Beberapa Cara Mudah Upgrade OS Android 2021

Beberapa Cara Mudah Upgrade OS Android 2021 Android, merupakan salah satu dari sekian OS smartphone yang hingga kini banyak di pakai oleh pengguna. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa sistem operasi Android sering kali melakukan upgrade pada systemnya. Melaksanakan update ini pada smartphone kita memang lah sangat perlu untuk di lakukan. Sebab dengan begitu kita akan bisa mendapatkan fitur serta pembaharuan terbaru dari OS Android berikan kepada setiap pengguna mereka.

Beberapa Cara Mudah Upgrade OS Android 2021

Akan tetapi, update OS ini sendiri sangat lah di pengaruhi oleh setiap vendor smartphone. Yang mana tak semua vendor menyajikan pembaharuan OS pada HP miliknya. Tak sedikit kita lihat pada HP keluaran 1 atau 2 tahun silam kini tak lagi mendapatkan sebuah upgrade pada OS tipe HP tersebut. Hal itu sangat lah wajar. Karena, pada siklus versi OS smartphone memang lah cepat sekali berhenti. Ini di sebabkan oleh banyaknya HP keluaran terbaru di setiap tahunnya. Sehingga system operasi harus terus di perbaharui mengiringi spesifikasi pada ponsel terbaru tersebut.

Baca Juga:

Jadi, apabila kalian membeli sebuah handphone dengan keluaran tipe terbaru, maka di jamin akan mendapatkan OS yang baru juga. Serta juga akan mendapatkan update hingga beberapa tahun mendatang. Tapi tenang saja, bagi kamu yang HP nya udah gak nerima notifikasi pembaharuan lagi, kali ini Bukandroid sudah menyediakan beberapa cara yang dapat untuk anda lakukan. Namun perlu di ketahui pada dasarnya untuk bisa melakukan upgrade OS sendiri memang di perlukannya jaringan internet yang stabil. Jika jaringan tidak stabil, maka bisa terjadi kegagalan pada download upgrade systemnya.

Beberapa Cara Mudah Upgrade OS Android 2021

Beberapa cara yang sudah terangkum di bawah ini tentunya merupakan langkah manual dalam memperbaharui sebuah OS. Jadi berbeda pada notif update pada smartphone yang sudah di klik maka tinggal tunggu download dan proses install selesai. Di sini memang akan ada sedikit langkah-langkah yang harus kamu lakukan sebelum proses unduh firmware dan installasi berjalan.

1. Melalui Website Resmi

Cara pertama yang akan kita bahas kali ini dapat kalian lakukan dengan menggunakan perangkat komputer maupun laptop ya. Dan kemudian pastikan ada aplikasi browser, sebab kita nantinya akan mengunduh sebuah software yang nantinya berguna dalam mengupgrade sistem OS smartphone tersebut. Penting anda ketahui sebelum mencoba cari di bawah ini, pastikan alamat website yang kamu masukin sesuai sama merk HP kamu ya. Misal, kalau milikmu smartphone merk Samsung, maka masuk ke dalam website resminya disini. Begitu juga untuk merk lain seperti Xiaomi atau Vivo, tinggal ketik aja di google biasanya akan tampil di halaman pertama.

Melalui Perangkat Laptop atau Komputer

Langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini ya:

  1. Buka Browser pada laptop atau PC , dan masuk ke Website Wesmi dari Merk HP milikmu. Contoh, samsung
  2. Setelah itu klik menu sejenis Support atau Halaman Dukungan, setiap website tentu penyebutan menu ini sedikit berbeda jadi perlu kamu pahami betul
  3. Kemudian Cari dan Download lah sebuah File OS terupdate dari situs tersebut, bisa juga berupa software Device Management. Untuk brand HP Samsung bisa mengunduh Kies
  4. Lalu Install software Device Management pada perangkat Komputer punya mu,
  5. Jika sudah terinstall maka buka Device Management tadi
  6. Dan carilah perintah Update yang biasanya terletak di bagian menu atas
  7. Ikuti petunjuk yang ada dan tunggu proses hingga Selesai.

2. Melalui OTA (Over The Air)

Kalau metode di atas tadi kamu rasa sedikit ribet, maka melalui OTA adalah jawabannya. Kenapa begitu? Sebab untuk melaksanakan cara ini kita tidak perlu perangkat tambahan layaknya PC. Yang perlu di siapkan hanyalah jaringan yang stabil, oleh karena itu akan sangat di sarankan untuk memakai jaringan Wi-Fi yaa.

Melalui OTA (Over The Air)

Sudah penasaran sama langkah-langkahnya? Yuk simak rangkumannya di bawah ini:

  1. Masuk ke menu Pengaturan pada smartphone milikmu
  2. Gulir ke bawah dan tekan menu Tentang Perangkat atau About Phone
  3. Lanjut dengan menekan Update dan kemudian klik juga menu Sofware Update
  4. Jika sudah maka akan tampil opsi Check now for update atau sejenisnya karena akan sedikit berbeda pada setiap merk HP
  5. Nah, apabila terdapat sebuah pembaharuan OS maka akan ada opsi Install Now, tinggal klik saja
  6. Sampai di sini kalian cukup tunggu proses download dan install sampai Selesai hingga HP melakukan reboot otomatis.

3. Melalui Rooting ROM

Di metode ke 3 ini di perlukan perangkat pendukung seperti komputer atau laptop dalam pengaplikasiannya, jadi siapkan terlebih dahulu sebelum mencoba yaa. Kemudian terdapat beberapa hal yang mesti kamu pastikan juga nih, seperti membackup semua data pada memory internal HP kamu. Sebab melalui cara ini akan menghapus semua file pada penyimpanan internal HP. Dan yang terakhir yaitu, apabila smartphone kamu sudah di root, maka segera lakukan unroot. Karena akses root akan membatalkan metode satu ini.

Melalui Rooting ROM

Jika semua persyaratan tadi sudah terpenuhi, maka lanjut dengan mempraktikan langkahnya berikut ini:

  1. Download dan Install aplikasi Rooting pada perangkat PC kamu melalui situs penyedia pada pencarian google, dan pastikan kalau aplikasi itu sudah kompatible dengan tipe HP milikmu
  2. Sesudah berhasil terinstall maka Hubungkan HP ke Komputer dengan menggunakan kabel USB
  3. Buka Aplikasi Rooting tadi dan mulai lah proses rooting melalui petunjuk yang ada pada app tersebut
  4. Tunggu sampai proses Selesai, maka smartphone akan berjalan menggunakan OS terbaru.

4. Melalui Custom ROM

Cara terakhir ini kita akan menggunakan sebuah custom ROM, yaitu sebuah ROM android yang sebelumnya sudah di modifikasi entah itu fitur hingga tampilannya. Metode ini sendiri sangat cocok di lakukan bagi kamu yang HPnya sudah tidak bisa di upgrade ke versi OS terbaru lagi. Sebab melalui metode flash maka versi Android milikmu dapat di upgrade ke versi lebih tinggi. Akan tetapi, sebelum memulai langkah nya, pastikan smartphone anda sudah dalam keadaan di Root ya. Karena itu merupakan hal yang wajib untuk di lakukan terlebih dulu sebelum memulai langkha-langkahnya.

Melalui Custom ROM

Jika sudah siap memulai cara yang satu ini, mari simak rangkumannya berikut:

  1. Download sebuah file Custom ROM yang kompatible dengan HP milikmu melalui berbagai situs penyedia di google
  2. Setelah itu masuk ke dalam Recovery Mode
  3. Kemudian tekan opsi Wipe Data atau Factory Reset
  4. Kalau sudah maka lanjut tekan Advance dan klik juga Wipe Dalvik Cache
  5. Kembali ke Menu Utama dan pilih Install Zip for SD Card
  6. Cari dan pilih file Custom ROM yang sudah di unduh tadi
  7. Tunggu hingga proses Selesai sampai perangkat melakuakn reboot.

Penutup

Baiklah, itu dia tadi pembahasan kita kali ini mengenai Beberapa Cara Mudah Upgrade OS Android 2021. Semoga dapat membantu teman-teman semua yaa, jangan lupa juga untuk share ke sosial media kamu, terimakasih.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini