Cara Menyembunyikan Aplikasi di OPPO Tanpa Aplikasi

34
Cara Menyembunyikan Aplikasi di OPPO
Cara Menyembunyikan Aplikasi di OPPO

Cara Menyembunyikan Aplikasi di OPPO – Di HP android pengguna dimungkinkan untuk menginstall berbagai jenis aplikasi di dalamnya. Aplikasi ini sendiri bisa didownload dengan mudah dan gratis melalui Google Playstore. Atau bisa juga mengunduh aplikasi android tersebut melalui situs penyedia aplikasi android lainnya di internet. Ada banyak jenis aplikasi yang bisa kamu pasang, dan semuanya memiliki fungsi masing-masing. Beberapa aplikasi gratis di dalamnya juga menyediakan fitur atau item premium, di mana ini hanya bisa digunakan oleh pengguna berbayar saja.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di OPPO
Cara Menyembunyikan Aplikasi di OPPO

Berbicara mengenai aplikasi android, mungkin kamu punya aplikasi rahasia di HP sehingga tidak ingin diakses oleh orang lain. Apa pun jenis aplikasinya, setiap orang memang memiliki batas privasi tersendiri, termasuk dalam penggunaan smartphone android. Agar tidak diakses oleh orang lain, aplikasi di HP android ini bisa kamu sembunyikan atau dihidden. Cara menyembunyikan aplikasi ini bahkan sudah bisa dilakukan di semua merek ataupun tipe HP android yang ada saat ini.

Baca Juga:

Khusus bagi kamu pemilik HP OPPO, di dalamnya sudah disediakan fitur khusus yang memungkinkan untuk kamu gunakan menyembunyikan aplikasi yang terpasang. Kamu bahkan tidak perlu menginstall aplikasi tambahan untuk menerapkan cara penyembunyian aplikasi android di HP OPPO ini. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga lainnya jika memang kurang puas dengan fitur hidden yang disediakan di HP OPPO. Bagi kamu yang sudah penasaran, berikut ini cara menyembunyikan aplikasi di OPPO yang paling mudah dan praktis bisa kamu terapkan.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di OPPO Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara yang pertama ini bisa kamu terapkan tanpa harus menginstall aplikasi pihak ketiga. Melainkan dengan memanfaatkan fitur Hidden App yang memang sudah disediakan di HP OPPO, khususnya yang mengadopsi Color OS 3.0 ke atas. Bahkan fitur ini tetap disediakan dan ditingkatkan di ColorOS versi terbaru, yakni ColorOS 11.

Mengenai cara menyembunyikan aplikasi di HP OPPO tanpa aplikasi tambahan selengkapnya, sebagai berikut:

Cara Menyembunyikan Aplikasi di OPPO Tanpa Aplikasi
Cara Menyembunyikan Aplikasi di OPPO Tanpa Aplikasi

Langkah 1 – Mengatur Kata Sandi Privasi

Hal pertama harus dilakukan sebelum menyembunyikan aplikasi di OPPO yakni mengatur kata sandi privasi di perangkat tersebut.

  1. Untuk pengguna ColorOS 3.0 bisa dengan masuk ke Pengaturan >> Keamanan atau Pusat Keamanan >> Izin Privasi >> Enkripsi Aplikasi >> Aktifkan dan buat kata sandi sesuai keinginan.
  2. Untuk pengguna ColorOS 5.1 hingga ColorOS 6.1 caranya dengan masuk ke menu Pengaturan >> Wajah & Kode Pas Wajah & Sandi >> Sandi Privasi >> Buat kata sandi sesuai keinginan.
  3. Untuk pengguna ColorOS 7.0 – ColorOS 7.2, mengatur kata sandi privasi bisa dengan masuk ke menu Pengaturan >> Sidik Jari, Wajah & Kata Sandi >> Atur Kata Sandi Privasi >> Tinggal buat kata sandi atau password sesuai keinginan.
  4. Untuk pengguna ColorOS terbaru, mengatur kata sandi privasi di OPPO tersebut bisa dengan masuk ke menu Pengaturan >> Kata Sandi & Biometrik >> Kata Sandi Privasi >> buat kata sandinya dan kunci atau enkripsi aplikasinya.

Langkah 2 – Menyembunyikan Aplikasi di OPPO

Setelah mengatur kata sandi privasi di HP OPPO, sekarang kamu bisa lanjut untuk menyembunyikan aplikasi di dalamnya. Untuk kamu pengguna ColorOS 11 dan yang terbaru, menyembunyikan aplikasi tersebut dengan cara:

  1. Buka menu Pengaturan di HP OPPO.
  2. Kemudian masuk ke opsi Privasi, lalu pilih opsi Sembunyikan Aplikasi.
  3. Kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi privasi. Ketik saja kata sandi yang sudah kamu buat sebelumnya.
  4. Nantinya kamu akan dibawa masuk ke halaman penyembunyian aplikasi. Tinggal kamu pilih aplikasi mana yang ingin disembunyikan, caranya cukup dengan menggeser toogle yang ada di sebelah kanan aplikasi.
  5. Akan muncul notifikasi untuk mengatur kode akses. Masukkan kode akses yang diawali dan diakhiri dengan tanda # dan ditengahnya ada kombinasi angka yang berjumlah 1 hingga 16 digit. Sebagai contonnya #123456789#
  6. Setelah kode akses berhasil dibuat, nantinya aplikasi akan langsung disembunyikan dari layar utama HP OPPO.
  7. Selesai.

Untuk pengguna HP OPPO dengan adopsi ColorOS 7.0 hingga ColorOS 7.2, cara menyembunyikan aplikasi di dalamnya, yakni:

  1. Pertama buka menu Pengaturan, kemudian masuk ke opsi Privasi.
  2. Selanjutnya klik pada opsi Kunci Aplikasi dan masukkan kata sandi privasi yang sudah dibuat tadi.
  3. Sekarang kamu pilih aplikasi yang ingin disembunyikan di HP OPPO dengan cara menekan tombol Kunci Aplikasi. Kamu juga bisa mengaktifkan opsi Sembunyikan dari Layar Depan.
  4. Jika ini baru pertama kali kamu lakukan, maka kamu akan diminta untuk memasukkan kode akses yang terdiri dari 1 hingga 16 digit angka, serta diawali dan diakhiri dengan tanda #. Misalnya saja kode aksesnya #123456789#
  5. Selesai.

Dan bagi kamu yang di HP OPPO-nya masih mengadopsi Color OS 5.1 hingga ColorOS 6.1, maka berikut ini cara untuk menyembunyikan aplikasi di dalamnya, yakni:

  1. Pertama buka menu Pengaturan di HP OPPO, lalu pilih opsi Keamanan.
  2. Masuk ke opsi Enkripsi Aplikasi, kemudian masukkan kata sandi privasi yang telah dibuat sebelumnya.
  3. Selanjutnya kamu pilih aplikasi yang ingin disembunyikan, kemudian pilih Aktifkan Verifikasi Kode Sandi. Dan klik juga pada opsi Sembunyikan Ikon Layar Depan.
  4. Kemudian pilih opsi Atur Kode Akses, dan masukkan kode akses sesuai keinginanmu. Kode akses harus diawali dan diakhiri dengan tanda #, serta ditengahnya berisi kombinasi angka. Contohnya saja kode akses #123456789#
  5. Dengan demikian aplikasi yang dipilih akan langsung disembunyikan.
  6. Selesai.

Catatan: Pada aplikasi yang disembunyikan tadi, kamu juga perlu mengaktifkan opsi Sembunyikan dalam Tugas Terbaru dan opsi Blokir Notifikasi agar semakin aman dan tidak ketahuan oleh orang lain.

Cara Menampilkan Lagi Aplikasi yang Disembunyikan di OPPO

Sudah berhasil menyembunyikan aplikasi di HP OPPO, dan sekarang kamu ingin mengaksesnya. Sayangnya, kamu mungkin tidak bisa atau tidak tahu cara bagaimana menampilkan kembali aplikasi yang telah disembunyikan di HP OPPO tersebut. Mudah saja sebenarnya, syarat utamanya yakni kamu harus ingat kode akses yang telah dibuat dan diterapkan saat menyembunyikan aplikasi OPPO tadi.

Mengenai langkah-langkah untuk menampilkan aplikasi yang disembunyikan di HP OPPO tersebut, yakni:

Cara Menampilkan Aplikasi yang Disembunyikan di OPPO
Cara Menampilkan Aplikasi yang Disembunyikan di OPPO
  1. Pertama kamu buka aplikasi Telepon atau Panggilan di HP OPPO.
  2. Kemudian langsung ketik kode akses yang telah dibuat sebelumnya. Misalnya saja #123456789#
  3. Secara otomatis di layar akan ditampilkan folder Aplikasi Tersembunyi. Dan kamu bisa langsung mengakses aplikasi yang telah disembunyikan di dalamnya.
  4. Selesai.

Menampilkan aplikasi yang disembunyikan di OPPO, kamu hanya perlu menggunakan kode akses yang telah dibuat. Jika memang lupa kode akses tersebut, maka kamu bisa mengatur ulang melalui menu Pengaturan di OPPO.

Penutup

Itulah tadi cara menyembunyikan aplikasi di OPPO tanpa aplikasi pihak ketiga tambahan yang mudah dan praktis. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial milikmu.

Artikel SebelumnyaCara Menghapus Video Telegram di HP Android
Artikel SelanjutnyaKode Reset HP Samsung dan Cara Menggunakannya
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini