Cara Reset dan Restart HP OPPO Terbaru

353
Cara Reset dan Restart HP OPPO
Cara Reset dan Restart HP OPPO

Cara Reset dan Restart HP OPPO – OPPO merupakan salah satu brand smartphone ternama yang cukup populer di Indonesia. Produk HP dari OPPO cukup diminati oleh banyak kalangan, mungkin karena banderol harganya yang terbilang murah. Meskipun demikian, namun kualitas produk smartphone android dari OPPO sangat bagus. Di dalamnya disematkan spesifikasi tangguh yang tentunya akan menghasilkan kinerja yang cepat dan responsif. HP OPPO bahkan sangat nyaman dan tangguh saat digunakan untuk bermain game berat.

Cara Reset dan Restart HP OPPO
Cara Reset dan Restart HP OPPO

Namun, yang namanya produk elektronik ada kalanya mengalami masalah error. Hal ini tentu akan sangat mengganggu kenyamanan para pengguna dalam mengoperasikan smartphone android OPPO. Ada beberapa macam masalah error yang biasa dialami pada HP OPPO. Mulai dari HP yang hang, HP restart atau mati sendiri, HP stuck di logo OPPO dan beberapa jenis masalah lainnya. Yang pasti, hal ini akan membuat pengguna kesal dan tidak bisa lagi mengoperasikannya seperti biasa.

Baca Juga:

Salah satu cara untuk mengatasi masalah error pada HP OPPO, baik itu error ringan ataupun berat yakni dengan melakukan factory reset. Cara ini diklaim sangat ampuh mengatasi berbagai masalah error pada HP android, termasuk HP OPPO. Sayangnya, tidak banyak pengguna yang tahu cara reset HP OPPO tersebut. Tidak perlu bingung, karena pada artikel kali ini saya akan membahasnya secara lengkap. Berikut ini cara reset dan restart HP OPPO yang mudah selengkapnya.

Cara Reset dan Restart HP OPPO Terbaru

Cara Hard Reset HP OPPO
Cara Hard Reset HP OPPO

Setidaknya ada 2 metode yang bisa kita lakukan untuk me-restart atau reset smartphone OPPO. Kedua cara tersebut sama mudahnya untuk dilakukan, bahkan bagi kamu yang masih pemula. Kamu bebas ingin menggunakan cara yang mana, bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhanmu melakukan factory reset HP OPPO. Adapun cara reset dan restart HP OPPO terbaru selengkapnya, sebagai berikut:

1. Reset HP OPPO Lewat Pengaturan

Cara yang pertama ini bisa dilakukan jika HP OPPO masih dalam keadaan hidup dan bisa dioperasikan seperti biasa. Kamu bisa melakukan factory reset langsung dari menu Pengaturan atau Settings yang ada di HP OPPO. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings yang ada di HP OPPO.
  • Scroll ke bawah, kemudian klik pada opsi Pengaturan Tambahan.
  • Selanjutnya kamu masuk ke opsi Buat Cadangan dan Reset.
  • Untuk mulai mereset ponsel OPPO, kamu pilih opsi Reset ke Data Pabrik. Sebelum melakukan reset, di sini kamu bisa melakukan backup data terlebih dahulu jika diperlukan. Gunanya untuk melindungi data penting agar tidak dihapus secara permanen.
  • Di sana akan ditampilkan 5 pilihan untuk mereset HP OPPO, kamu pilih sesuai kebutuhan. Berikut ini 5 pilihan reset HP OPPO beserta fungsinya:

Reset Pengaturan Sistem Saja = Ponsel akan dikembalikan ke sistem pabrik dengan tanpa menghapus data dan file media yang tersimpan di memori internal.
Hapus Aplikasi yang Diunduh dan Data Aplikasinya = Hanya akan menghapus aplikasi dan data aplikasi yang terinstall, kecuali data aplikasi yang disimpan oleh pengguna di memori eksternal.
Bersihkan Semua Data = Akan mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik dan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal HP. HP akan kembali seperti baru ketika kamu pertama kali membelinya.
Bersihkan Kontak dan Riwayat Panggilan di Telepon Ini = Hanya akan menghapus semua kontak dan riwayat panggilan yang tersimpan di HP. Kontak yang disimpan di kartu SIM akan tetap ada, begitu juga file media lain di HP.
Bersihkan Pesan SMS dan MMS di Telepon Ini = Hanya akan menghapus data SMS dan MMS yang tersimpan di HP OPPO.

  • Kamu tinggal pilih salah satu opsi reset ponsel OPPO di atas dan proses akan dimulai. Untuk menghapus semua data dan mengembalikan HP seperti baru, kamu bisa pilih opsi ke-3 yakni Bersihkan Semua Data.
  • Jika sudah, HP OPPO akan melakukan restart dan tunggu sampai menyala kembali.
  • Selesai.

Catatan: Cara di atas bisa kamu terapkan di HP OPPO yang mendukung ColorOS 6.0 atau yang lebih baru. Untuk versi OS di bawahnya sebenarnya hampir sama, hanya tampilan dan letak menunya yang mungkin berbeda.

2. Reset HP OPPO Lewat Recovery Mode

Untuk cara yang kedua ini bisa diterapkan jika HP OPPO tidak bisa dihidupkan seperti biasa. Misalnya HP yang mengalami Bootloop atau stuck di logo OPPO saja. Caranya juga terbilang mudah, di sini factory reset akan dilakukan melalui Mode Recovery atau ColorOS Recovery. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu matikan HP OPPO seperti biasa (menekan tombol Power agak lama jika HP Bootloop). Pastikan sisa baterai HP OPPO masih di atas 50% untuk mencegah HP mati saat proses factory reset.
  2. Kemudian hidupkan lagi HP dengan menekan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan dalam beberapa detik. Lepaskan tekanan pada kedua tombol jika HP sudah bergetar atau muncul tampilan di layar.
  3. Nantinya kamu akan dibawa ke Mode Recovery.
  4. Selanjutnya pilih Bahasa yang ingin digunakan atau yang kamu mengerti. Gunakan tombol Power untuk eksekusi pilihan dan tombol Volume untuk menavigasi.
  5. Untuk mereset HP, kamu pilih opsi Wipe Data atau Hapus Data. Lanjutkan dengan pilih opsi Format Data dan konfirmasi pilihan dengan pilih Format. Proses penghapus data akan berjalan dan tunggu hingga selesai.
  6. Jika sudah, selanjutnya pilih opsi Reboot dan secara otomatis HP akan melakukan restart dengan sendirinya.
  7. Tunggu sampai HP menyala kembali dan bisa dioperasikan seperti biasa. Biasanya proses reboot ini membutuhkan waktu agak lama, tunggu saja sampai HP menyala.
  8. Selesai.

Sebelum melakukan factory reset HP OPPO ini, sebaiknya kamu lakukan dulu pencadangan data ke komputer atau kartu SD. Pasalnya, factory reset akan membuat semua data yang tersimpan di memori internal akan dihapus secara permanen, mulai dari data aplikasi, kontak, riwayat panggilan dan pesan, dan jenis file media lainnya.

Penutup

Itulah tadi dua cara reset dan restart HP OPPO terbaru yang paling mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Membuat Video Slow Motion di TikTok yang Praktis
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti Pada HP Oppo
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini