Cara Menyembunyikan Chat di WhatsApp yang Ampuh

Cara Menyembunyikan Chat di WhatsApp – WhatsApp merupakan aplikasi chatting terbaik dan terpopuler sekarang ini. Jumlah penggunanya sangat banyak, tidak lain karena suguhan fitur dan kemudahan pengguna dalam menggunakannya. Aplikasi WhatsApp sendiri tidak hanya sekedar aplikasi chatting saja, melainkan juga menyediakan menarik lainnya seperti berbagi cerita melalui foto dan video, serta bisa juga untuk video call-an.

Cara Menyembunyikan Chat di WhatsApp

Terkadang para pengguna juga ingin memberikan privasi yang lebih dari aplikasi WhatsApp tersebut, seperti menyembunyikan status, foto, waktu terakhir dilihat dan informasi pribadi lainnya. Selain itu, terkadang pula ada pengguna yang ingin menyembunyikan chattingannya dengan pengguna lain.

Baca Juga:

Menyembunyikan chattingan di WA bisa dikarenakan oleh banyak faktor, mulai dari pengguna tidak ingin ada orang yang tahu, chattingan bersifat sensitif dan penting atau yang lain sebagainya. Apapun alasannya, buktinya banyak pengguna yang ingin melakukan hal tersebut tetapi tidak tahu bagaimana caranya. Tidak perlu bingung, pada artikel kali ini sudah saya rangkumkan bagaimana cara menyembunyikan chat di WhatsApp paling muda. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Menyembunyikan Chat di WhatsApp Paling Mudah

Sebenarnya cukup mudah untuk melakukan cara menyembunyikan chat di WhatsApp, hanya saja memang tidak banyak yang tahu cara tersebut. Cara ini sendiri bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga atau bisa juga tanpa bantuan aplikasi apapun. Cara kedua mungkin yang paling banyak dipilih karena kita tidak membutuhkan aplikasi untuk melakukannya.

Berikut ini adalah cara menyembunyikan chat di WhatsApp yang mudah bisa kamu terapkan, di antaranya:

1. Sembunyikan Chat di WhatsApp dengan Fitur Arsip

Yang pertama ini adalah cara menyembunyikan chat di WhatsApp tanpa aplikasi yang bisa dibilang sangat mudah. Kita hanya perlu mengarsipkan chat yang diinginkan, maka secara otomatis chat tersebut akan hilang dari halaman chatting alias disembunyikan. Tidak perlu khawatir, chat yang diarsipkan tersebut akan tetap aman sampai nanti kamu mengeluarkannya.

Adapun langkah-langkah mengarsipkan chat di WhatsApp paling mudah, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu buka aplikasi WhatsApp seperti biasa di HP androidmu.
  • Setelah itu, tekan dan tahan salah satu chat yang ingin kamu arsipkan hingga chat tersebut tercentang dan muncul beberapa opsi dibagia atas tampilan.
  • Untuk mengarsipkan chat kamu tinggal klik ikon Arsip yang mirip seperti ikon Download (berbentuk kotak dan ada tanda panah ke bawah).
  • Dengan begitu, chat tersebut akan langsung berpindah lokasi ke menu Arsip alias tersembunyi.

Sekarang chat penting yang ingin kamu privasi sudah tersembunyi dari list chatting utama. Untuk mengaksesnya, kamu bisa menuju ke urutan paling bawah di menu Chatting. Scroll ke bawah hingga kamu menemukan tulisan Diarsipkan. Klik opsi tersebut, di dalamnya kamu akan menemukan chatting yang diarsipkan sebelumnya. Ingin mengembalikannya kembali ke menu chatting utama? Tentu bisa, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp seperti biasa di HP android.
  • Pada menu chat utama WhatsApp, kamu scroll hingga paling bawah list chatting. Di bagian paling bawah sendiri kamu klik tulisan Diarsipkan.
  • Di sini kamu akan menemukan list chat yang sudah kamu arsipkan. Untuk mengeluarkannya dari menu archive, tekan dan tahan pada chat yang ingin dikeluarkan hingga muncul beberapa opsi di atasnya.
  • Setelah itu, klik ikon Buka Arsip Chat (berbentuk kotak dan ada anak panah ke atas).
  • Secara otomatis chat akan kembali ke menu chat utama.

Sering sekali pengguna yang bertanya apakah mengarsipkan chat WhatsApp akan membuatnya terhapus atau tidak. Jawabannya adalah tidak, karena chat hanya dimasukkan ke menu arsip bukan tong sampah. Chat yang diarsipkan akan tetap aman hingga kamu mengeluarkannya kembali. Cara ini sendiri juga bisa dibilang cukup aman karena belum banyak yang mengetahuinya.

2. Sembunyikan Chat di WhatsApp dengan GBWhatsApp

Sebagian dari kalian masih cukup asing dengan aplikasi GBWhatsApp satu ini. Tetapi, bagi pengguna yang suka menggunakan aplikasi atau game mod, pasti sudah kenal dengan aplikasi satu ini. Ya, GBWhatsApp merupakan aplikasi mod WhatsApp yang cukup banyak diminati sekarang ini. Alasannya adalah GBWhatsApp memiliki fitur canggih yang lebih lengkap dibandingkan dengan aplikasi WhatsApp biasanya.

Di dalam GBWhatsApp disediakan berbagai fitur spesial yang pastinya sangat memanjakan penggunanya. Soal fitur privasi juga terbilang lebih baik, salah satunya bisa menyembunyikan chat. Adapun cara menyembunyikan chat di WhatsApp dengan GBWhatsApp selengkapnya, sebagai berikut:

  • Pertama kamu harus mengunduh dan menginstall aplikasi GB WhatsApp terlebih dahulu. Jika masih belum tahu, bisa baca di sini >> Cara Download dan Install GBWhatsApp
  • Pastikan kamu sudah login ke akun WhatsApp pribad. Selanjutnya adalah menyembunyikan chat dengan cara tekan dan tahan chat yang ingin disembunyikan. Setelah itu, klik tiga titik yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih opsi Sembunyikan Obrolan atau Hide Chat.
  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan kunci keamanan, baik berupa Pattern, PIN, atau Fingerprint. Pilih salah satu dan buat kunci sesuai keinginan.

Sekarang chat sudah disembunyikan dari menu chat utama. Untuk mengembalikan chat tersebut sangat mudah, tinggal klik tulisan WhatsApp yang ada di pojok kiri atas lalu masukkan password atau kunci yang sudah dibuat sebelumnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menyembunyikan chat di WhatsApp paling ampuh yang mudah dilakukan bahkan oleh pengguna awam sekalipun. Jangan lupa share ke akun media sosial pribadimu ya?