4 Cara Merestore File yang Terhapus di Android

Cara Merestore File yang Terhapus di Android – Tidak bisa dipungkiri smartphone android sekarang ini sudah menjadi salah satu gadget paling populer dan banyak diminati. Tidak heran karena fungsi dari smartphone itu sendiri yang cukup banyak dan fleksibel. Tidak hanya sebagai sarana komunikasi, tetapi bisa juga dijadikan sarana bisnis, hiburan atau bahkan untuk mencari informasi.

Cara Merestore File yang Terhapus di Android

Smartphone android keluaran terbaru kebanyakan mengusung spesifikasi mumpuni, misalnya saja ruang penyimpanan internal yang luas. Berbicara memori internal, tidak heran sekarang ini banyak vendor yang memberikannya kapasitas cukup besar. Mengingat kebutuhan pengguna yang semakin banyak dan juga file sistem yang cukup besar memang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar pula.

Baca Juga:

Kebanyakan pengguna sekarang ini menyimpan berbagai file penting di dalam smartphone, mulai dari file foto, video, dokumen dan jenis file lainnya. Tetapi, apa jadinya jika semua atau beberapa file penting tersebut terhapus dari memori? Baik disengaja maupun tidak, yang namanya file penting pastinya semua pengguna tidak ingin kehilangan. Tenang saja, ada kok cara merestore file yang terhapus di android yang bisa kamu terapkan. Penasaran? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Merestore File yang Terhapus di Android Paling Mudah

Sama seperti di laptop atau komputer, file yang terhapus dari memori penyimpanan ternyata masih bisa dikembalikan atau direstore. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang memang diciptakan khusus untuk fungsi tersebut. Tetapi yang perlu diingat, file yang sudah lama terhapus kemungkinan akan lebih susah untuk dikembalikan lagi.

Berikut ini cara mengembalikan file yang terhapus di android yang bisa kamu coba terapkan, di antaranya:

1. Menggunakan Aplikasi Undeleter Recover File dan Data

Cara merestore file yang terhapus di android yang pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang diberi nama Undeleter Recover File dan Data. Seperti namanya, aplikasi bisa digunakan untuk mengembalikan semua jenis file dan data yang sudah terhapus di android. Cara penggunaannya juga cukup mudah, tapi sayangnya aplikasi restore file android ini membutuhkan akses root untuk bisa dijalankan.

Aplikasi yang dibuat Fahrbot ini tersedia dalam 2 versi yakni versi free dan berbayar. Aplikasi versi berayar pastinya dilengkapi dengan fitur yang lebih lengkap. Untuk cara penggunaannya sendiri sebagai berikut:

  • Pastikan smartphone androidmu sudah diroot. Jika sudah, kamu perlu menginstall aplikasi Undeleter Recover File dan Data melalui link ini.
  • Akan muncul notifikasi permintaan akses root, kamu tinggal pilih Izinkan.
  • Untuk mengembalikan file kamu klik opsi Restore File / Restore Data. Kemudian pilih memori atau penyimpanan yang ingin discan.
  • Akan muncul 2 pilihan yakni Journal Scan (scan semua file termasuk foto, video, dokumen, dll) dan juga Deep Scan (hanya scan file yang ditentukan oleh pengguna). Pilih salah satu, kemudian langsung klik Scan.
  • Nantinya akan muncul list file yang sudah terhapus dari memori smartphone. Cari file yang ingin kamu restore, kemudian klik ikon di pojok kanan atas untuk mengembalikannya ke memori.

2. Menggunakan Aplikasi DiskDigger

Cara merestore file yang terhapus di android juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi bernama DiskDigger. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi DiskDigger juga memerlukan akses root agar bisa dijalankan. Untuk langkah-langkahnya sendiri juga sangat mudah, di antaranya:

  • Pastikan smartphone android yang kamu miliki sudah di-root. Jika sudah kamu install aplikasi DiskDigger melalui link ini.
  • Akan muncul notifikasi permintaan akses root, kamu pilih Izinkan.
  • Karena aplikasi ini juga tersedia dalam versi Pro atau berbayar, nantinya kamu akan menemukan notifikasi penawaran Upgrade to Pro. Jika tidak ingin membayar, kamu skip dengan cara klik No Thanks.
  • Selanjutnya cari folder yang merupakan tempat file terhapus sebelumnya, baik di memori internal maupun eksternal. Kemudian pilih format, lalu tekan OK.
  • Tunggu sampai proses scan selesai dilakukan. Jika sudah, nantinya akan muncul list file yang sudah terhapus dari smartphone dan bisa kamu kembalikan lagi. Cari file yang ingin direstore, kemudian klik Save.

3. Menggunakan Aplikasi Recuva

Recuva merupakan salah satu aplikasi restore file dan data terbaik yang bisa diakses melalui laptop atau komputer. Selain bisa mengembalikan file terhapus di laptop atau komputer, aplikasi ini juga bisa kamu manfaatkan untuk merestore file terhapus di android. Bahkan hebatnya lagi, file yang terhapus secara permanen sekalipun bisa dikembalikan oleh aplikasi ini.

Saya pribadi sering menggunakan Recuva untuk mengembalikan berbagai jenis file yang terhapus. Hasilnya sangat memuaskan, hampir 100% terhapus bisa dibaca kembali oleh software ini.

  • Pertama kamu harus menginstall software Recuva terlebih dahulu di laptop atau komputer. Klik link ini untuk mengunduhnya.
  • Setelah berhasil diinstall, berikutnya kamu hubungkan perangkat android ke laptop atau komputer menggunakan kabel data.
  • Setelah terhubung, kamu jalankan software Recuva tadi.
  • Selanjutnya kamu pilih jenis file yang ingin dikembalikan, kemudian pilih juga lokasi penyimpanannya. (pilih drive memori smartphone)
  • Jika menginginkan pemindaian yang lebih luas, kamu bisa beri centang pada Enable Deep Scan. Selanjutnya klik Start untuk memulai scan dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Saat hasil scan sudah muncul, kamu tinggal cari dan klik pada file yang ingin dikembalikan. Klik kanan pada file tersebut lalu klik Recover Shecked.
  • Pilih lokasi file yang diinginkan, kemudian klik OK.

4. Menggunakan Mobikin Doctor

Sama seperti software Recuva, memanfaatkan software satu ini tidak mengharuskanmu melakukan rooting smartphone android. Seperti yang kita tahu, bahaya rooting android sangat banyak dan merugikan pastinya. Berbagai jenis file yang terhapus bisa dikembalikan dengan aplikasi Mobikin Doctor ini, mulai dari file foto, video, dokumen, kontak dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, Mobikin Doctor juga support dengan berbagai jenis perangkat android yang ada saat ini. Adapun cara merestore file yang terhapus di android menggunakan Mobikin Doctor, sebagai berikut:

  • Pertama kamu install software Mobikin Doctor di laptop atau komputer melalui link ini.
  • Jika sudah, jalankan Mobikin Doctor tadi. Jangan lupa hubungkan perangkat android ke laptop atau komputer menggunakan kabel data. Ikuti saja instruksi yang muncul di layar.
  • Selanjutnya kamu pilih ruang penyimpanan yang ingin discan.
  • Nantinya list file yang pernah terhapus akan muncul, kamu tinggal cari dan pilih file yang ingin direstore.
  • Klik Recover untuk mengembalikannya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara merestore file yang terhapus di android paling mudah bisa kamu terapkan. Pilih cara yang menurutmu paling mudah, yang penting file dan data yang terhapus bisa direstore ke memori kembali. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?