Cara Panggilan Darurat di HP Android yang Mudah

15
Cara Panggilan Darurat di HP Android
Cara Panggilan Darurat di HP Android

Cara Panggilan Darurat di HP Android – HP android sudah menjadi salah satu perangkat elektronik canggih yang banyak digandrungi sekarang ini. Perangkat tersebut memiliki banyak fitur canggih di dalamnya guna untuk memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. HP android semakin diminati karena harga banderolnya yang cukup murah, bahkan bisa dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah. Meskipun murah, kualitas yang diberikan tidaklah murahan. Spesifikasi yang didukung juga unggulan sehingga mampu menghasilkan performa kinerja yang cepat.

Cara Panggilan Darurat di HP Android
Cara Panggilan Darurat di HP Android

Berbicara mengenai fitur yang disediakan di HP android, salah satunya yang sangat dibutuhkan yakni fitur kunci. Fitur keamanan HP satu ini memungkinkan HP dikunci sehingga tidak dapat diakses oleh orang sembarangan. Pengunciannya sendiri terdiri dari beberapa mode, yakni penguncian menggunakan pola, password, sidik jari atau fingerprint hingga face ID atau pemaindai wajah. Kita bisa memilih salah satu mode penguncian tersebut, namun khusus untuk Face ID dan fingerpri pengguna diharuskan untuk mengaktifkan kunci password atau pola terlebih dahulu agar bisa digunakan.

Baca Juga:

Fitur keamanan lainnya dari HP android yakni Layanan Panggilan Darurat. Fitur ini memang sering dilupakan oleh banyak pengguna, padahal fungsinya sangat penting. Salah satunya adalah menggunakan Panggilan Darurat untuk membuka kunci HP yang lupa, baik itu kunci pola, password, atau yang lainnya. Fungsi lainnya yakni menggunakan Panggilan Darurat untuk menelpon instansi tertentu, seperti polisi, rumah sakit, pemadam kebakaran dan lain sebagainya. Meski begitu, masih banyak pengguna yang belum tahu cara panggilan darurat di HP android tersebut. Informasi selengkapnya mengenai hal tersebut, bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Panggilan Darurat di HP Android yang Mudah

Cara Emergancy Call di HP Android
Cara Emergancy Call di HP Android

Untuk bisa menggunakan fitur Panggilan Darurat, kita perlu mengaktifkan terlebih dahulu fitur keamanan tersebut di HP android. Untuk pengaktifannya ini sendiri berbeda-beda untuk setiap merek dan tipe perangkat smartphone. Yang pasti untuk fungsinya tetap sama dan memungkinkan untuk diaktifkan dengan mudah.

Setelah berhasil diaktifkan, selanjutnya kita bisa menambahkan nomor darurat untuk nantinya digunakan saat melakukan panggilan darurat. Adapun cara panggilan darurat di HP android yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

Langkah 1. Mengaktifkan Fitur Panggilan Darurat di HP

Cara yang pertama yakni mengaktifkan Panggilan Darurat di HP android milikmu agar bisa menggunakan fitur tersebut. Untuk langkah-langkah mengaktifkannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP androidmu.
  2. Kemudian gulir ke bawah, lalu masuk ke opsi Privasi di bagian Keamanan.
  3. Di sana kamu akan melihat beberapa pilihan, selanjutnya kamu klik pada opsi SOS Darurat.
  4. Akan ditampilkan halaman yang berisi informasi mengenai fitur SOS Darurat atau Panggilan Darurat. Kamu baca dulu hingga memahami betul apa itu Panggilan Darurat, cara penggunaan hingga fungsinya. Jika dirasa sudah paham, selanjutnya klik Setuju untuk mengaktifkan fitur tersebut.
  5. Sekarang kamu lakukan pengaturan fitur SOS Darurat tersebut sesuai keinginan. Mulai dari mengaktifkan Akses Cepat Panggilan Darurat, Panggilan Otomatis Nomor Bawaan, dan juga Kirim Pesan SOS. Kamu boleh mengaktifkan atau membiarkannya nonaktif.
  6. Selanjutnya menambahkan nomor darurat dengan klik opsi Nomor Darurat. Kemudian klik Tambahkan Kontak Darurat dan pilih salah satu atau beberapa kontak dari Buku Kontak yang kamu simpan di HP tersebut. Jika sudah memilih, selanjutnya klik tombol Tambahkan yang ada di pojok kanan atas tampilan.

Sampai di sini kita sudah berhasil menambahkan nomor darurat yang nantinya akan digunakan saat panggilan darurat. Kamu juga bisa menambahkan nomor darurat penting, seperti nomor ambulans, polisi, pemadam kebakaran, atau yang lainnya.

Langkah 2. Melakukan Panggilan Darurat

Setelah berhasil diaktifkan, sekarang lanjut untuk untuk cara melakukan panggilan darurat ke nomor darurat yang sudah ditambahkan tadi. Sangat mudah untuk melakukannya, meskipun ini belum banyak diketahui oleh para pengguna. Untuk langkah-langkah melakukan panggilan darurat tersebut, yakni:

Panggilan Darurat saat Layar Terkunci

  1. Langkah pertama kamu hidupkan HP android dengan menekan tombol Power hingga layar kunci ditampilkan di HP.
  2. Selanjutnya usap layar untuk memasukkan password atau layar kunci. Pada tampilan tersebut, kamu akan melihat menu Panggilan Darurat di bagian bawah tampilan. Kemudian klik saja menu Panggilan Darurat Tersebut.
  3. Kamu akan diminta untuk memasukkan nomor darurat yang ingin dipanggil atau ditelepon.
  4. Jika sudah, selanjutnya klik tombol Panggil, maka kamu akan langsung melakukan panggilan ke nomor tersebut.
  5. Selain melakukan panggilan, kamu juga memungkinkan untuk mengirim pesan SOS Darurat ke nomor tadi.
  6. Selesai.

Panggilan Darurat dengan Tombol Power

  1. Sementara untuk cara kedua ini bisa digunakan pada kondisi layar HP terkunci ataupun terbuka.
  2. Untuk melakukannya, kamu hidupkan layar HP seperti biasa. Buka kunci layar jika memang kamu masih bisa masuk.
  3. Selanjutnya tekan tombol Power berkali-kali (hingga 5X), maka nantinya akan tampil halaman untuk melakukan panggilan darurat.
  4. Selanjutnya kamu pilih salah satu nomor darurat yang ingin ditelepon, seketika panggilan akan berlangsung. Sama seperti cara di atas, di sini kamu juga bisa mengirim pesan SOS ke nomor darurat tersebut, di mana pemilik nomor akan menerima data lokasi, rekaman video dan juga audio di sekitarmu.
  5. Selesai.

Cara di atas saya terapkan di HP Realme C3 terbaru. Untuk tipe dan merek HP lainnya bisa jadi berbeda, namun masih mirip dengan cara di atas. Yang pasti kamu bisa mengakses fitur Panggilan Darurat ini di bagian menu Keamanan di Pengaturan atau Settings.

Penutup

Itulah tadi cara panggilan darurat di HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Transfer Pulsa Telkomsel ke ShopeePay di HP
Artikel Selanjutnya7 Aplikasi Tanda Tangan Online di HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini