Cara Merekam ZOOM di HP Tanpa Aplikasi Paling Mudah

Cara Merekam ZOOM di HP Tanpa Aplikasi – Di masa pandemi sekarang ini memaksa banyak orang untuk stay di rumah. Jika pun harus keluar rumah, maka harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Mulai dari menjaga jarak, memakai masker dan selalu sedia hand sanitizer atau sering mencuci tangan jika memungkinkan. Pandemi juga memperburuk kondisi perekonomian dari sebagian besar kalangan masyarakat. Bagaimana tidak? Mereka banyak yang di-PHK dan beberapa pemilik usaha terpaksa harus tutup.

Cara Merekam ZOOM di HP Tanpa Aplikasi
Cara Merekam ZOOM di HP Tanpa Aplikasi

Tidak hanya berdampak ke perekonomian, pandemi juga berpengaruh besar ke dunia pendidikan. Di mana beberapa sekolah dan universitas disarankan untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar secara daring. Berbicara mengenai sekolah daring, beberapa jenis aplikasi biasanya digunakan. Salah satu jenis aplikasi untuk sekolah daring yakni bernama ZOOM. Aplikasi ini merupakan aplikasi multiplatform, di mana kamu bisa mengaksesnya melalui HP ataupun laptop/PC.

Baca Juga:

Beberapa perkantoran juga banyak yang menggunakan aplikasi ZOOM untuk melakukan meeting atau pertemuan. Berbicara soal aplikasi ZOOM, terkadang kita perlu melakukan perekaman video di ZOOM tersebut. Sayangnya, belum banyak pengguna yang tahu cara merekam di aplikasi ZOOM, khususnya di HP android. Merekam di ZOOM tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. Berikut ini cara merekam ZOOM di HP tanpa aplikasi yang mudah bisa coba kamu terapkan.

Cara Merekam ZOOM di HP Tanpa Aplikasi Paling Mudah

Cara Merekam Layar ZOOM di HP
Cara Merekam Layar ZOOM di HP

Seperti yang dijelaskan di atas, ZOOM merupakan apliasi multiplatform yang memungkinkan untuk diakses melalui platform apa pun. Aplikasi ZOOM sendiri biasanya digunakan untuk rapat atau kelas online. Jadi, seolah-olah semua peserta bertatap muka, hanya saja tatap mukanya melalui layar perangkat HP ataupun laptop.

Ketika rapat atau kelas online sedang berlangsung, mungkin kamu berniat untuk merekamnya. Sangat mudah kok, pasalnya di dalam aplikasi ZOOM ini sudah disediakan fitur khusus untuk melakukan perekaman. Sayangnya, merekam sesi rapat atau kelas online hanya bisa dilakukan oleh perangkat yang bertindak sebagai Host. 

Sebenarnya bagi yang berstatus peserta di ZOOM juga bisa melakukan perekaman selama sesi rapat atau kelas online. Hanya saja, perlu meminta izin dulu pada Host, dan ia akan memberikan izin akses perekaman pada akun ZOOM kamu. Dengan demikian, kamu sudah bisa langsung melakukan perekaman sesuka hati.

Jadi, di sini kamu tidak perlu aplikasi tambahan untuk melakukan perekaman di ZOOM HP android tersebut. Dengan menggunakan fitur khusus dari ZOOM ini hasil rekamannya akan berkualitas layaknya hasil dari aplikasi screen recorder. Adapun langkah-langkah untuk merekam ZOOM di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

  • Pastikan kamu sudah tergabung di sebuah sesi rapat atau kelas online yang ingin direkam secara penuh.
  • Jika kamu seorang Host, maka bisa langsung melakukan perekaman. Akan tetapi jika masih berstatus Peserta, maka harus meminta izin dulu pada Host agar diberikan akses merekam sesi rapat atau kelas.
  • Pada halaman ZOOM tersebut, kamu klik tombol More yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  • Nantinya akan muncul notifikasi pop up di bawah layar, lanjutkan dengan klik tombol Record.
  • Tandanya perekaman di ZOOM sudah dimulai yakni muncul tulisan Recording di sana.
  • Ada dua tombol di sebelah kanan tulisan Recording tersebut, yakni tombol Kotak berarti Stop rekaman dan tombol dua balok sejajar berarti Pause rekaman
  • Sekarang klik tombol Stop untuk mengakhiri rekaman dan hasil video recording akan langsung tersimpan di menu Galeri, lebih tepatnya di folder bernama My Recording.
  • Selesai.

Catatan: Selain harus bertindak sebagai Host dan meminta izin akses rekam bagi Peserta, ada syarat lain untuk bisa merekam di ZOOM. Syarat tersebut yakni akun ZOOM-mu harus berstatus akun ZOOM Pro, Business ataupun Enterprise.

Cara Memberi Izin Akses Fitur Rekam untuk Peserta

Jika kamu seorang Host di sesi rapat atau kelas online ZOOM, perlu memberikan izin akses fitur perekaman tersebut kepada para Peserta. Dengan pemberian izin ini maka para Peserta bisa dengan mudah merekam sesi rapat atau kelas online tersebut. Adapun cara memberi izin merekam kepada Peserta ZOOM selengkapnya, sebagai berikut:

  • Pada tampilan ZOOM dan rapat atau kelas online berlangsung, kamu klik pada menu Manage Participants.
  • Sekarang kamu geser kursor ke arah tampilan atas Peserta yang ingin diberi izin akses merekam.
  • Di sana akan muncul opsi More, kamu klik saja pada opsi tersebut.
  • Kemudian klik pada opsi Allow Record. Secara otomatis Peserta tersebut sudah mendapat izin dan bisa memulai rekaman dengan cara yang sudah dijelaskan di atas.
  • Selesai.

Cara Merekam ZOOM di HP dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Sebenarnya bagi kamu yang berstatus Peserta di ZOOM bisa melakukan rekaman meski tidak meminta izin terlebih dahulu pada Host. Caranya yakni dengan menggunakan aplikasi tambahan di HP android. Aplikasi pihak ketiga yang dimaksud tersebut yakni aplikasi screen recorder.

Ada banyak pilihan aplikasi screen recorder atau rekam layar smartphone yang bisa ditemukan dan diinstall melalui Google Play Store. Kamu bisa memilih salah satu aplikasi yang dianggap paling bagus. Beberapa aplikasi ada yang bersifat premium alias berbayar, artinya kamu perlu berlangganan agar bisa menggunakannya.

Akan tetapi, menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk merekam di ZOOM termasuk tindakan ilegal. Pasalnya kamu tidak memiliki izin dari seseorang yang bertindak sebagai Host di rapat atau kelas online tersebut. Akan tetapi, jika kamu adalah Host-nya maka boleh merekam layar ZOOM menggunakan aplikasi pihak ketiga ini. Mungkin alasannya agar hasil rekaman layarnya semakin bagus dan jernih, serta memungkinkan untuk diedit dengan mudah langsung dari aplikasi perekam layar HP tersebut.

Adapun beberapa jenis aplikasi screen recorder di HP android bisa kamu gunakan, di antaranya:

Penutup

Itulah tadi cara ZOOM di HP tanpa aplikasi yang mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini