Cara Mudah Mempercepat Koneksi Wifi Pada Android

Cara Mudah Mempercepat Koneksi Wifi Pada Android – Seperti yang kita ketahui sekarang bahwa smartphone merupakan salah satu benda yang telah menjadi kebutuhan primer dimana setiap orang merasa wajib memilikinya. Namun, sebuah smartphone tanpa ada nya jaringan internet bukan lah apa – apa, yang mana biasanya kita memakai jaringan berbentuk data dan juga wifi untuk bisa mengakses dunia maya. Dari kedua bentuk jaringan internet tersebut memang lah masing – masing dari mereka mempunyai kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Namun walaupun menggunakan jaringan wifi kita tidak memiliki batas kuota untuk mengakses internet, tetapi terkadang jaringan dari wifi tersebut terasa sangat lemot. Salah satu faktor dari pemasalah tersebut ialah terdapat banyak nya jumlah pemakai wifi.

Cara Mudah Mempercepat Koneksi Wifi Pada Android

Bahkan banyak juga orang yang berpikiran bahwa jaringan lemot tersebut memang berasal dari gangguan maupun kesalahan provider yang mereka gunakan. Penting untuk kalian ketahui juga kalau penyebab suatu jaringan menjadi lambat terkadang juga di sebabkan oleh aspek fisik akses point yang jaraknya berjauhan, memiliki sinyal lemah, dan lain sebagainya. Nah, bagi kamu pengguna smartphone android yang memakai jaringan wifi yang terkadang merasa lemot, sekarang tidak usah lagi cemas, sebab pada artikel ini kita akan mengupas abis bagaimana mempercepat koneksi wifi pada hp android. Saat ini sendiri sebenarnya sudah banyak sekali cara untuk mengatasi koneksi wifi yang lambat untuk ponsel, akan tetapi sayangnya tak semua tips tersebut berjalan dengan lancar.

Baca Juga :

Beberapa tips untuk mengatasi koneksi wifi pada artikel kali ini akan terbagi menjadi dua jenis, cara pertama kita perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga, dan cara kedua yaitu tanpa memakai aplikasi tambahan. Setelah anda memahami perbedaan dari kedua jenis cara nya nanti, penting juga bagi anda untuk mengetahui terlebih dulu alasan atau penyebab dari lemot nya jaringan wifi tersebut, agar kalian nanti bisa memilih cara yang lebih tepat dan jitu dalam hal mengatasi nya. Ada informasi tambahan juga nih yang tidak kalah pentingnya dari yang sudah saya jelaskan tadi, yaitu untuk mempraktekan semua cara di bawah ini tidak wajib memerlukan akses root terlebih dulu, yang mana artinya adalah cara ini akan berjalan lancar pada kalian user root dan non root.

Cara Mudah Mempercepat Koneksi Wifi Pada Android

Tips berikut di bawah ini akan saya berikan sesuai dengan permasalan yang kalian miliki, contoh nya yaitu jika akar masalah terletak pada sistem jaringan ponsel yang terganggu maka sebaiknya saya sarankan untuk menggunakan opsi yang menggunakan aplikasi pihak ketiga. Atau anda juga dapat mengatur router yang anda miliki kalau akar permasalahan nya terdapat disana. Ok tanpa basa – basi lagi silahkan simak beberapa ulasannya berikut ini.

1. Menggunakan Aplikasi WiFi Booster

Menggunakan Aplikasi WiFi Booster

WiFi Booster merupakan satu dari beberapa aplikasi terbaik dalam memberikan layanan untuk bisa meningkatkan kecepatan serta kestabilan koneksi dari Wifi pada smartphone. Semakin lama kamu terhubung ke dalam jaringan wifi maka WiFi Booster ini akan bekerja lebih efisien lagi, sebab ia akan lebih mempermudah dalam hal mengasosiasikan ulang perangkat untuk terhubung dengan akses point router dari wifi yang digunakan. Fitur lainnya kamu juga akan bisa mengetahui informasi lebih lanjut dari jaringan wifi yang di pakai, seperti kekuatan sinyal, keamanan dari jaringan tersebut, frekuensi jaringan, SSID wifi, dan MAC adress. Untuk mendapatkan aplikasi ini kalian bisa mengunduhnya secara gratis pada Google Play Store disini.

2. Memanfaatkan Pengaturan Smartphone

Pada tips kedua ini kita tidak memerlukan aplikasi tambahan dalam hal mempercepat atau mestabilkan jaringan wifi pada hp, yang mana kita cuma akan mengatur opsi – opsi pilihan yang nanti akan bisa melancarkan koneksi wifi tersebut.

Memanfaatkan Pengaturan Smartphone

Berikut di bawah ini langkah – langkah untuk mempercepat koneksi wifi dengan mengatur menu setting pada handphone :

  1. Langkah pertama yaitu membuka menu Pengaturan / Settings pada ponsel.
  2. Lanjut dengan memilih menu Opsi Lainnya / Aditional.
  3. Setelah itu klik pilihan Opsi Pengembang / Developer options. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.
  4. Maka nanti nya akan muncul top up yang mengharuskan anda untuk mengisi verifikasi kode terlebih dulu. Jika sudah mengisi kolom kode, lanjut dengan klik Continue.
  5. Kemudian tinggal anda aktifkan opsi Developer Options dengan cara menekannya 1x hingga nanti akan aktif.
  6. Jika sudah, lanjut dengan menekan opsi Aggresive Wi-Fi to Cellular Handover 1x hingga nanti akan aktif. Pada langkah ini lah yang akan berfungsi untuk meningkatkan kestabilan dan kecepatan koneksi Wi-Fi.

3. Pusatkan Penempatan Router

Pusatkan Penempatan Router

Ada kemungkinan yang sangat besar untuk kamu mendapatkan sinyal wifi yang cukup rendah jika posisi atau penempatan dari Router Wifi itu sendiri berada di sudut rumah maupun jarak yang cukup jauh dari lokasi anda berada. Oleh sebab itu lah, kalian dapat mengatur posisi router tersebut untuk tidak terlalu jauh dari jarak pengguna nya nanti. Saya beri contoh menaruh nya di ruang tengah rumah anda supaya semua orang akan bisa mengakses nya dengan frekuensi yang sama. Kalau memang di kira masalah yang kamu alami tersebut di karena sinyal yang buruk ketika berjauhan dengan router wifi, maka solusi jitu nya yang tepat ia lah untuk mengubah penempatan router tersebut ke tempat yang lebih strategis ketika di pakai jaringannya.

4. Boot Ulang Router Wi-Fi

Boot Ulang Router Wi-Fi

Sama hal nya dengan benda elektronik lainnya, router wifi juga butuh penyegaran agar ia kembali optimal dalam proses sistem yang ia jalankan. Cara ke empat ini kalian cukup hanya melakukan reboot pada router dan juga melakukan pengaturan ulang pada saat paket sudah habis supaya dapat mengoptimalkan kinerja rooter tersebut. Untuk melakukan reset ini sendiri tergolong mudah, kamu cukup menekan lubang tombol terkecil di bagian belakang rooter tersebut dengan mengunakan jarum atau benda kecil panjang yang lainnya. Kalau di rasa perangkat keras router yang kamu miliki sudah jadul, maka alangkah baiknya untuk melakukan reboot 1x dalam 1x hari. Namun jika kamu telah menggunakan perangkat router terbaru, maka cukup 1x untuk 1 minggu saja.

5. WiFi Doctor-Detect & Boost

WiFi Doctor-Detect & Boost

WiFi Doctor-Detect & Boost merupakan salah satu aplikasi utilitas koneksi wifi terbaik sekarang ini. Dimana ia di rancang dengan baik untuk menjalankan suatu sistem mempercepat, menstabilkan, dan juga melindungi data dari pemakainya. Beberapa fitur lainnya yaitu seperti pelacak semua pengguna dalam jaringan Wifi tersebut, perlindungan keamanan pribadi, dan peningkatan kestabilan sistem. Bukan itu saja, bagi anda yang suka mengecek kecepatan download & upload dari wifi, maka dengan memakai apl ini kamu dapat melakukanny hanya dengan satu ketukan saja. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kamu dapat mengunduhnya secara gratis dari dalam Google Play Store disini.

Penutup

Baiklah itu dia tadi 5 cara jitu untuk mempercepat koneksi internet dari wifi yang wajib sekali untuk kalian ketaui dan terapkan jika memiliki masalah terhadap koneksi wifi nya. Seperti biasa ya jangan lupa untuk share artikel ini ke dalam akun sosial media kamu, agar nantinya akan lebih bermanfaat untuk orang lain.