Cara Perpanjang SKCK Online Lewat HP Anti Ribet

82
Cara Perpanjang SKCK Online Lewat HP
Cara Perpanjang SKCK Online Lewat HP

Cara Perpanjang SKCK Online Lewat HP – Teknologi sudah semakin canggih, di mana berbagai aktivitas harian pengguna bisa dipermudah dengan kehadiran teknologi baru tersebut. Salah satu buktinya, banyak aktivitas harian yang dulunya hanya bisa dilakukan secara manual, sekarang sudah bisa lebih mudah dengan sistem online. Misalnya saja berbelanja kebutuhan sehari-hari, kita bisa dengan mudahnya membeli produk-produk kebutuhan tersebut via online. Cukup menggunakan perangkat HP misalnya, kemudian mengunjungi marketplace dan produk siap dibeli serta dikirim ke alamat kita.

Cara Perpanjang SKCK Online Lewat HP
Cara Perpanjang SKCK Online Lewat HP

Selain berbelanja, aktivitas lain juga bisa dilakukan dengan mudah berkat sistem online yang dihadirkan. Bagi Anda yang mungkin sedang mencari atau ingin melamar kerja, butuh yang namanya SKCK. Memiliki kepanjangan Surat Keterangan Catatan Kepolisian, surat ini merupakan lampiran wajib ketika ingin melamar suatu pekerjaan. Baik itu ketika ingin melamar kerja di perusahaan ataupun untuk lamaran CPNS. Untuk mengurusnya kamu bisa datang langsung ke kantor Polsek ataupun Polres di tempat tinggal Anda. 

Baca Juga:

Tentu cukup merepotkan jika harus datang langsung ke kantor kepolisian untuk kebutuhan pembuatan atau perpanjangan SKCK. Tahukah kamu? Ada lho cara untuk memperpanjang SKCK secara online tanpa harus datang ke kantor kepolisian. Cara ini tentunya lebih praktis sehingga mengumpulkan surat-surat untuk lamaran kerja bisa lebih cepa. Namun, tentunya ada syarat dan ketentuan perpanjangan SKCK online yang harus kamu penuhi. Penasaran dengan cara perpanjang SKCK online lewat HP tersebut? Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Syarat dan Ketentuan Perpanjangan SKCK Secara Online

Sebelum lanjut ke cara perpanjangan SKCK online lewat HP, perlu kamu tahu dulu apa saja syarat dan ketentuan untuk perpanjangan SKCK tersebut. Hal ini harus kamu penuhi agar proses perpanjangan SKCK secara online bisa berjalan lancar dan cepat. Seperti yang kita tahu, SKCK hanya berlaku selama 6 bulan sejak diterbitkannya. Melebihi waktu tersebut, kamu perlu melakukan perpanjangan ulang SKCK tersebut.

Untuk syarat perpanjagan SKCK ini sendiri dibagi menjadi dua jenis, yakni perpanjangan SKCK untu WNI (Warga Negara Indonesai) dan WNA (Warga Negara Asing). Tentunya syarat dan ketentuan untuk keduanya berbeda satu sama lain. Berikut adalah beberapa syarat perpanjangan SKCK untuk WNI selengkapnya, yakni:

  • Fotokopi KTP dan KTP asli juga ditunjukkan.
  • Fotokopi Kartu Keluarga atau KK.
  • Fotokopi Akte Kelahiran / Ijazah / Kenal Lahir.
  • Fotokopi Paspor.
  • Fotokopi KTP orang terdekat. Ini khusus untuk pemohon yang belum memenuhi syarat untuk membuat atau mendapatkan KTP.
  • 6 Lembar pas foto ukuran 4 x 6 dengan latar belakang foto berwarna merah. Muka di foto harus tampak jelas dan menggunakan pakaian yang sopan.

Sementara untuk kamu yang merupakan warga negara asing atau WNA yang ingin memperpanjang SKCK, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi juga. Adapun beberapa syarat perpanjangan SKCK online untuk WNA tersebut, antara lain:

  • Fotokopi KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) atau KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap).
  • Fotokopi Paspor.
  • Surat permohohan dari penanggung jawab atas WNA, baik itu dari sponsor, perusahaan, atau lembaga.
  • Fotokopi KTP atau Surat Nikah. Ini berlaku jika pemohon merupakan suami/istri dari Warga Negara Indonesia.
  • Fotokopi STM (Surat Tanda Melapor) yang didapat dari kepolosian.
  • Fotokopi IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Asing) yang didapat dari Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia.
  • 6 Lembar pas foto ukuran 4 x 6 dengan latar belakang foto berwarna kuning. Foto harus menampakkan muka secara jelas dan berpakaian sopan.

Catatan: Semua syarat tersebut dibuat dalam bentuk file dokumen hasil scan. Jadi, bukan berbentuk dokumen fisik, melainkan dalam bentuk file virtual yang bisa diakses di perangkat HP ataupun laptop.

Cara Perpanjang SKCK Online Lewat HP Anti Ribet

Cara Perpanjang SKCK Secara Online
Cara Perpanjang SKCK Secara Online

Sudah menyiapkan semua persyaratan perpanjangan SKCK online di atas? Sekarang kamu bisa lanjut ke langkah untuk perpanjangannya. Tidak sulit kok, kamu hanya perlu perangkat HP ataupun laptop yang sudah terhubung ke jaringan internet. Pastikan kamu sudah melakukan pemindaian atau scan pada semua dokumen yang sudah disiapkan tadi.

Selain itu, pastikan juga perangkat yang ingin kamu gunakan untuk memperpanjang SKCK secara online harus punya sinyal internet yang stabil dan cepat. Pasalnya, waktunya terbatas untuk melakukan permohonan mendapatkan SKCK secara online tersebut. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Browser di HP androidmu.
  • Kemudian kunjungi situs resmi SKCK OLINE milik POLRI di alamat ini >> https://skck.polri.go.id/
  • Pada halaman utama situs, selanjutnya kamu klik pada menu navigasi FORM. PENDAFTARAN.
  • Nantinya akan muncul jendela formulir pendaftaran yang harus kamu isi semua informasi yang dibutuhkan.
  • Pada kolom paling atas kamu pilih keperluan untuk pembuatan atau perpanjangan SKCK. Jika keperluan pembuatan SKCK untuk melamar perkerjaan, kamu bisa pilih opsi Polsek. Keterangan untuk keperluan pembuatan SKCK ini bisa dilihat di bagian kanan tampilan layar.
  • Selanjutnya pilih kesatuan wilayah untuk melanjutkan proses pembuatan dan perpanjangan SKCK. Tentuk kesatuan wilayah Polda, Polres, dan Polsek sesuai dengan tempat tinggalmu.
  • Kemudian kamu juga perlu mengisi alamat sesuai KTP.
  • Pada opsi paling bawah, kamu pilih opsi pembayaran perpanjangan SKCK online, apakah ingin membayar secara TUANI di loket atau melalui rekening BRIVA. Kalau sudah, sekarang klik tombol Lanjut.
  • Lengkapi semua data, informasi dan dokumen yang dibutuhkan. Jika dirasa sudah lengkap, maka kamu bisa langsung ke proses pengiriman data.
  • Nantinya akan muncul kode registrasi yang nantinya bisa kamu bawa ketika ingin mengambil SKCK yang sudah selesai dibuat.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi cara perpanjang SKCK online lewat HP yang paling mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaAplikasi Podcast Creator Terpopuler 2020
Artikel SelanjutnyaCiri Aplikasi Pinjaman Uang Online yang Aman dan Terpercaya
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini