:

1. Reset HP Realme Lewat Pengaturan

Cara Reset dan Restart HP Realme Lewat Pengaturan
Cara Reset dan Restart HP Realme Lewat Pengaturan

Cara yang paling mudah untuk melakukan reset ponsel Realme yakni melalui menu Pengaturan atau Settings. Untuk cara ini kamu bisa memilih apakah ingin menghapus semua data yang ada di smartphone atau data tertentu saja. Namun, untuk lebih maksimal hasilnya sebaiknya memilih untuk menghapus semua data atau mengembalikan smartphone ke pengaturan awal pabrik.

Mengenai langkah-langkah untuk melakukan reset smartphone Realme melalui Pengaturan selengkapnya, yakni:

  • Sebelum lanjut, pastikan baterai HP masih tersisa minimal 50% untuk mencegah HP mati saat proses reset.
  • Sekarang kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP Realme.
  • Scroll ke bawah, kemudian klik pada opsi Pengaturan Tambahan atau Additional Settings.
  • Selanjutnya klik pada opsi Back Up and Reset.
  • Jika memang kamu ingin mencadangkan data yang ada di HP, maka bisa lakukan backup dulu dengan cara klik opsi Back up My Data.
  • Kalau sudah, sekarang klik pada opsi Factory Data Reset untuk memulai proses reset Realme.
  • Konfirmasi reset HP Realme dengan pilih opsi Erase All & App.
  • Proses reset HP akan dimulai dan tunggu sampai selesai. Jika sudah, nantinya secara otomatis HP akan melakukan restart atau reboot dan tunggu sampai Home Screen ditampilkan.
  • Selesai.

Cara satu ini hanya bisa dilakukan jika HP Realme bisa dioperasikan seperti biasa dan secara normal. Artinya HP tidak dalam keadaan bootloop, mati, ataupun error pada beberapa tombolnya.

2. Reset HP Realme Lewat Recovery Mode

Cara Reset dan Restart HP Realme Lewat Recovery Mode
Cara Reset dan Restart HP Realme Lewat Recovery Mode

Untuk metode yang kedua yakni melakukan reset HP Realme melalui menu Recovery Mode. Cara ini bisa dipilih jika HP Realme tidak bisa dioperasikan seperti biasa, baik itu dalam keadaan bootloop, mati, layar terkunci dan lupa pola kuncinya, atau kondisi lain yang tidak memungkinkan HP digunakan.

Reset HP melalui Mode Recovery ini sendiri dikenal juga dengan sebutan Hard Reset. Adapun langkah-langkah untuk factory reset HP Realme melalui Recovery Mode selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu matikan HP Realme seperti biasa. Pastikan sisa baterai HP minimal 50% untuk mencegah HP mati saat proses reset.
  • Sekarang hidupkan lagi HP Realme dengan cara menekan kombinasi tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan selama beberapa detik. Lepaskan tekanan pada kedua tombol jika HP sudah bergetar dan muncul tampilan logo di layar.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke menu Recovery Mode. Selanjutnya pilih Bahasa yang kamu mengerti, misalnya saja Bahasa Inggris (saat ini masih belum ada mode Bahasa Indonesia).
  • Pada menu Recovery Mode, selanjutnya kamu pilih menu Wipe Data. Untuk menavigasi pilihan bisa gunakan tombol Volume, sementara untuk eksekusi pilihan bisa gunakan tombol Power.
  • Lanjut dengan pilih opsi Wipe Data (Keep SMS, Contacts and Photos).
  • Pilih opsi Selanjutnya untuk konfirmasi factory reset Realme. Kamu tinggal tunggu proses factory reset Realme hingga selesai.
  • Jika sudah, sekarang pilih opsi Reboot System. Maka HP akan melakukan restart dan tunggu sampai di layar ditampilkan menu Home. Biasanya butuh waktu agak lama untuk proses reboot ini dan itu wajar.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi dua cara reset dan restart HP Realme terbaru yang paling mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaBegini Cara Blokir Nomor Pada HP Nokia Terbaru
Artikel SelanjutnyaCara Mengisi Voucher Smartfren Terbaru yang Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini