Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android

Cara Menyembunyikan Aplikasi – Sebagai pengguna HP android, pasti kita punya privasi tersendiri yang tidak diperkanankan untuk dilihat oleh orang lain. Karena itulah, beberapa pengguna biasanya menyembunyikan privasi tersebut agar tidak diketahui orang lain. Misalnya saja sebuah foto atau video, terkadang sebagian pengguna memiliki foto atau video yang sifatnya rahasia yang hanya dialah yang boleh mengaksesnya. Mungkin cukup mudah untuk menyembunyikan foto atau video tersebut. Misalnya dengan menguncinya dengan fitur app lock atau menaruhnya di folder rahasia.

Cara Menyembunyikan Aplikasi
Cara Menyembunyikan Aplikasi

Selain foto dan video, beberapa pengguna terkadang juga punya aplikasi tertentu yang bersifat private atau rahasia. Lantas, apakah bisa aplikasi yang terinstall di HP android tersebut disembunyikan? Jawabannya tentu bisa. Bahkan caranya sama mudahnya seperti kamu menyembunyikan foto atau video. Untuk menyembunyikan aplikasi kamu tentunya masih membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang dimaksud tersebut yakni aplikasi Hidder.

Baca Juga:

Berbicara mengenai aplikasi hidder ini sendiri ada banyak sekali pilihannya. Masing-masing aplikasi pastinya punya keunggulan tersendiri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Selain melalui App Hidder, kamu juga memungkinkan menyembunyikan aplikasi langsung dari sistem setting HP android. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara menyembunyikan aplikasi di smartphone android yang bisa coba kamu terapkan.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android

Soal keamanan privasi pengguna, beberapa vendor smartphone berusaha penuh untuk memberikan fitur-fitur terbaik untuk menunjangnya. Misalnya untuk privasi aplikasi, beberapa produk smartphone sudah dibekali dengan fitur khusus yang memungkinkan untuk menyembunyikannya. Dengan demikian, aplikasi tersembunyi tersebut tidak akan bisa diakses oleh orang lain. Bahkan orang terdekat pengguna sekalipun tidak akan menyadarinya.

Misalnya saja aplikasi chatting yang memuat berbagai percakapan penting dan tidak layak menjadi konsumsi publik. Atau juga Galeri HP yang berisi foto dan video pribadi yang hanya boleh dilihat secara pribadi saja. Tetapi tenang saja, sekarang kamu bisa menyembunyikannya agar tidak dilihat oleh orang lain. Mengenai cara menyembunyikan aplikasi di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Sembunyikan Aplikasi Melalui Pengaturan HP

Sembunyikan Aplikasi Melalui Pengaturan HP
Sembunyikan Aplikasi Melalui Pengaturan HP

Cara yang pertama untuk meng-hidden aplikasi di android yakni dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di sistem pengaturan. Seperti yang saya sebutkan di atas, beberapa produk HP sudah dibekali fitur khusus yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan aplikasi tertentu. Kamu tinggal mengecek fitur ini melalui menu Pengaturan HP android. Atau terkadang juga fitur tersebut diletakkan di layar menu utama HP.

Selain itu, kamu juga bisa menonaktifkan atau men-disable aplikasi agar tidak muncul di layar menu utama HP. Cara ini hanya berlaku untuk aplikasi bawaan HP android yang tidak bisa diuninstall. Untuk menyembunyikan aplikasi dengan cara disable, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Klik pada opsi Aplikasi Terinstall.
  • Cari dan klik pada aplikasi bawaan yang ingin disembunyikan.
  • Dan terakhir klik tombol Disable atau Nonaktifkan.
  • Selesai.

Jika memang kamu ingin menggunakan aplikasi tersebut kembali, maka bisa mengaktifkannya. Langkah-langkahnya masih sama dengan cara di atas, namun kali ini kamu perlu klik pada tombol Aktifkan.

2. Sembunyikan Aplikasi dengan Apex Launcher

Sembunyikan Aplikasi dengan Apex Launcher
Sembunyikan Aplikasi dengan Apex Launcher

Cara yang kedua untuk menyembunyikan aplikasi di android yakni dengan menggunakan aplikasi launcher. Kali ini launcher yang bisa kamu gunakan yaitu Apex Launcher. Tidak hanya berfungsi untuk mengubah tampilan tema HP android, Apex Launcher juga dibekali fitur untuk menyembunyikan aplikasi. Fitur tersebut diberi nama Hidden Apps yang memang fungsinya untuk meng-hidden aplikasi terinstall di android.

Fitur tersebut terbilang sangat baik dalam menjaga keamanan privasi aplikasi pengguna. Selain itu, penggunaannya juga terbilang mudah dan efisien. Adapun langkah-langkah menyembunyikan aplikasi dengan Apex Launcher selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi Apex Launcher di HP androidmu.
  • Jika sudah, kamu terapkan launcher tersebut di HP android.
  • Untuk menyembunyikan aplikasi, pertama kamu klik menu Apex Settings.
  • Akan ada beberapa opsi yang tampil, selanjutnya kamu pilih opsi Hidden Apps.
  • Lanjutkan dengan klik tombol Add Hidden Apps, kemudian beri centang pada aplikasi yang ingin kamu sembunyikan. Kamu juga bisa menyembunyikan beberapa aplikasi sekaligus.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Hide Apps.
  • Secara otomatis aplikasi yang diberi tanda centang tadi akan tersembunyi alias hilang dari layar menu utama HP.
  • Selesai.

3. Sembunyikan Aplikasi dengan Microsoft Launcher

Sembunyikan Aplikasi dengan Microsoft Launcher
Sembunyikan Aplikasi dengan Microsoft Launcher

Tidak beda jauh dengan Apex Launcher, aplikasi Microsoft Launcher juga menyediakan fitur khusus untuk sembunyikan aplikasi terinstall. Fitur tersebut juga diberi nama Hidden Apps yang fungsinya juga sama dengan yang ada di Apex Launcher. Untuk menyembunyikan aplikasi dengan Microsoft Launcher selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama pastinya kamu harus menginstall aplikasi Microsoft Launcher di HP androidmu.
  • Sekarang mulai jalankan launcher tersebut. Pada tampilan utama aplikasi, kamu klik tiga titik yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan. Akan muncul beberapa opsi, selanjutnya kamu pilih opsi Hidden Apps.
  • Selanjutnya kamu klik tombol Hide Apps dan pilih aplikasi mana saja yang ingin kamu sembunyikan.
  • List aplikasi yang disembunyikan juga akan kamu lihat melalui halaman ini.
  • Aplikasi yang sudah disembunyikan masih memungkinkan untuk ditampilkan kembali dengan cara klik Unhide Apps.
  • Selesai.

4. Sembunyikan Aplikasi dengan Nova Launcher

Sembunyikan Aplikasi dengan Nova Launcher
Sembunyikan Aplikasi dengan Nova Launcher

Cara menyembunyikan aplikasi di HP android yang terakhir yakni dengan menggunakan launcher bernama Nova Launcher. Nova Launcher sama populernya dengan aplikasi lancher di atas. Pasalnya, Nova Launcher menyediakan banyak sekali koleksi tema dan ikon keren yang bisa disesuaikan dengan selera pengguna. Dibekali dengan tampilan antarmuka sederhana sehingga membuat aplikasi satu ini sangat mudah digunakan.

Selain bisa membuat tampilan interface HP jadi lebih keren, Nova Launcher juga memungkinkan digunakan untuk menyembunyikan aplikasi. Berbeda dengan launcher di atas, di sini Nova Launcher akan mengganti nama dan ikon aplikasi sehingga orang lain tidak menyadari fungsi asli dari aplikasi tersebut. Untuk langkah-langkah menggunakannya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu install Nova Launcher di HP androidmu.
  • Sekarang tentukan aplikasi mana yang ingin kamu sembunyikan. Tekan dan tahan agak lama, kemudian klik opsi Edit. Sekarang kamu tinggal mengganti nama dari aplikasi tersebut.
  • Tekan dan tahan lagi pada logo ikon aplikasi tadi, kemudian pilih Built In (pilih ikon dari aplikasi terinstall) atau Gallery apps (pilih ikon dari menu Galeri HP). Sekarang kamu pilih ikon yang ingin digunakan untuk aplikasi tersebut.
  • Klik Done jika dirasa sudah. Dengan begitu orang lain tidak akan sadar kalau aplikasi tersebut punya  fungsi lain yang tidak sesuai dengan logo dan ikonnya.
  • Selesai.

Penutup

Mudah kan cara menyembunyikan aplikasi di smartphone android di atas? Sekarang keamanan privasimu akan terjaga sangat baik dengan memanfaatkan salah satu dari aplikasi di atas. Kamu juga tidak perlu lagi khawatir ketika HP-mu dipinjam oleh teman saudara atau bahkan orang tua-mu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.