3 Cara Menyembunyikan Aplikasi di Vivo

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Vivo – Vivo merupakan salah satu brand smartphone asal negeri Tiongkok yang juga cukup populer di Indonesia. Meskipun eksistensinya sekarang ini sudah mulai merosot, namun Vivo masih menjadi HP idaman tersendiri bagi peminatnya. Buktinya, masih banyak pengguna yang menantikan kejutan HP terbaru dari Vivo.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Vivo
Cara Menyembunyikan Aplikasi di Vivo

HP dari Vivo terkenal dengan desainnya yang mewah, serta dengan fitur kamera unggulan. Hasil jepretan melalui HP Vivo sangat berkualitas, bahkan hampir setara dengan kamera DSLR terutama untuk kamera selfie-nya. Didukung pula dengan spesifikasi unggulan lainnya, membuat HP Vivo semakin memanjakan para penggunanya.

Baca Juga:

Sebagai pengguna smartphone khususnya HP Vivo, keamanan tetap menjadi nomor satu. Hampir semua brand HP membekali produknya dengan fitur keamanan yang mumpuni untuk memastikan data serta privasi pengguna tetap terlindungi. Dengan alasan keamanan, beberapa pengguna terkadang juga ingin menyembunyikan aplikasi yang diinstall di HP-nya. Lantas, bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

3 Cara Menyembunyikan Aplikasi di Vivo

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo
Cara Menyembunyikan Aplikasi di Vivo

Untuk meng-hidden aplikasi di Vivo tidaklah sulit, karena Vivo sudah membekali fitur khusus untuk smartphonenya. Fitur ini memungkinkan pengguna menyembunyikan aplikasi yang diinginkan tanpa aplikasi apapun. Akses root juga tidak dibutuhkan, karena memang penggunaannya yang instan. Selain memanfaatkan fitur hide apps, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi hide khusus melalui Google Play Store. Untuk cara-caranya sendiri, sebagai berikut:

Cara Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Root dan Tanpa Aplikasi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, untuk cara menyembunyikan aplikais di Vivo kita tidak membutuhkan akses root dan juga aplikasi tambahan. Caranya cukup mudah bahkan bisa dilakukan oleh pengguna awam sekalipun.

  1. Langkah pertama kamu klik pada menu bezel atau tepi kiri layar pada Homescreen.
  2. Nantinya bakal muncul beberapa menu Settings umum, kamu klik pada menu Hide Icon untuk menyembunyikan aplikasi.
  3. Selanjutnya kamu akan diminta untuk membuat kunci berupa PIN ataupun Pattern. Fitur ini akan melindungi aplikasi yang disembunyikan agar tidak dibuka sembarangan oleh orang lain.
  4. Setelah itu, kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin dihidden atau disembunyikan. Secara otomatis aplikasi terpilih akan masuk ke list aplikasi di menu Hide Icon.
  5. Jika sudah, selanjutnya klik pada opsi Encryption Settings. Untuk membuka aplikasi yang disembunyikan, kamu perlu memasukkan kunci PIN atau pattern yang sudah dibuat sebelumnya.
  6. Sampai di sini, ikon aplikasi di layar menu akan secara otomatis hilang karena sudah disembunyikan.

Fitur ini hanya tersedia pada FunTouch OS yang merupakan sistem operasi modifikasi Android yang dimiliki oleh brand Vivo. Fitur tersebut selain mampu menjaga privasi pengguna, juga sangat mudah untuk digunakan.

Cara Sembunyikan Aplikasi di Vivo dengan Apex Launcher

Selain menggunakan fitur bawaan, cara menyembunyikan aplikasi di Vivo juga bisa dengan memanfaatkan aplikasi khusus. Kali ini kamu bisa menggunakan aplikasi launcher bernama Apex Launcher. Apex launcher sejatinya merupakan aplikasi launcher yang berfungsi untuk mengkustomisasi tampilan layar smartphone. Apex Launcher menyediakan berbagai tema menarik yang bisa diterapkan di HP Vivo agar tampilannya beda dari yang lainnya.

Selain mempercantikan tampilan layar, Apex Launcher juga membawa fitur Hidden Apps yang memungkinkan pengguna menyembunyikan aplikasi. Cara penggunaannya cukup mudah, yakni sebagai berikut:

  1. Langkah pertama kamu perlu menginstall aplikasi Apex Luncher di HP Vivo-mu. Install seperti biasa, lalu aktifkan launcher tersebut.
  2. Jika sudah, di layar Homescreen akan terdapat ikon Menu Apex yang berisi beberapa menu dari launcher tersebut. Klik menu Apex, kemudian klik pada opsi Hidden Apps.
  3. Pada halaman Hidden Apps, kamu bisa menambahkan aplikasi yang ingin disembunyikan dengan cara klik tombol ADD HIDDEN APPS.
  4. Selanjutnya berikan tanda Centang atau Ceklist pada aplikasi yang ingin disembunyikan.
  5. Jika sudah, lanjut dengan klik tombol HIDE APP. Secara otomatis aplikasi yang sudah dipilih tadi akan disembunyikan dari layar menu.

Jika kamu ingin mengembalikan aplikasi yang disembunyikan, tinggal buka Menu Apex kembali, lalu masuk ke opsi Hidden Apps. Nanti akan muncul list aplikasi yang dihindden, untuk mengembalikannya kamu tinggal klik tombol UNHIDE.

Cara Hide Aplikasi di Vivo dengan Nova Launcher

Hampir sama dengan Apex Launcher, aplikasi launcher satu ini juga dibekali fitur untuk menyembunyikan aplikasi di dalamnya. Fitur tersebut diberi nama App Drawer yang memang difungsikan untuk menghilangkan aplikasi. Hanya saja fitur tersebut hanya tersedia pada Nova Launcher Prime alias berbayar.

Meskipun menggunakan aplikasi Nova Launcher versi gratis, kamu masih bisa kok menyembunyikan aplikasi di Vivo. Caranya adalah dengan mengganti nama serta ikon dari aplikasi. Dengan begitu, orang lain tidak akan curiga dengan aplikasi yang berkamuflase tersebut. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  1. Langkah pertama kamu perlu menginstall aplikasi Nova Launcher, lalu aktifkan aplikasi tersebut.
  2. Pada layar menu, kamu tentukan mana aplikasi yang ingin disembunyikan. Dalam hal menyembunyikan aplikasi kali ini bukan dengan cara menghilangkan ikonnya, melainkan mengedit nama beserta nama aplikasi.
  3. Tekan dan tahan pada aplikasi yang ingin disembunyikan hingga muncul beberapa opsi.
  4. Selanjutnya pilih ikon Pensil pada menu opsi yang muncul tadi.
  5. Di sini kamu bisa mengganti nama aplikasi sesuai yang kamu inginkan. Selain itu, untuk mengubah ikon aplikasi kamu bisa klik pada gambar ikon. Nantinya akan muncul setidaknya 3 pilihan yakni Built In (mengganti ikon aplikasi dengan cara menduplikat ikon aplikasi lain yang ada di HP), Gallery App (mengambil gambar yang ada di galeri untuk dijadikan ikon), dan Get More Themes (mendownload gambar atau theme melalui Google Play Store).
  6. Jika sudah diganti semua nama dan ikonnya, terakhir klik tombol Done. Secara otomatis nama serta ikon aplikasi akan berubah sesuai settingan yang kamu lakukan tadi.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menyembunyikan aplikasi di Vivo yang paling mudah bisa kamu coba terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.