Cara Perpanjang Masa Aktif Smartfren Paling Mudah

54
Cara Perpanjang Masa Aktif Smartfren
Cara Perpanjang Masa Aktif Smartfren

Cara Perpanjang Masa Aktif Smartfren – Sebagai pengguna Smartfren, sudah semestinya untuk kamu memperhatikan masa aktif kartu tersebut. Layaknya kartu provider lainnya, kartu Smartfren juga memiliki masa aktif berlaku hingga tanggal tertentu. Jika masa aktif sudah habis atau melebihi tanggal masa aktif yang berlaku, maka kartu Smartfren akan langsung masuk ke masa tenggang. Pada kondisi ini kartu smartfren tidak akan bisa kamu gunakan seperti biasa, baik itu untuk mengakses internet, mengirim SMS, ataupun melakukan panggilan.

Cara Perpanjang Masa Aktif Smartfren
Cara Perpanjang Masa Aktif Smartfren

Masa tenggang kartu Smartfren berlaku selama kurang lebih 1 bulan atau 30 hari. Dalam jangka waktu tersebut kamu harus sudah melakukan perpanjangan masa aktif kartu Smartfrenmu. Karena jika dibiarkan dan melewati waktu masa tenggang yang berlaku selama 30 hari, maka kartu Smartfrenmu akan diblokir. Jika sudah seperti ini, kartu Smartfrenmu tidak akan bisa digunakan lagi. Data nomor Smartfren akan dihapus alias hangus, yang pasti kamu tidak bisa menggunakannya lagi. Jika memang masih memungkinkan, kamu harus datang ke gerai Smartfren kalau ingin mengaktifkannya lagi.

Baca Juga:

Karena itulah, penting sekali untuk terus melakukan perpanjangan masa aktif kartu Smartfren agar tidak sampai diblokir. Untuk melakukan perpanjangan masa aktif ini sendiri bisa dilakukan dengan beberapa metode. Metode bisa dipilih sesuai keinginan, tentunya bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhanmu. Bagi kamu yang belum tahu, berikut cara perpanjang masa aktif Smartfren yang mudah dan praktis bisa kamu simak dan terapkan. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Perpanjang Masa Aktif Smartfren Paling Mudah

Cara Menambah Masa Aktif Smartfren
Cara Menambah Masa Aktif Smartfren

Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk memperpanjang masa aktif kartu Smartfren. Yang pasti cara ini sangat mudah diterapkan bahkan bagi kamu yang masih awam. Adapun cara perpanjang masa aktif Smartfren yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memperpanjang Masa Aktif Kartu Smartfren dengan Isi Pulsa

Cara yang paling mudah dan praktis untuk menambah masa aktif kartu Smartfren yakni dengan melakuka pengisian ulang pulsa. Kamu bisa mengisi pulsa mulai dari nominal Rp 5.000,- untuk mendapatkan tambahan masa aktif kartu. Mengisi pulsa agar mendapatkan tambahan masa aktif ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan mengisi pulsa di konter pulsa, lewat dompet digital, lewat ATM, melalui minimarket dan lain sebagainya.

Penambahan masa aktif kartu Smartfren saat pengisian pulsa berdasarkan pengisian pertama atau yang terpanjang. Misalnya saja kamu mengisi pulsa sebesar Rp 20.000,-, maka akan mendapatkan tambahan masa aktif selama 30 hari. Selanjutnya kamu mengisi lagi pulsa sebesar Rp 5.000,-, di mana seharusnya akan mendapatkan tambahan masa aktif selama 7 hari. Namun, hal ini tidak didapat dikarenakan yang diambil adalah masa aktif terpanjang yakni 30 hari tadi.

Untuk lebih jelasnya mengenai lama masa aktif yang didapat dari setiap nominal pengisian pulsa, di antaranya:

  • Isi pulsa Rp 5.000,- akan mendapatkan masa aktif 7 hari
  • Isi pulsa Rp 10.000,- akan mendapatkan masa aktif 15 hari
  • Isi pulsa Rp 20.000,- akan mendapatkan masa aktif 30 hari
  • Isi pulsa Rp 50.000,- akan mendapatkan masa aktif 60 hari
  • Isi pulsa Rp 60.000,- akan mendapatkan masa aktif 75 hari
  • Isi pulsa Rp 100.000,- akan mendapatkan masa aktif 120 hari
  • Isi pulsa Rp 150.000,- akan mendapatkan masa aktif 150 hari
  • Isi pulsa Rp 200.000,- akan mendapatkan masa aktif 150 hari
  • Isi pulsa Rp 300.000,- akan mendapatkan masa aktif 180 hari
  • Isi pulsa Rp 500.000,- akan mendapatkan masa aktif 240 hari
  • Isi pulsa Rp 1.000.000,- akan mendapatkan masa aktif 360 hari

Catatan: Penambahan lama masa aktif ini bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pihak Smartfren.

2. Memperpanjang Masa Aktif Kartu Smartfren dengan Membeli Paket

Selain cara di atas, alternatif lainnya untuk menambahkan masa aktif kartu Smartfren yakni dengan membeli layanan paket tertentu. Baik itu paket internet, paket nelpon ataupun paket SMS, tentunya bisa kemu sesuaikan dengan kebutuhan. Masa aktif kartu akan langsung didapatkan sesuai dengan jenis layanan paket yang kamu beli.

Misalnya saja kamu membeli paket internet dengan masa berlaku selama 30 hari, maka masa aktif kartu yang didapat yakni selama 30 hari juga. Sementara jika membeli paket internet dengan masa berlaku selama 7 hari, tentunya masa aktif kartu juga akan sampai 7 hari pula.

Tidak perlu melakukan apa pun untuk perpanjangan masa aktif kartu Smartfren dengan pembelian paket ini. Cukup dengan membeli layanan paket melalui aplikasi, dial up atau voucher, maka secara otomatis penambahan masa aktif akan didapatkan.

3. Memperpanjang Masa Aktif Kartu Smartfren dengan Transfer/Minta Pulsa

Di kondisi darurat pulsa, kamu bisa meminta teman atau saudara untuk mengirimkan sejumlah pulsa ke nomor Smartfrenmu. Sekarang sudah disediakan layanan untuk mengirim dan meminta pulsa dari Smartfren, di mana cara ini juga akan menambah masa aktif sesuai dengan nominal pulsa yang dikirim atau diterima. Berbeda dengan provider lainnya, penambahan masa aktif hanya akan didapatkan bagi si pengirim pulsa saja.

Untuk melakukan pengiriman atau permintaan pulsa, kamu bisa menggunakan format SMS khusus yang dikirim ke nomor tertentu. Caranya pun sangat mudah, namun ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Berikut ini format untuk mengirim dan meminta pulsa ke sesama nomor Smartfren bisa kamu gunakan, yakni:

Format SMS untuk Mengirim Pulsa Smartfren

Formart SMS: KIRIM.NomorPenerima.nominalPulsa

Kirim ke: 879

Contoh : KIRIM.081234567890.10000 lalu kirim ke nomor 879

Format SMS untuk Meminta Pulsa Smartfren

Formart SMS: MINTA.NomorPengirim.nominalPulsa

Kirim ke: 879

Contoh : MINTA.081234567890.10000 lalu kirim ke nomor 879

Dari cara di atas, kamu akan mendapatkan nominal pulsa yang bervariasi sesuai dengan nominal pulsa yang ditransfer. Berikut informasi mengenai lama masa aktif kartu Smartfren yang didapatkan sesuai dengan nominal transfer pulsanya, yakni:

  • Nominal pulsa Rp 1-5.000 akan mendapat masa aktif selama 1 hari
  • Nominal pulsa Rp 5001-10.000 akan mendapat masa aktif selama 3 hari
  • Nominal pulsa Rp 10.001-20.000 akan mendapat masa aktif selama 7 hari
  • Nominal pulsa Rp 20.001-50.000 akan mendapat masa aktif selama 10 hari
  • Nominal pulsa Rp 50.001-100.000 akan mendapat masa aktif selama 15 hari

4. Memperpanjang Masa Aktif Kartu Smartfren dengan Beli Paket 1ON+

Dan cara yang terakhir untuk mendapatkan tambahan masa aktif kartu Smartfren yakni dengan membeli paket Paket 1ON+ di aplikasi mySmartfren. Pembelian paket tersebut akan memberikanmu tambahan masa aktif hingga 1 tahun. Ada beberapa jenis paket yang disediakan dengan besaran kuota yang berbeda-beda. Untuk cara pembeliannya sendiri, yakni:

  • Buka aplikasi mySF di smartphone. Pastikan Anda sudah login ke akun mySmartfren menggunakan nomor Smartfren milikmu.
  • Di halaman dasboard akun, kamu klik menu Beli.
  • Kemudian pilih opsi Paket Internet.
  • Cari dan pilih layanan Paket 1ON+. Di sana ada 3 pilihan paket internet yang sama-sama memberikan masa aktif selama 1 tahun.
  • Tinggal pilih salah satunya, kemudian lanjutkan klik Beli Sekarang.
  • Pilih metode pembayaran sesuai keinginan, bisa dengan cara pemotongan pulsa, transfer ATM, menggunakan saldo e-wallet atau yang lainnya.
  • Jika sudah, selnjutnya klik Bayar dan lakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih.
  • Nantinya paket akan langsung diaktifkan dan kartu Smartfrenmu akan langsung mendapatkan tambahan masa aktif selama 365 hari alias 1 tahun.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara memperpanjang masa aktif Smartfren yang paling mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Berhenti Paket Smartfren Terlengkap yang Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Perpanjang Masa Aktif 3 (Tri) Paling Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini