Cara Putuskan Koneksi Wifi Smartphone Lain di Android

Cara Putuskan Koneksi Wifi Smartphone Lain – Sebagian besar masyarakat modern sekarang ini sangat tergantung dengan yang namanya jaringan internet. Jaringan internet ini sendiri sudah memberikan banyak sekali kemudahan dan manfaat bagi banyak orang. Mulai dari mempermudah pengguna untuk mencari beragam informasi, sebagai sarana bisnis, untuk hiburan dan masih ada banyak lagi manfaat lainnya. Jaringan internet ini sendiri bisa pengguna akses menggunakan perangkat teknologi, seperti smartphone, PC atau laptop, dan lain sebagainya.

Cara Putuskan Koneksi Wifi Smartphone Lain
Cara Putuskan Koneksi Wifi Smartphone Lain

Berbicara mengenai jaringan internet, Wifi mungkin menjadi salah satu jaringan yang bisa dibilang paling stabil. Sekarang ini sudah ada banyak perusahaan penyedia koneksi Wifi dengan sistem pembayaran bulanan. Jaringan Wifi sendiri biasanya juga tersedia secara umum, misal di teman kota, warung kopi, café dan tempat-tempat keramaian lainnya. Namun, kebanyakan jaringan Wifi dilindungi dengan password sehingga tidak semua orang bisa terhubung dengan jaringan tersebut.

Baca Juga:

Tetapi, jaringan Wifi umum yang disediakan secara gratis biasanya akan banyak pengguna yang terhubung dengannya. Hal ini menjadikan kecepatan koneksi Wifi menjadi menurun karena terbagi untuk banyak pengguna. Pada kondisi seperti ini, terkadang kita ingin memutuskan koneksi Wifi perangkat lain, khususnya smartphone supaya kecepatan koneksinya bisa kita kuasai sendiri. Lantas, adakah cara putuskan koneksi wifi smartphone lain lewat HP android tersebu? Jawabannya tentu ada, informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Putuskan Koneksi Wifi Smartphone Lain di Android

Cara Putuskan Koneksi Wifi HP Lain
Cara Putuskan Koneksi Wifi HP Lain

Semakin banyak perangkat khususnya smartphone yang terhubung ke jaringan Wifi, maka setiap perangkat akan mendapat bagian kecepatan koneksi yang lebih kecil. Ini artinya koneksi Wifi di perangkat akan menjadi lemot, bahkan membuka situs atau aplikasi ringan pun bisa terkesan lama. Apalagi saat ingin memutar video di Youtube atau situs streaming lain, dijamin akan terjadi buffering yang cukup awet.

Ibaratnya jaringan Wifi gratis yang tersedia memiliki kecepatan sebesar 10 Mbps, dan yang terhubung dengan jaringan Wifi tersebut sebanyak 10 perangkat. Maka masing-masing perangkat akan mendapatkan kecepatan koneksi sebesar 1 Mbps. Kecepatan koneksi 1 Mbps mungkin masih terbilang cepat, tapi bagaimana jadinya jika yang terhubung ke jaringan Wifi tersebut lebih dari 10 perangkat? Tentunya pembagian kecepatan koneksi untuk masing-masing perangkat akan semakin kecil, dan yang terjadi jaringan Wifi menjadi lemot.

Inilah akhirnya untuk kamu melakukan tindakan yang bisa dibilang curang, yakni dengan memutuskan koneksi wifi HP android lain. Adapun cara putuskan koneksi Wifi smartphone lain di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi bernama NetCut for Android. Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut di HP androidmu. Pastikan juga HP androidmu sudah terhubung ke jaringan Wifi public.
  • Pada tampilan utama aplikasi, sekarang kamu lakukan langkah pemindaian perangkat terhubung dengan cara klik tombol Scanning. Nantinya akan muncul di layar list perangkat smartphone yang terhubung dengan jaringan tersebut.
  • Untuk mulai memutuskan koneksi Wifi dari smartphone lain, sekarang kamu klik menu CUT.
  • Pilih salah satu perangkat terhubung yang ingin diputus koneksinya. Selanjutnya klik ikon Wifi hingga berubah warna menjadi merah alias OFF. Untuk mengembalikannya, kamu tinggal menekan kembali ikon Wifi hingga berubah warna menjadi biru atau ON.
  • Kamu juga bisa melihat list perangkat android yang sudah kamu blokir koneksinya tadi melalui menu JAIL.

Tidak hanya bisa memutuskan koneksi Wifi HP android lain, aplikasi  NetCut juga bisa kamu gunakan untuk membatasi kecepatan koneksi setiap perangkat. Caranya hampir sama dengan yang di atas, yakni sebagai berikut:

  • Buka aplikasi NetCut for Android.
  • Setelah itu masuk ke menu CUT.
  • Pilih salah satu perangkat yang ingin dibatasi kecepatan koneksinya, kemudian atur Speed dengan cara menggesernya ke kiri atau ke kanan. Di sana juga akan tertera kecepatan koneksi wifi untuk setiap perangkat dalam bentuk persentase.

Cara Mencegah Koneksi Wifi Kita Diputus Oleh Perangkat Lain

Selain mengetahui cara putuskan koneksi Wifi smartphone lain melalui HP android, sebaiknya kamu ketahui juga cara pencegahan koneksi Wifi diputus tersebut. Dengan begitu, koneksi Wifi di HP androidmu akan tetap aman dan tidak bisa diputus oleh perangkat lain. Untuk cara ini kamu juga bisa menggunakan aplikasi NetCut for Android di atas. Ya, selain menyediakan fitur pemutus koneksi Wifi, aplikasi ini ternyata juga dilengkapi dengan fitur pelindung atau Defender.

Adapun langkah-langkah melindungi koneksi Wifi HP agar tidak diputus oleh orang lain selengkapnya, sebagai berikut:

  • Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi NetCut for Android. Selanjutnya hubungkan perangkat HP androidmu ke jaringan Wifi.
  • Sekarang kamu jalankan aplikasi NetCut for Android tersebut.
  • Pada tampilan utama aplikasi, kamu masuk ke menu DEFENDER.
  • Aktifkan fitur tersebut agar koneksi Wifi di HP androidmu terlindungi.

Selain cara di atas, masih ada lagi cara untuk mencegah koneksi Wifi smartphone diputus oleh orang lain yakni dengan mengganti alamat IP HP. Seperti yang kita tahu, aplikasi NetCut memiliki cara kerja memutus koneksi Wifi perangkat lain dengan memblokir alamat IP-nya. Karena itulah, untuk menghindari pemutusan oleh perangkat lain kamu bisa mengganti alamat IP perangkat HP androidmu. Untuk mengganti alamat IP kamu bisa memanfaatkan aplikasi VPN, baik yang gratis ataupun berbayar.

Penutup

Itulah tadi cara putuskan koneksi Wifi smartphone lain dengan HP android bisa kamu terapkan sendiri. Sebaiknya gunakan cara ini dengan bijak agar tidak menimbulkan keresahan bahkan permusuhan dengan orang lain.