Cara Mudah Membuat Iklan di Instagram

Cara Mudah Membuat Iklan di Instagram – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar instagram ads, dimana kalian akan dapat mempelajari beberapa cara mudah agar bisa membuat iklan di dalam instagram. Karena akan menjadi suatu peluang yang besar untuk anda jika ingin memanfaatkan fitur advertising sosial media yang di sediakan oleh instagram. Dengan 400 juta user yang aktif tiap hari nya akan memberikan anda sebuah kesempatan besar untuk memasarkan produk agar bisa menjangkau banyak konsumen dengan cara membuat kampanye iklan melalui video atau juga foto di instagram. Bentuk iklan di dalam aplikasi instagram terlihat tidak lah jauh berbeda dengan postingan pengguna nya, yang mana dari pihak instagram sendiri telah merancang nya dengan sedemikian rupa supaya tidak terlalu berbeda, yang bertujuan untuk memperbesar peluang bagi pemasang iklan nya.

Cara Mudah Membuat Iklan di Instagram

Instagram ads adalah suatu bentuk iklan atau adversiting berbayar sosial media di instagram untuk bisa menjangkau audience nya sebagai konsumen yang lebih luas dan tertarget. Telah banyak pemasar yang sukses melakukan pemasaran dengan ada nya instagram ads tersebut, yang mana memang banyak pemasar nya memanfaat adversiting sebagai sarana meningkatkan traffic website, brand exposure, mengumpulkan leads baru, dan pemasaran produk lain nya yang mana tindakan tersebut akan meningkatkan usaha yang sedang merasa pasarkan. Perlu untuk anda ingat bahwa instagram ads merupakan suatu platform visual, sehingga iklan yang berbentuk teks tidak bisa menjadi pilihan utama untuk memasang iklan ke dalam instagram. Yang kalian butuhkan yaitu video atau pun gambar agar bisa menarik perhatian para audience dan akan mendapatkan banyak konsumen dengan menggunakan instagram ads.

Adversiting pada instagram sendiri sudah di percaya oleh pengguna nya dalam hal memasarkan produk yang di pasarkan oleh pelanggan pemasar nya. Dari pihak instagram sendiri mengatakan bahwa 70% pengguna nya telah mengatakan kalau mereka menemukan banyak produk baru dari sosial media ini. Dan 30% lain nya mengatakan kalau mereka terinspirasi untuk mencoba memasarkan usaha mereka dan turut memberikan tindakan langsung setelah mereka melihat postingan iklan di dalam instagram. Sama saja dengan facebook ads hanya butuh mengeluarkan sedikit uang agar bisa memasarkan produk sebagai postingan supaya dapat meningkatkan penghasilan usaha dan menambah jumlah pelanggan sebagai konsumen tetap. Bukan itu saja, kalian juga akan dapat mengontrol aktifitas pemasaran dengan penuh serta memantau siapa saja yang melihat dan dapat melihat postingan anda tersebut.

Setelah membaca banyak tentang penjelasan seputar cara kerja, pengertian, jenis serta ketentuan adversiting instagram, maka sekarang lah saat yang di tunggu tunggu oleh kalian. Apa lagi kalau bukan tutorial yang mudah untuk bisa kalian lakukan dengan cara mengikuti langkah demi langkah nya dengan benar. Jika kalian sebelum nya telah mengenal tentang facebook ands, maka tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan cara kerja system instagram ads. Karena, cara untuk bisa membuat instagram ads tidak lah jauh berbeda dari facebook ads. Pada perubahan aturan oleh facebook di tahun 2012 lalu, pengaturan untuk instagram ads dan facebook ads di lakukan dalam suatu platform yang sama. Yang membuat nya berbeda hanya di beberapa klik pada langkah pembuatan nya saja.

Cara Mudah Membuat Iklan di Instagram

Perlu untuk kalian ketahui bahwa untuk bisa membuat dan menyiapkan sebuah iklan pada platform apa pun itu pasti membutuhkan banyak pemikiran, mulai dari tujuan target audience kalian, copywriting yang nantinya akan seperti apa, gambar yang cocok untuk di gunakan, dan aspek lebih seperti berapa ukuran gambar atau juga berapa lama iklan akan berjalan. Oleh karena itu, kali ini saya akan membahas bagaimana cara mudah untuk bisa membuat iklan pada aplikasi instagram melalui langkah demi langkah yang bisa dapat kalian ikuti dengan mudah.

1. Memilih Platform Editor

Kalian bisa membuat iklan ke dalam instagram dengan menggunakan 3 tools pilihan yang ada di bawah ini:

Kalau sudah memilih tool mana yang mau digunakan, langkah selanjutnya yaitu menentukan jumlah iklan yang akan di jalankan sekaligus nanti nya. Sedikit tips dari saya untuk kalian yang bingung memilih tool untuk di gunakan, jika mencari tool yang bisa mengontrol beberapa kampanye iklan dengan akurat maka pilih lah power editor. Tetapi, tool ads manager lebih sesuai dengan sebagian besar kebutuhan seorang pemasar atau marketer. Nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat iklan dengan memakai ads manager dan juga power editor, yang mana kedua tool tersebut memiliki langkah kurang lebih sama.

2. Membuat Campaign Baru

Setelah memilih tools editor yang sesuai, sekarang saat nya pergi untuk membuat sebuah campaign baru. Ikuti langkah langkah di bawah:

Membuat Campaign Baru

  1. Pertama pilih lah menu “Create Campaign”.
  2. Lalu, pada pilihan di opsi “Objective”, kalian bisa memilih ” Click to Website. Dan pada saat mengarah kan mouse ke opsi “Click to Website” akan muncul sebuah popup seperti “Create Ads for Instagram”, agar lebih jelas lihat gambar di atas.
  3. Langkah terakhir, berilah nama ad, ad set dan juga campaign yang nanti nya di buat.

3. Memilih Tujuan Iklan

Instagram Ads akan meminta kalian untuk memilih tujuan dari ads yang di pasang dari daftar pilihan seperti di bawah ini.

  • Conversion
    1. Conversion : menaikkan konversi pada penjualan di website.
    2. Store visits : mengajak pengunjung agar mengunjungi toko langsung atau mengetahui alamat bisnis kalian.
    3. Product catalog sales : secara otomatis akan menampilkan katalog produk berdasarkan dari target pengunjung.
  • Awareness
    1. Reach : menjangkau banyak konsumen atau pengunjung.
    2. Brand awareness : menaikkan brand awareness.
  • Consideration
    1. App Installs : mengajak pengunjung untuk menginstall aplikasi.
    2. Lead Generation : memperbanyak potential customer untuk usaha kalian.
    3. Traffic : membawa pengunjung ke website, untuk meningkatkan visitor.
    4. Engangement : meninggikan engangement suatu post, yaitu seperti comment, page likes, post likes, dan sebagai nya.
    5. Video views : mengajak pengunjung untuk melihat video kalian.

4. Membuat Target Audience

Pada tahap ini penting bagi kalian para pemula untuk menggunakan data yang di punya dan insting yang tepat. Tapi, dengan seiring berjalan nya waktu akan membuat anda terbiasa dengan mempelajari hal ini untuk bisa menentukan target audience ads. Beberapa kategori target audience yang anda jumpai pada tahap ini seperti yang ada di bawah ini.

  • Usia
  • Bahasa
  • Tempat
  • Jenis kelamin
  • Hubungan
  • Bahasa
  • Asal
  • Etnis
  • Pekerjaan
  • Generasi
  • Status keuangan
  • Politik
  • Orang tua
  • Perilaku
  • Minat
  • Koneksi

Pada langkah taget audience ini ada beberapa fitur yang bisa membantu anda dalam penargetan ads agar bekerja lebih efektif, yaitu lookalike audience dan custom audience. Di bawah ini perbedaan dari lookalike audience dan custom audience.

  • Lookalike audience : Fitur ini bisa di artikan bahwa minat mereka sama dengan pelanggan anda. Karena akan memungkinkan ads yang kalian pasang nanti dapat menjangkau pengunjung baru yang punya potensi tertarik dengan produk yang di pasarkan.
  • Custom audience : Fitur ini bisa memungkinkan anda untuk membuat target ads dari data daftar dari pengunjung yang sudah di miliki. Dengan fitur ini juga dapat menjangkau pengunjung yang telah menjadi pelanggan anda bahkan yang pernah berinteraksi dengan ads sebelum nya.

5. Mengatur Penempatan Iklan

Pada langkah ini lah yang membuat perbedaan dari instagram ads dan facebook ads, di mana sebelum nya sudah saya jelas kan atau mungkin kalian sudah mengetahui jika kedua ads tersebut memang pada dasar nya di atur dengan platform yang sama.

Anda akan melihat beberapa pilihan untuk penempatan posisi ads pada opsi “Placement”. Dan untuk opsi “Automatic Placements” akan dapat menampilkan iklan anda pada beberapa platform yang berbeda di bawah naungan facebook, seperti Messenger, instagram, audience network. Kalau kalian ingin iklan di tampilkan untuk platform instagram saja, maka pilih lah opsi “Edit Placements” dan memilih “Instagram” di kategori “Platforms”.

6. Mengatur Jadwal dan Anggaran Iklan

Setelah kalian mengatur posisi iklan pada instagram, maka langkah berikut nya yang tak kalah penting yaitu mengatur jadwal serta budget untuk iklan yang di tampilkan. Ada dua pilihan opsi yang bisa di pilih, yaitu lifetime budget dan daily budget. Berikut di bawah ini penjelasan seputar perbedaan dari lifetime budget dan daily budget yang harus anda tahu.

  • Lifetime budget bisa mengatur iklan anda tetap tayang di waktu yang tertentu berdasarkan jumlah anggaran yang bisa di habiskan pada waktu yang di tentukan tersebut. Contoh nya seperti ini, kalau kalain menagtur iklan akan tayang selama 5 hari denagn anggaran Rp.100.000, maka system lifetime akan mengatur secara otomatis untuk menghabiskan Rp.100.000 selama 5 hari, yang mana arti nya harga tayangan iklan perhari nya dapat menghabiskan anggaran sebesar Rp.10.000 per hari.
  • Sedangkan, daily budget dapat memungkinkan iklan yang kalian pasarkan terus tayang sepanjang hari, yang mana system akan menghabiskan anggaran dengan jumlah yang di isikan pada satu hari penuh. Pada daily budget ini sendiri telah memiliki ketentuan batas minimal anggaran yang bisa di isi, yaitu $1.

Masih pada opsi yang sama untuk mengatur jadwal. Kalian harus mengatur iklan kapan untuk campaign ads di mukai dan berakhir. Terdapat juga fitur seperti “Ad Scheduling” yang bisa membuat iklan kalian tayang pada waktu tertentu dalam sehari hari sesuai dengan jam yang di tentukan.

Pada opsi “Budget & Schedulling” juga daa section seperti “Optimization for Ad Delivery” yang bisa mengatur iklan pada siapa saja akan di tayangkan. Di bawah ini beberapa opsi yang di tawarkan oleh “Optimization for Ad Delivery”.

  • Impresions : Mungkin sudah tak asing bagi kalain yang sering melihat iklan berbaris pada beranda instagram. Opsi ini akan menampilkan iklan ke feed audience dengan batas waktu selama mungkin.
  • Link clicks : bertujuan untuk dapat memperoleh jumlah click dengan banyak yang biasa nya di gunakan untuk produk yang menuju pada website dan tentu denagn harga yang rendah.
  • Daily unique reach : Iklan anda akan di tampilkan pada feed audience dengan jumlah satu kali per hari nya. Yang mana bertujuan agar pengunjung dapat melihat iklan tidak pada hari yang sama atau iklan yang berulang pada hari yang berbeda.

7. Memilih Ukuran Iklan Yang Sesuai

Pada tahap ini terdapat beberapa format iklan yang dapat kalian pilih, yaitu seperti video, image, slideshow, collection, dan carousel. Hanya untuk iklan instagram terdapat pilihan format video, image dan juga carousell. Sedangakn untuk collection dan slideshow bisa kalian coba di facebook ads. Setelah menentukan pilihan format iklan yang sesuai dengan kebuthan anda, maka selanjut nya kalian dapat mengupload video atau gambar untuk di pasang pada iklan.

8. Menghubungkan Iklan Instagram Pada Facebook Page

Langkah selanjut nya adalah menghubungkan facebook pages usaha kalian dengan iklan instagram yang di pasang. Wajib untuk anda menghubungkan akun instagram dengan akun facebook, walaupun anda hanya memasang iklan tersebut pada instagram. Tidak perlu khawatir jika produk yang ingin di pasarkan tidak memiliki sebuah akun di instagram, karena kalian dapat menggunakan iklan instagram melewati facebook pages dengan foto dan nama profil pada facebook yang di gunakan sebagai sebuah identitas.

9. Menuliskan Text, Headline, Call to Action dan Preview

Ketika sudah menghubungkan pages facebook dengan instagram ads yang di buat tadi, maka tambahkan lah text deksripsi dan headline pada iklan yang di pasang. Setelah semua nya selesai maka langkah terakhir yang perlu di lakukan yaitu melihat hasil iklan instagram yang siap untuk di pasarkan, dan setelah anda preview iklan tadi maka saat nya melakukan “Place Order”

Penutup

Ikuti lah beberapa langkah di atas dengan teliti dan benar, agar tidak terdapat kesalahan ketika membuat iklan pada instagram. Seperti biasa nya jangan lupa untuk membagikan artikel ini dengan teman sosial media kamu melalui tombol share di bawah.