Cara Rekam Suara di OPPO dengan dan Tanpa Aplikasi

36
Cara Rekam Suara di OPPO
Cara Rekam Suara di OPPO

Cara Rekam Suara di OPPO – Berbicara mengenai HP android, sebagian besar masyarakat kita pasti sudah sangat mengenalinya. Tidak heran karena memang sekarang ini HP android seakan menjadi perangkat elektronik paling dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. HP android memungkinkan untuk digunakan memudahkan berbagai aktivitas harian, termasuk juga dalam hal menjalankan bisnis. Tidak hanya itu saja, HP android juga bisa menjadi hiburan terbaik saat lagi bosan dan tidak tahu ingin melakukan apa. Misalnya saja dengan mengakses media sosial, nonton film, hingga bermain game, semua bisa dilakukan di HP android.

Cara Rekam Suara di OPPO
Cara Rekam Suara di OPPO

Telah banyak merek smartphone android yang bisa ditemukan di pasaran saat ini, khususnya di Indonesia. Salah satunya yang cukup banyak diminati adalah HP OPPO yang terkenal dengan inovasinya yang anti-mainstream. HP OPPO hadir dengan desain bodi yang keren dan memukau, serta dengan dukungan fitur lengkap nan canggih di dalamnya. HP OPPO juga ditawarkan dengan harga yang lumayan murah, sehingga kalangan menengah ke bawah pun bisa menjangkaunya dengan mudah. HP OPPO sendiri ada banyak tipenya yang sudah resmi dijual di Indonesia, kamu bisa menemukannya dengan mudah di berbagai toko HP.

Baca Juga:

Banyak fitur yang telah disematkan di HP OPPO, termasuk juga fitur untuk merekam suara. Fitur ini memungkinkan untuk kamu gunakan merekam suara untuk pembuatan video tutorial, rekam suara saat nyanyi, atau bahkan merekam suara saat teleponan. Semua bisa dilakukan dengan mudah memanfaatkan fitur rekaman suara yang disediakan di HP OPPO. Meski begitu, sayangnya masih banyak pengguna yang belum tahu cara rekam suara di OPPO android tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Rekam Suara di OPPO dengan dan Tanpa Aplikasi

Untuk merekam suara di HP OPPO, kita bisa melakukannya dengan memanfaatkan fitur bawaan atau dengan memasang aplikasi pihak ketiga di dalamnya. Kamu bisa pilih cara mana saja yang ingin diterapkan, yang mana cara-cara tersebut sama mudahnya untuk dilakukan. Adapun cara rekam suara di OPPO yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Merekam Suara di HP OPPO Tanpa Aplikasi

Merekam Suara di HP OPPO Tanpa Aplikasi
Merekam Suara di HP OPPO Tanpa Aplikasi

Untuk cara yang pertama ini kita akan memanfaatkan aplikasi perekam suara bawaan yang ada di HP OPPO. Melakukannya kamu tidak perlu menginstall aplikasi tersebut secara manual, pasalnya aplikasi tersebut telah ada saat pertama kali kamu mengaktifkan HP tersebut.

Untuk langkah-langkah merekam suara di smartphone OPPO dengan fitur bawaan tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Perekam bawaan yang ada di HP OPPO.
  2. Jika ini baru pertama kali kamu lakukan, maka biasanya aplikasi akan meminta izin akses ke beberapa komponen di HP. Berikan izin akses dengan cara klik tombol Izinkan.
  3. Nantinya kamu akan langsung dibawa ke halaman utama aplikasi Perekam di OPPO. Untuk memulai rekaman suara, kamu tekan tombol Rekam (Bulat Warna Merah) yang ada di bagian bawah tampilan.
  4. Kemudian lakukan perekaman suara sekarang. Kamu juga bisa melakukan pause dan lanjut merekam dengan menekan tombol Pause yang disediakan.
  5. Jika dirasa sudah selesai merekam, selanjutnya hentikan rekaman suara dengan cara menekan tombol yang sama saat akan memulai rekaman suara tadi.
  6. Hasil file audio rekaman suara selanjutnya kamu beri nama sesuai keinginan, kemudian klik Simpan untuk menyimpannya ke memori internal HP.
  7. Selesai.

Hasil rekaman suara tadi akan dimasukkan ke daftar rekaman di dalam aplikasi tersebut. Di sini kamu bisa melakukan pengeditan, pemutaran atau membagikan file hasil rekaman suara tersebut secara langsung dari aplikasi.

2. Merekam Suara di HP OPPO dengan Aplikasi

Merekam Suara di HP OPPO dengan Aplikasi
Merekam Suara di HP OPPO dengan Aplikasi

Sementara untuk cara yang kedua ini kita akan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk merekam suara. Ada banyak pilihan aplikasi rekaman suara yang tersedia secara gratis di Google Play Store. Tinggal kamu pilih salah satu aplikasi rekaman suara yang dianggap paling bagus dan hasil suaranya jernih.

Salah satu rekomendasi aplikasi perekam suara di Google Play Store yang bisa kamu pilih yakni bernama Perekam Suara & Memo Suara. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh Dairy App & Notes & Audio Editor & Voice Recorder dan sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play Store. Aplikasi satu ini diklaim sangat handal untuk digunakan merekam suara, di mana hasil rekaman suaranya sangat jernih dan halus.

Sesuai namanya, aplikasi Perekam Suara & Memo Suara ini juga memungkinkan untuk kamu gunakan merekam catatan atau memo suara. Hasil rekaman suara akan ditampilkan dalam daftar khusus sehingga kamu lebih mudah menemukannya, baik untuk memutar langsung di aplikasi atau mengedit hasil rekaman tersebut dari dalam aplikasi.

  1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi Perekam Suara & Memo Suara melalui Google Play Store.
  2. Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut dengan klik pada ikonnya di layar menu HP OPPO.
  3. Pada halaman awal aplikasi akan meminta sejumlah izin akses. Setujui permintaan izin akses tersebut dengan klik tombol Izinkan.
  4. Jika sudah nantinya kamu akan langsung dibawa ke halaman utama aplikasi.
  5. Sekarang kamu bisa melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu di dalam aplikasi tersebut.
  6. Untuk memulai rekaman suara, kamu tekan tombol Rekam yang ada di bawah tampilan. Kemudian lakukan perekaman suara sesuai keinginan.
  7. Sementara jika dirasa sudah selesai melakukan rekaman suara, selanjutnya kamu tekan tombol yang sama seperti akan memulai perekaman tadi.
  8. Untuk menyimpan hasil rekaman tersebut, kamu tekan pada ikon Centang. Maka hasil rekaman akan langsung dimasukkan ke dalam daftar rekaman, kamu juga bisa mengaksesnya melalui penyimpanan HP.
  9. Selesai.

Sebenarnya masih ada banyak aplikasi perekam suara lain yang bisa kamu temukan dan gunakan secara gratis di Google Play Store. Kamu bisa memilihnya sendiri sesuai keinginan dan kebutuhan pastinya.

Cara Merekam Suara saat Teleponan di HP OPPO

Cara Merekam Suara saat Teleponan di HP OPPO
Cara Merekam Suara saat Teleponan di HP OPPO

Untuk merekam suara panggilan di HP OPPO, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Pasalnya OPPO sudah menyematkan fitur semacam ini untuk melakukan perekaman suara saat panggilan.

Cara 1. Rekam Panggilan Suara Secara Manual

  1. Pertama kamu lakukan panggilan ke nomor tertentu di buku kontakmu.
  2. Saat sudah terhubung, selanjutnya kamu mulai perekaman suara percakapan telepon dengan menekan menu Rekam.
  3. Seluruh percakapan di telepon akan direkam secara otomatis.
  4. Dan rekaman akan berhenti setelah telepon ditutup atau saat kamu menekan tombol Hentikan Perekaman.
  5. Selesai.

Hasil rekaman suara panggilan tersebut akan secara otomatis tersimpan di memori internal HP, lebih tepatnya di folder Rekaman Suara atau Recorder.

Cara 2. Rekam Panggilan Suara Secara Otomatis

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Kontak yang ada di HP OPPO.
  2. Kemudian klik pada submenu Panggilan.
  3. Selanjutnya klik ikon Tiga Titik yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan, kemudian pilih opsi Pengaturan.
  4. Lanjutkan dengan klik pada opsi Rekam Panggilan.
  5. Di sana akan disediakan tiga opsi untuk perekaman suara panggilan secara otomatis, yakni Rekam Nomor yang Ditetapkan (kamu bisa pilih sendiri nomor mana yang ingin direkam saat nelpon), Rekam Nomor Tak Dikenal (hanya akan merekam saat ada telepon masuk dari nomor tidak dikenal) dan Rekam Semua Panggilan (merekam panggilan dari semua nomor).
  6. Kamu pilih salah satu dari ketiga pilihan tersebut sesuai keinginan dan kebutuhan. Saat menelpon, kamu tidak perlu menekan tombol apa pun, karena rekaman suara akan secara otomatis aktif.
  7. Selesai.

Penutup

Itulah tadi cara rekam suara di OPPO android semua tipe yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Rekam Suara di Xiaomi yang Praktis
Artikel SelanjutnyaCara Sembunyikan Video di VIVO Semua Tipe
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini