Cara Ngecas HP yang Benar! Baterai Jadi Tahan Lama

109
Cara Ngecas HP yang Benar! Baterai Jadi Tahan Lama
Cara Ngecas HP yang Benar! Baterai Jadi Tahan Lama

Cara Ngecas HP yang Benar Baterai Jadi Tahan Lama Baterai merupakan komponen yang sangat penting di dalam smartphone. Karena kegunaan baterai di hp adalah untuk sumber energi untuk menghidupkan daya HP supaya hp bisa di gunakan dengan maksimal. Tanpa baterai, HP tidak akan berfungsi dengan baik dan bahkan tidak bisa digunakan hanya timbul layar hitam. Baterai di HP juga ada 2 jenis yaitu baterai removable yang bisa di lepas pasang dan mudah di ganti baterainya ketika mengalami kerusakan. Sedangkan baterai no removable yaitu baterai yang tertanam di dalam hp, tidak bisa di lepas pasang dan untuk melepasnya membutuhkan bantuan service HP.

Cara Ngecas HP yang Benar! Baterai Jadi Tahan Lama

Zaman Sekarang memiliki HP dengan ukuran baterai yang besar telah menjadi hal yang sangat menguntungkan dan di perlukan karena bisa di gunakan dalam jangka waktu lama. Baterai juga menjadi komponen vital untuk menjadi hal utama menyala atau tidaknya smartphone. Karena itu ketika orang ingin membeli HP baterai menjadi salah satu utama yang harus di perhatikan. Orang biasanya mencari HP dengan baterai yang berkapasitas besar dan pastinya sudah memenuhi standar layak pakai. Tidak jarang juga orang mencari HP yang sudah di lengkapi dengan teknologi fast charging. Tujuan dari itu adalah untuk mendapatkan baterai yang berkualitas dan baterai awet untuk di gunakan.

Baca Juga:

Jenis baterai yang sering di pakai untuk HP adalah baterai Li-Ion, yaitu jenis baterai yang paling banyak digunakan karena memiliki daya tahan siklus yang tinggi dan juga lebih ringan dan tentunya menyediakan kapasitas yang baik. Tapi hal yang paling mendasar dari sebuah awet atau tidaknya baterai adalah bagaimana cara kita mengisi daya. Sebesar atau sebagus apapun kualitas baterai yang kita gunakan, jika masih salah dalam proses isi daya, maka itu akan membuat baterai menjadi soak. Walaupun sudah ada beberapa tipe HP yang menyediakan spare part baterai, tapi kita harus mampu menjaga baterai asli yang pastinya lebih baik dari pada membeli baru.

Cara Ngecas HP yang Benar! Baterai Jadi Tahan Lama

Saat ini sudah banyak sekali Baterai HP dengan kapasitas yang besar. Tetapi tidak ada salahnya kita merawat baterai agar lebih awet dan tidak mudah habis saat di gunakan. Di bawah ini sudah saya rangkum beberapa Cara Ngecas HP yang Benar Baterai Jadi Tahan Lama. Simak penjelasannya di bawah berikut.

1. Memakai Casan Asli

Cara pertama ini adalah yang paling simple yaitu dengan tidak mengganti casan bawaan yang asli dengan casan yang tidak asli. Akibat dari tidak memakai casan asli adalah bisa membuat baterai menjadi boros dan pastinya bisa merusak handphone. Memang ada kalanya kita memakai casan yang bukan asli karena rusak, tetapi usahakan untuk tetap cari casan yang ori meskipun harganya sedikit lebih mahal. Hal ini karena casan asli memiliki kualitas yang bagus menjadikan baterai tahan lama dan tidak mudah soak. Oleh karena itu kalian harus sebisa mungkin gunakan casan asli yang memang sudah ada pada saat pembelian HP, dan tetap menjaganya agar tidak rusak.

2. Jangan Menggunakan Power BankĀ 

Jangan Menggunakan Power Bank

Power bank memang sekarang menjadi penyelamat saat baterai smartphone mau habis. Tetapi, banyak orang menggunakan mengisi daya lewat power bank tidak sedang dalam kondisi sekarat dan memungkinkan untuk menggunakan casan. Arus listrik yang berasal dari power bank tidak sama dengan arus listrik yang berasal dari sumber listrik sebenarnya. Arus yang di hasilkan power bank tidak stabil untuk digunakan mengisi baterai HP dan hanya bisa membuat baterai kamu cepat aus. Akibatnya baterai jadi cepat sekali mati atau drop. Nah sekarang sudah tahu kan dapat menggunakan power bank? maka dari itu kalian harus mengurangi pemakaian power bank ketika tidak di posisi yang darurat.

3. Jangan menggunakan HP ketikan di cas

Menggunakan HP saat masih kita cas akan menimbulkan tingkat temperatur dan tekanan pada baterai. Banyak orang sekarang memakai HP saat di cas, apalagi untuk yang suka main game pasti sering sekali melakukan hal ini. Karena tidak tahan lagi untuk memainkan game, sering sekali tidak sabar untuk menunggu baterai sampai penuh. Hindari hal ini, karena akan menyebabkan baterai HP menjadi cepat soak dan bahkan mengembung. Dengan kata lain daya baterai akan lebih cepat habis ketika kita gunakan dan menjadikan daya baterai tidak cepat mengisi. Oleh karena itu harus sabar menunggu dan, biarkan HP dalam keadaan mati saat di cas agar tidak panas.

4. Jangan Cas Melalui Laptop

Jangan Cas Melalui Laptop

Ketika lagi dalam keadaan darurat tidak ada cara lagi untuk mengisi daya baterai HP selain menggunakan laptop. Boleh saja sebenarnya mengisi daya baterai HP dengan menggunakan laptop, tapi jika keseringan akan menimbulkan akibat yang fatal. Seperti merusak laptop, karena menguras daya laptop itu sendiri akibatnya baterai laptop mudah habis. Jadi tidak hanya baterai HP yang rusak baterai laptop juga akan ikutan rusak, laptop juga memiliki siklus hidup. Selanjutnya merusak baterai smartphone pastinya, arus listrik yang di keluarkan dari USB laptop tidak sekuat casan yang terhubung di stop kontak. Hal ini di karenakan mengisi baterai menggunakan laptop malahan akan lebih lambat.

5. Lepaskan Case HP

Hal ini memang sering sekali di kesampingkan oleh pengguna smartphone karena di anggap tidak akan menimbulkan pengaruh apa-apa. Tapi sayangnya menggunakan case saat HP di cas akan menambahkan temperatur HP menjadi lebih tinggi dan akan mengakibatkan panas. Melepaskan case HP saat di cas bisa membantu HP dan muatan baterai menjadi lebih banyak. Kalau ngecas HP kamu harus terlebih dahulu melepaskan case agar panas pada area bawah HP tidak tertahan oleh karena adanya case. Sehingga menyebabkan suhu HP menjadi dingin, suhu dingin merupakan suhu yang paling efektif untuk perangkat HP. Maka dari itu sangat di anjurkan menggunakan case yang berbahan tipis.

6. Cabut Casan Sebelum Daya 100%

Ketika mengisi daya baterai sampe 100% ternyata akan mengurangi kapasitas dari ketahanan baterai. Baterai HP sebenarnya tidak perlu di cas sampai full, bahkan akan membuat baterai menjadi boros dalam jangka panjang. Banyak orang salah paham, jika kamu mengecas HP sampai 100% kan mengakibatkan baterai menjadi overload dan menurunkan kinerja baterai. Baterai HP juga memiliki siklus pengisian yang tepat yaitu, dalam kondisi baterai pada 80 persen. Tetapi kalian jangan juga melakukan dikit-dikit ngecas HP meski daya belum mencapai titik ideal. Kebiasaan ini akan juga memperburuk kesehatan baterai HP. Jadi, mulai sekarang jangan lagi mengisi baterai sampai 100%, cabutlah casan sebelum baterai penuh.

7. Turunkan Kontras HP

Turunkan Kontras HP

Turunkan kontras HP memang sangat di perlukan untuk proses pengisian dapat berjalan lebih lancar dan cepat. Kenapa ada baiknya kita menurunan kontras layar HP? karena semakin tinggi kontras layar HP akan semakin tinggi daya baterai yang di gunakan. Layar kontras adalah salah satu faktor membuat baterai HP menjadi lebih cepat habis saat kita gunakan. Dengan tidak menerangkan kontras layar HP akan membuat baterai akan terisi menjadi lebih cepat dan tidak akan menimbulkan panas. Meredupkan kontras layar maka sudah dapat di pastikan daya baterai yang di cas tidak akan terganggu.

8. Cas Sebelum Baterai Habis

Cara terakhir adalah cas la HP sebelum baterai benar-benar habis. Berarti kita harus melakukan pengecasan baterai kisaran 20% sampai 40% itulah saat tepat mengisi daya baterai HP. Jangan lagi menunggu baterai habis sampai 0% karena kan mengurangi umur pemakaian baterai HP berkurang.

Penutup

Itulah beberapa Cara Ngecas HP yang Benar Baterai Jadi Tahan Lama sudah kamu simak tentunya. Kalian bisa menerapkan yang mana saja, dan jangan lupa kalian bagikan artikel ini di sosial media ya. Sampai jumpa lagi.

Artikel SebelumnyaSitus Download Buku Legal dan Gratis
Artikel SelanjutnyaAplikasi Android Terbaik Untuk Lari
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini