Cara Rekam Suara di Xiaomi yang Praktis

59
Cara Rekam Suara di Xiaomi
Cara Rekam Suara di Xiaomi

Cara Rekam Suara di Xiaomi – Di era serba digital seperti sekarang ini, semua hal bisa dilakukan dengan mudah dengan bantuan perangkat elektronik. Salah satunya adalah HP android yang menjadi perangkat elektronik terpoluler dan banyak diminati oleh masyarakat modern. Fungsinya yang fleksibel menjadi alasan utama kenapa banyak orang sangat meminatinya. Berbagai aktivitas harian memungkinkan untuk dikerjakan dengan lebih mudah berkat bantuan perangkat smartphone satu ini. Selain itu, harganya yang lebih terjangkau dibandingkan iPhone, menjadi alasan lain orang-orang lebih memilih HP berbasis android.

Cara Rekam Suara di Xiaomi
Cara Rekam Suara di Xiaomi

Ada banyak merek dan tipe HP android yang hadir di pasaran sekarang ini, misalnya saja brand Xiaomi. Banyak yang bilang ini adalah brand perusak harga pasaran smartphone dunia, di mana HP dari Xiaomi ini memang ditawarkan dengan harga sangat murah bahkan di luar nalar. Meskipun murah, namun Xiaomi membekali setiap smartphonenya dengan dukungan spesifikasi yang mumpuni, sehingga menghasilkan performa yang handal. Fitur yang disematkan di dalamnya juga lengkap, di mana dukungan tersebut untuk membantu memudahkan aktivitas harian penggunanya.

Baca Juga:

Salah satu fitur terbaik dari Xiaomi yang cukup dibutuhkan yakni fitur untuk merekam suara. Dengan fitur ini kita memungkinkan untuk merekam suara dan disimpan dalam bentuk file audio. Bahkan dengan fitur ini kita juga bisa merekam suara saat melakukan panggilan atau teleponan dengan mudah. Selain dengan menggunakan fitur bawaan, merekam suara di HP Xiaomi juga bisa dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Bagi kamu yang belum tahu, berikut cara rekam suara di Xiaomi yang mudah dan praktis bisa kalian simak dan terapkan. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Rekam Suara di Xiaomi yang Praktis

Untuk merekam suara di HP Xiaomi, setidaknya ada 2 metode yang bisa digunakan yakni menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan. Keduanya sama mudahnya untuk diterapkan, tinggal kamu pilih cara mana yang ingin digunakan dan sesuai kebutuhan. Sementara untuk merekamnya, kamu bisa menggunakan komponen microphone bawaan di HP Xiaomi, atau bisa juga dengan komponen microphone eksternal.

Adapun cara rekam suara di Xiaomi yang mudah dan praktis selengkapnya, sebagai berikut:

1. Rekam Suara di HP Xiaomi Tanpa Aplikasi

Rekam Suara di HP Xiaomi Tanpa Aplikasi
Rekam Suara di HP Xiaomi Tanpa Aplikasi

Cara yang pertama ini kita akan menggunakan fitur bawaan yang disediakan di HP Xiaomi untuk melakukan rekaman suara. Namun, fitur perekam suara di Xiaomi ini tidak bisa untuk merekam suara biasa, melainkan suara saat melakukan panggilan atau teleponan saja. Kamu bisa mengaktifkan fitur rekam panggilan otomatis atau rekam manual, bisa dipilih sesuai keinginan.

Cara 1. Rekam Suara saat Panggilan Secara Manual

  1. Langkah yang pertama harus kamu lakukan yakni langsung melakukan panggilan dengan nomor tertentu.
  2. Setelah panggilan sudah dimulai dan diterima, selanjutnya kamu bisa melakukan rekaman suara dengan klik menu Rekam di tampilan panggilan.
  3. Nantinya rekaman suara akan dimulai dan berhenti secara otomatis jika panggilan ditutup.
  4. Hasil rekaman panggilan akan secara otomatis tersimpan di memori internal HP, lebih tepatnya di folder Sound Recorder.
  5. Selesai.

Cara 2. Rekam Suara saat Panggilan Secara Otomatis

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Settings atau Setelan di HP Xiaomi.
  2. Selanjutnya gulir ke bawah lalu klik pada opsi Setelan Aplikasi Sistem atau Settings System App.
  3. Kemudian pilih opsi Setelan Panggilan atau Settings Call Recorder.
  4. Selanjutnya aktifkan opsi Notifikasi Rekam Panggilan dengan cara menggeser tombol slidernya ke kanan.
  5. Lanjutkan dengan melakukan hal yang sama pada bagian opsi Otomatis Rekam Panggilan.
  6. Jika sudah, sekarang kamu bisa langsung melakukan panggilan ke nomor tertentu. Secara otomatis rekaman suara panggilan akan aktif saat kamu memulai panggilan.
  7. Selesai.

Sama seperti cara di atas, hasil rekaman panggilan akan langsung tersimpan di memori internal dalam bentuk file audio.

2. Rekam Suara di HP Xiaomi dengan Aplikasi

Rekam Suara di HP Xiaomi dengan Aplikasi
Rekam Suara di HP Xiaomi dengan Aplikasi

Sementara untuk cara yang kedua ini kita akan memanfaatkan aplikasi tambahan di perangkat HP Xiaomi untuk melakukan perekaman suara. Ada banyak aplikasi perekam suara terbaik yang bisa kamu gunakan. Yang pasti aplikasi semacam ini memungkinkan untuk kita gunakan secara gratis.

Cara 1. Menggunakan Aplikasi Perekam Suara by Google

  1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi Perekam Suara by Google melalui Google Play Store.
  2. Jika sudah, selanjutnya kamu buka aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman awal aplikasi akan meminta izin akses di HP, baik izin untuk mengakses microphone, memori atau penyimpanan, kontak dan lain sebagainya. Berikan izin akses dengan cara klik tombol Izinkan.
  4. Nantinya kamu akan langsung dibawa ke halaman utama aplikasi. Sebelum merekam suara, kamu bisa melakukan pengaturan atau konfigurasi terlebih dahulu pada aplikasi tersebut.
  5. Jika sudah, sekarang mulai merekam suara dengan klik tombol Rekam yang ada di bagian tengah bawah tampilan.
  6. Selanjutkan lakukan perekaman suara. Kamu juga bisa menghentikan sejenak perekaman kemudian melanjutkannya lagi dengan menekan tombol Pause. Jika sudah, selanjutnya klik tombol yang sama seperti akan memulai rekaman untuk menghentikan rekaman.
  7. Dengarkan dulu hasil rekaman suaranya, apakah sudah cocok atau ada yang kurang. Jika sudah pas, selanjutnya kamu klik tombol Save untuk menyimpan file hasil rekaman.
  8. Selesai.

Nantinya file hasil rekaman akan tersimpan di memori internal HP dan bisa kamu akses dengan mudah.

Cara 2. Menggunakan Aplikasi Easy Voice Recorder

  1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi Easy Voice Recorder melalui Google Play Store.
  2. Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pada tampilan awal aplikasi, akan muncul notifikasi pop up yang meminta izin akses. Berikan izin akses untuk aplikasi dengan klik tombol Izinkan.
  4. Nantinya kamu akan langsung dibawa ke halaman utama aplikasi tersebut. Lakukan pengaturan terlebih dahulu pada aplikasi untuk menyesuaikan fitur pada aplikasi dan agar hasil rekaman suaranya lebih bagus.
  5. Jika sudah, sekarang mulau melakukan rekaman dengan klik tombol Microphone Merah yang ada di bagian bawah tampilan.
  6. Rekaman suara akan dimulai, lakukan perekaman suara sekarang. Kamu juga bisa melakukan pause dan lanjut merekam dengan menekan tombol yang sama. Dan juga menghentikan rekaman suara dengan tekan tombol yang sama pula.
  7. Jika sudah selesai merekam, selanjutnya simpan file hasil rekaman dengan klik ikon Centang yang ada di sebelah tombol Rekam tadi.
  8. Selesai.

Kamu masih bisa melihat daftar hasil rekaman suara langsung di dalam aplikasi. Pada adftar rekaman suara tersebut nantinya bisa kamu lakukan pengditan, menghapusnya atau juga membagikannya langsung ke platform lain.

Penutup

Itulah tadi cara rekam suara di Xiaomi yang mudah dan praktis yang bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Rekam Suara di VIVO dengan dan Tanpa Aplikasi
Artikel SelanjutnyaCara Rekam Suara di OPPO dengan dan Tanpa Aplikasi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini