Cara Registrasi Kartu Axis Tanpa KK, Apakah Bisa?

138
Cara Registrasi Kartu Axis Tanpa KK
Cara Registrasi Kartu Axis Tanpa KK

Cara Registrasi Kartu Axis Tanpa KK – Penggunaan smartphone kurang lengkap jika tidak dipasang kartu operator di dalamnya. Kartu operator ini bisa digunakan untuk perantara saat kita akan melakukan komunikasi dengan pengguna lainnya. Baik itu, komunikasi melalui sambungan telepon, panggilan video, SMS, chat via aplikasi online dan lain sebagainya. Selain itu, pada kartu operator ini kita juga bisa mengisikan kuota paket tertentu di dalamnya, misalnya saja kuota data yang bisa digunakan untuk mengakses internet. Terlebih lagi hampir semua aktivitas di smartphone ini pasti membutuhkan koneksi internet. Dan internet ibaratkan sudah menjadi salah satu kebutuhan paling penting di kalangan masyarakat modern sekarang ini.

Cara Registrasi Kartu Axis Tanpa KK
Cara Registrasi Kartu Axis Tanpa KK

Menggunakan kartu operator di perangkat smartphone android khususnya, kita perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Pemerintah melalui KOMINFO memberlakukan kewajiban bagi semua pengguna kartu operator untuk melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum nantinya kartu tersebut diaktifkan. Untuk registrasi kartu operator ini wajib menggunakan NIK dan juga Nomor KK yang dimiliki oleh masing-masing orang. Untuk NIK sendiri bisa kita temukan di KTP atau eKTP yang kita miliki. Jika tidak memiliki KTP atau eKTP, maka NIK juga bisa dilihat di Kartu Keluarga, yang mana masing-masing anggota keluarga biasa memiliki NIK masing-masing dan berbeda satu sama lain. 1 NIK hanya bisa didaftarkan pada kartu operator sebanyak 3 kali untuk masing-masing provider.

Baca Juga:

Berbicara mengenai registrasi kartu operator, ini berlaku untuk semua jenis operator seluler yang ada di Indonesia, termasuk juga kartu Axis. Seperti yang dikatakan tadi, 1 NIK hanya bisa digunakan untuk registrasi kartu sebanyak 3 kali. Jika kamu ingin menggunakan NIK tersebut untuk registrasi kartu operator baru, maka kamu perlu meng-unregistrasi kartu Axis sebelumnya yang sudah didaftarkan. Registrasi kartu operator dengan NIK dan Nomor KK mungkin menurut beberapa orang cukup menyulitkan. Khususnya mereka yang kehilangan Kartu Keluarga atau alasan lainnya, mencari cara agar bisa registrasi kartu operatornya tersebut tanpa KK. Mengenai cara registrasi kartu Axis tanpa KK, apakah benar bisa dilakukan? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Registrasi Kartu Axis Terbaru yang Benar

Cara Registrasi Kartu Axis yang Benar
Cara Registrasi Kartu Axis yang Benar

Meregistrasi kartu Axis yang ingin digunakan wajib hukumnya untuk dilakukan, sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh pemerintah. Kebijakan registrasi kartu operator ini tujuannya untuk menekan angka kejahatan yang memanfaatkan sambungan telepon untuk mengelabui korbannya. Yang mana masing-masing orang hanya dapat mendaftarkan setidaknya 3 kartu operator saja dengan NIK yang dimilikinya.

Perihal untuk meregistrasi kartu Axis, setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan. Keduanya sama mudahnya untuk diterapkan, cukup kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu dalam meregistrasi nomor Axis. Beberapa cara registrasi nomor Axis selengkapnya, sebagai berikut:

1. Registrasi Kartu Axis Secara Manual

Cara ini bisa dibilang yang paling mudah untuk diterapkan, bahkan tidak memerlukan langkah-langkah yang panjang. Cara ini cocok dilakukan untuk meregistrasi kartu perdana Axis baru. Sebaiknya kamu siapkan NIK dan Nomor KK terlebih dahulu sebelum melakukannya.

  1. Langkah pertama kamu pasang kartu perdana Axis baru ke dalam smartphone.
  2. Pada layar HP, nantinya akan muncul halaman pop up yang meminta kamu untuk meregistrasi kartu Axis. Konfirmasi permintaan registrasi kartu Axis tersebut dengan klik OK.
  3. Selanjutnya kamu masukkan NIK yang ingin digunakan untuk registrasi kartu perdana Axis dan Lanjut.
  4. Kemudian masukkan juga Nomor KK sesuai dengan data NIK yang digunakan tadi, dan klik Lanjut.
  5. Detail NIK dan Nomor KK akan ditampilkan di sana, kemudian konfirmasi dengan klik OK.
  6. Tunggu beberapa saat, nantinya akan ada SMS masuk dari nomor 4444 yang menyatakan kalau kartu perdana Axis sudah berhasil diregistrasi.
  7. Selesai.

Notifikasi pop up ini biasanya akan langsung muncul ketika baru pertama kali memasangkan kartu perdana Axis. Jika memang tidak muncul, maka kamu bisa menggunakan cara di bawah ini untuk registrasi kartu Axis tersebut.

2. Registrasi Kartu Axis Lewat SMS

Cara yang kedua yakni dengan memanfaatkan layanan SMS untuk melakukan registrasi kartu Axis. Cara ini bisa diterapkan di kartu perdana Axis baru atau kartu Axis lama yang belum diregistrasi.

Cara 1. Registrasi Kartu Perdana Axis Baru

  1. Langkah pertama buka menu Pesan di HP.
  2. Kemudian klik menu Tambah untuk mengirim pesan baru.
  3. Isi nomor 4444 pada kolom nomor tujuan SMS.
  4. Kemudian ketik SMS dengan format DAFTAR#NIK#NOMORKK di bagian kolom mengetik pesan.
  5. Selanjutnya klik tombol Kirim.
  6. Tunggu beberapa saat, nantinya akan ada SMS balasan yang menyatakan registrasi sudah berhasil dilakukan.
  7. Selesai.

Cara 2. Registrasi Kartu Axis Lama

  1. Langkah pertama buka menu Pesan di HP Android.
  2. Kemudian klik menu Tambah untuk mengirim SMS baru.
  3. Selanjutnya ketik nomor 4444 pada bagian kolom nomor tujuan SMS.
  4. Lalu pada kolom isi pesan, kamu ketik SMS dengan format ULANG#NIK#NOMORKK
  5. Kemudian klik tombol Kirim.
  6. Tinggal menunggu SMS balasan yang menyatakan kalau registrasi kartu Axis lama sudah berhasil.
  7. Selesai.

Cara di atas tidak akan memotong pulsa milikmu, alias gratis untuk dilakukan. Pastikan kamu telah memasukkan format pesan yang benar agar resgistrasi bisa disetujui.

Cara Registrasi Kartu Axis Tanpa KK, Apakah Bisa?

Cara Registrasi Kartu Axis Tanpa Kartu Keluarga
Cara Registrasi Kartu Axis Tanpa Kartu Keluarga

Dengan alasan tertentu beberapa orang tidak bisa menggunakan Kartu Keluarga untuk melakukan registrasi kartu Axis miliknya. Lantas, apakah registrasi nomor Axis bisa tanpa KK atau Kartu Keluarga? Sayangnya cara ini TIDAK BISA DILAKUKAN.

Pemerintah melalui KOMINFO mewajibkan semua pengguna kartu operator untuk melakukan registrasi dengan menggunakan NIK dan Nomor KK. Kebijakan ini telah diberlakukan sejak 31 Oktober 2017 lalu dan teap berlaku hingga sekarang ini.

Aturan registrasi kartu operator temasuk kartu Axis ini ditujukan untuk menekan aksi penyalahgunaan terhadap nomor pelanggan. Terlebih lagi, kita sering mendapatkan SMS atau telepon penawaran yang tujuannya untuk menipu. Sudah banyak korban yang mendapatkan kerugian karena penipuan lewat SMS atau telepon tersebut.

Penutup

Itulah tadi informasi mengenai cara registrasi kartu Axis tanpa KK beserta alternatif terbaik yang bisa kamu gunakan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengembalikan Pulsa Axis yang Hilang Paling Ampuh
Artikel SelanjutnyaCara Internet Gratis Axis Hitz Terbaru, Terbukti 100%!
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini