Warning! Ini Cara Ngecas HP yang Salah Sering Dilakukan

Cara Ngecas HP yang Salah – Hampir semua orang sudah punya yang namanya smartphone android, baik itu kalangan anak-anak, remaja bahkan hingga dewasa. Perkembangan smartphone android ini sendiri terbilang sangat cepat. Hanya butuh beberapa tahun saja, keberadaannya sudah mampu mendominasi penggunaan gadget di seluruh dunia. Apalagi sekarang ini sudah semakin banyak vendor yang berlomba-lomba menghadirkan smartphone android canggih dan ramah dengan pengguna. Harga banderolnya terbilang murah, inilah yang menjadi alasan banyak orang lebih memilih HP android.

Cara Ngecas HP yang Salah
Cara Ngecas HP yang Salah

HP android sendiri dibekali dengan beragam fitur canggih yang mampu memudahkan berbagai aktivitas harian para pengguna. Tidak hanya itu saja, fitur keamanan di dalamnya juga semakin diperbagus. Privasi pengguna pastinya jauh lebih aman sehingga membuat para hacker semakin susah melakukan pembobolan atau penyadapan. Meskipun penggunaannya yang cukup mudah, namun terkadang pengguna salah dalam melakukan perawatan terhadap smartphone androidnya.

Baca Juga:

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan para pengguna android adalah saat melakukan pengecesan. Mungkin menurutnya sudah benar, tetapi ternyata cara tersebut justru membuat umur baterai menjadi semakin pendek. Bahkan parahnya lagi, kesalahan dalam mengecas HP tersebut juga bisa merusak komponen lain pada HP android. Berikut ini beberapa cara ngecas HP yang salah dan tidak jarang sering dianggap benar oleh para pengguna. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Cara Ngecas HP yang Salah Sering Dilakukan Pengguna

Cara Ngecas HP Android yang Salah
Cara Ngecas HP Android yang Salah

Fungsi smartphone yang cukup beragam, membuat penggunaannya semakin sering. Penggunaan smartphone yang semakin sering pastinya akan membuatmu sering pula melakukan pengisian daya baterai. Hal ini sebenarnya sah-sah saja, yang perlu dihindari adalah cara ngecas HP yang salah. Selain bisa merusak baterai, hal tersebut juga bisa berdampak buruk pada komponen HP lainnya.

Adapun cara mengecas HP yang salah dan sering dilakukan oleh banyak pengguna, antara lain:

1. Mengecas dalam waktu semalaman

Mengecas HP ketika akan tidur dan baru mencabutnya saat pagi hari, inilah yang sering dilakukan oleh banyak pengguna. Cara ngecas HP android seperti ini tentu tidak bisa dibenarkan, karena hal tersebut akan berdampak buruk pada smartphone. Hal terparah yang mungkin bisa terjadi yakni baterai HP terjadi korsleting hingga mengakibatkan ledakan parah.

Memang benar hampir semua smartphone android keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan AI canggih, yang maka AI tersebut akan memutus aliran listrik secara otomatis jika baterai sudah terisi 100%. Namun, hal tersebut hanya berfungsi untuk mencegah korsleting listrik yang bisa memicu ledakan smartphone. Jika hal ini dilakukan cukup sering, tentunya akan membuat usia baterai menjadi semakin pendek. Khsususnya untuk smartphone yang berbekal baterai jenis Lithium-Ion, risiko kerusakan pada baterai akan semakin besar. Baterai HP akan berkurang daya penyimpanannya sehingga membuat HP sering mati tiba-tiba.

2. Mengecas sambil memainkan HP

Kesalahan dalam mengecas HP android yang kedua yakni mengecas HP sambil memainkannya. Memainkan smartphone android sembari mengecasnya akan membuat aliran listrik keluar dan masuk secara terus-menerus. Jika dibiarkan maka yang terjadi adalah suhu HP yang meningkat drastis. Bahkan lebih parahnya lagi HP bisa saja meledak karena terjadinya korsleting listrik.

Terutama bagi para gamer online, sebaiknya jangan biasakan mengecas HP sambil memainkan game online. Seperti yang kita tahu, bermain game online akan membuat baterai cepat habis. Jika ini dilakukan sambil mengecasnya, maka risiko kebocoran baterai akan semakin meningkat.

3. Mengecas menggunakan charger lain

Jika ingin baterai HP tetap awet dan tahan lama, sebaiknya hindari kebiasaan mengecas menggunakan charger dari HP brand lain. Karena setiap charger HP sudah disesuaikan dengan kapasitas masing-masing baterai smartphone. Jadi, pengisian daya baterai akan lebih efisien dan aman pastinya.

Berbeda saat kamu mengecas HP menggunakan charger bukan orisinil dari HP tersebut. Yang akan terjadi mungkin pengisian daya menjadi lebih cepat atau justru lebih lambat dari biasanya. Untuk jangka waktu dekat mungkin tidak akan terasa. Namun jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka efeknya akan terasa. Beberapa dampak yang mungkin dialami, seperti baterai cepat sekali habis atau bahkan sering mati tiba-tiba, baterai rusak, hingga kerusakan pada komponen lain.

4. Ngecas HP menggunakan kabel USB

Saat lupa membawa charger HP dan kebetulan ada teman atau justru kamu sendiri membawa laptop, yang dilakukan mungkin akan mengecas HP dengan menghubungkannya ke perangkat laptop tersebut. Ngecas HP langsung dengan menghubungkan HP ke laptop menggunakan kabel USB memang bisa dilakukan. Tetapi, cara ini tentunya salah besar karena bisa menimbulkan banyak sekali dampak negatif terhadap HP.

Karena aliran listrik yang masuk tidak terkontrol atau tidak disesuaikan dengan kapasitas baterai, hal ini justru akan membuat baterai cepat rusak. Kebocoran baterai akan dialami atau bahkan membuat komponen HP lain juga ikut terdampak. Berbeda dengan mengecas menggunakan charger ori HP, aliran listriknya sudah disesuaikan dengan kapasitas dan kebutuhan baterai sehingga membuat pengisiannya semakin efisien.

5. Menaruh HP di sebelah perangkat elektronik lain

Untuk kebiasaan yang satu ini mungkin cukup jarang dilakukan oleh beberapa pengguna HP android. Meskipun tampak sepele, namun mengecas HP dan menaruhnya disebelah perangkat elektronik lain juga akan memberikan dampak negatif. Beberapa hal buruk akan terjadi, salah satunya terjadinya kerusakan pada salah satu komponen dari kedua pengkat.

Misalnya kamu meletakkan HP disebelah televisi, maka yang mungkin terjadi adalah layar televisi akan mengalami kerusakan. Selain itu, kerusakan pada komponen lain juga bisa saja terjadi, baik pada televisi maupun smartphone.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara ngecas HP yang salah harus kamu hindari mulai sekarang. Pasalnya kesalahan tersebut hanya memberikan dampak negatif terhadap smartphonemu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?