Cara Partisi SD Card Lewat HP Android untuk Pemula

Cara Partisi SD Card Lewat HP – HP android sudah menjadi salah satu perangkat gadget yang paling digandrungi sekarang ini. Perkembangannya terbilang sangat pesat, hingga sekarang ini semakin banyak tipe HP android yang dihadirkan di pasaran. Setiap tipe HP mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda, dan banderol harga yang ditawarkannya pun juga berbeda pastinya. Namun demikian, HP android mudah menjadi yang paling diburu oleh banyak orang.

Cara Partisi SD Card Lewat HP
Cara Partisi SD Card Lewat HP

HP android murah selalu menjadi solusi bagi pengguna yang minim budget. Tetapi sayangnya, hampir semua HP android murah dibekali dengan kapasitas memori internal dan RAM yang terbilang rendah. Hal ini akan membuat HP tidak bisa menginstall terlalu banyak aplikasi di dalamnya. Meski begitu, beberapa pengguna melakukan berbagai cara untuk bisa menambah kapasitas memori internal khususnya. Salah satu caranya yakni dengan menyematkan SD Card.

Baca Juga:

Untuk HP keluaran baru sudah tidak memungkinkan pengguna memindahkan aplikasi terinstall ke microSD atau SD Card. Karena itulah, perlu melakukan partisi SD Card agar memungkinkan microSD diubah menjadi memori internal. Sebagian besar dari kalian mungkin masih belum tahu bagaimana cara melakukan ini. Tidak begitu sulit, berikut cara partisi SD Card  lewat HP android yang paling mudah bisa kamu terapkan.

Cara Partisi SD Card Lewat HP Android untuk Pemula

Cara Partisi SD Card Lewat HP Android
Cara Partisi SD Card Lewat HP

Tidak banyak yang tahu, melakukan partisi SD Card akan membantu menambah kapasitas memori internal serta meningkatkan kinerja RAM. Dengan demikian, kamu memungkinkan untuk menginstall lebih banyak aplikasi dan game dibandingkan sebelumnya. Performa HP juga bakal semakin cepat dan efisien saat digunakan untuk berbagai aktivitas mobile.

Selain itu, dengan partisi SD Card juga memungkinkan kamu menghubungkan aplikasi yang terinstall ke SD Card. Jadi, ibaratnya memori eksternal atau SD Card tersebut dirubah fungsinya menjadi memori internal.

Tipe Format Patisi pada SD Card

Sebelum melakukan partisi SD Card, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa saja tipe format partisi SD Card. Secara fungsi, format partisi SD Card terbagi menjadi 3 tipe, di antaranya:

  • Format FAT32. Tipe format satu ini ada yang paling familiar digunakan, yang mana fungsinya untuk menyimpan data utama di memori. Misalnya saja, video, foto, audio atau musik dan lain sebagainya.
  • EXT2/EXT3/EXT4. Sebagian dari kalian mungkin masih agak asing dengan tipe format patisi satu ini. Fungsinya sendiri untuk menghubungkan atau memindahkan aplikasi terinstall di memori internal ke memori eksternal.
  • Linux Swap / Swap. Dan untuk tipe yang terakhir difungsikan untuk meningkatkan performa kinerja RAM.

Cara Partisi SD Card Tanpa PC

Setelah mengetahui beberapa tipe format partisi pada SD Card di atas, sekarang lanjut ke cara partisi SD Card lewat HP android. Selain menggunakan HP android, melakukan partisi SD Card juga bisa kamu lakukan melalui perangkat PC atau laptop. Namun, langkah-langkahnya terbilang rumit. Apalagi bagi kalian yang tidak mempunyai PC atau laptop, pastinya lebih susah lagi untuk menerapkan cara ini.

Untuk melakukan partisi SD Card melalui perangkat HP android kita masih membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Setidaknya ada 2 jenis aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membantu partisi SD Card, yakni menggunakan CWM Recovery dan Aparted. Mengenai langkah-langkah selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

1. Menggunakan CWM Recovery

CWM Recovery merupakan salah satu aplikasi yang berfungsi untuk memindahkan aplikasi terinstall ke SD Card atau yang dikenal dengan Link2SD. Namun, untuk bisa menggunakan aplikasi ini kamu memerlukan akses root di HP android. Berikut langkah-langkah partisi SD Card melalui CWM Recovery, yakni:

  • Langkah pertama kamu download aplikasi CWM Recovery di HP android yang sudah diroot.
  • Jika sudah, sekarang lakukan Restart atau matikan HP android. Masuk ke Recovery Mode dengan cara menekan kombinasi tombol Power + Home + Volume Up selama beberapa detik hingga muncul tampilan di layar.
  • Pilih opsi Apply Update From SD Card, lalu pilih CWM Recovery yang sudah kamu download tadi.
  • Selanjutnya kamu masuk ke opsi Backup Restore, kemudian pilih Backup. Tunggu proses backup hingga selesai, lama tidaknya waktu backup tergantung data yang tersimpan. Jika sudah, sekarang lakukan Reboot. Agar lebih aman kamu bisa memindahkan data yang ada di SD Card ke perangkat lain.
  • Sekarang masuk ke Recovery Mode lagi seperti cara di atas. Pada halaman tersebut kamu pilih Advanced, lalu pilih Patition SD Card.
  • Kamu bisa mengatur kapasitas file pada format partisi EXT, pastikan jangan melebihi dari 50%.
  • Pada bagian Swap Size harus kamu kosongkan, selanjutnya tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Jika partisi SD Card sudah berhasil, maka akan muncul tulisan Patition Completed. Selanjutnya lakukan Reboot HP android.
  • Selesai, SD Card sudah berhasil di partisi.

2. Menggunakan Aplikasi Aparted

Selain CWM Recovery, aplikasi alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk partisi SD Card lewat HP yakni Aparted. Selain bisa mempartisi SD Card, aplikasi Aparted juga punya fungsi lain, yakni memformat SD Card dan juga memperbaiki SD yang error atau rusak. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Aparted juga mengharuskan kamu melakukan rooting smartphone agar penggunaannya lebih maksimal.

Sebelum melanjutkan, pastikan terlebih dahulu SD Card yang ingin dipastisi sudah dalam keadaan unmounted. Untuk melakukannya cukup dengan masuk ke menu Settings >> Storage >> pilih unmount SD Card. Selain itu, pastikan juga kamu sudah menginstall aplikasi Busybox di HP androidmu. Jika semuanya sudah dilakukan, lanjut ke langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi Aparted di HP androidmu.
  • Pada tampilan utama aplikasi kamu tap tombol + yang berwarna hijau sebanyak 3 kali klik.
  • Sekarang kamu perlu mengatur tipe format partisi pada SD Cardnya. Pada Partisi 1 kamu ubah ke format FAT32, Partisi 2 diubah menjadi format Ext2, dan Partisi 3 dijadikan format Swap. Kamu juga perlu mengatur kapasitas atau ukuran untuk setiap partisi dengan menggeser scrollnya.
  • Selanjutnya kamu klik Tombol Menu, lalu tekan Apply Changes untuk menyimpan pengaturan partisi pada SD Card di atas.
  • Akan muncul notifikasi untuk konfirmasi, tekan OK untuk menyetujuinya.
  • Kamu tinggal menunggu proses partisi SD Card hingga selesai.

Setelah melakukan partisi SD Card, sekarang kamu sudah bisa memindahkan aplikasi di memori internal ke SD Card. Dengan begitu, ruang di memori internal akan lebih luas dan memungkinkan kamu menginstall lebih banyak aplikasi atau game. Salah satu cara termudah untuk memindahkan aplikasi ke SD Card yang sudah dipartisi yakni dengan menggunakan aplikasi LINK2SD.

Penutup

Itulah tadi cara partisi SD Card lewat HP android yang paling mudah bisa kamu terapkan sendiri. Untuk melakukan cara di atas kamu harus melakukan rooting HP terlebih dahulu. Perlu kamu tahu, melakukan rooting HP akan membuat keamanannya sangat rentan. Semoga informasi di atas bermanfaat .

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Cara Menghubungkan IG ke FB Lewat HP Android

Cara Menghubungkan IG ke FB - Seperti yang kita tahu, Instagram secara resmi diakuisisi oleh perusahaan ternama Facebook Inc. Jadi, secara otomatis...

Cara Download DU Recorder Versi Lama di HP Android

Download DU Recorder Versi Lama - Dewasa ini HP android sudah dibekali dengan beragam fitur keran dan canggih. Fitur-fitur tersebut membuatnya semakin...

Aplikasi Lokasi GPS Palsu Terbaik

Aplikasi Lokasi GPS Palsu Terbaik - GPS atau Global Positioning System merupakan salah satu fitur terpenting yang ada di smartphone baik itu...

Aplikasi CCTV Android Terbaik 2020

Aplikasi CCTV Android Terbaik 2020 - Sebelum kita bahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita ulik sedikit apasih CCTV itu? Closed Circuit Television...

Related news

Cara Menghubungkan IG ke FB Lewat HP Android

Cara Menghubungkan IG ke FB - Seperti yang kita tahu, Instagram secara resmi diakuisisi oleh perusahaan ternama Facebook Inc. Jadi, secara otomatis...

Cara Download DU Recorder Versi Lama di HP Android

Download DU Recorder Versi Lama - Dewasa ini HP android sudah dibekali dengan beragam fitur keran dan canggih. Fitur-fitur tersebut membuatnya semakin...

Aplikasi Lokasi GPS Palsu Terbaik

Aplikasi Lokasi GPS Palsu Terbaik - GPS atau Global Positioning System merupakan salah satu fitur terpenting yang ada di smartphone baik itu...

Aplikasi CCTV Android Terbaik 2020

Aplikasi CCTV Android Terbaik 2020 - Sebelum kita bahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita ulik sedikit apasih CCTV itu? Closed Circuit Television...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini