3 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi – Salah satu brand asal Tiongkok yang cukup tekenal di Indonesia yakni Xiaomi. Xiaomi merupakan brand ternama yang sudah menghadirkan berbagai alat teknologi, yang paling santer adalah ponsel android. Ponsel atau HP android dari Xiaomi rata-rata dibanderol dengan harga lumayan murah dibandingkan dengan produk dari brand lainnya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Selain murah, HP besutan Xiaomi juga dibekali dengan spesifikasi mumpuni sehingga mampu menghasilkan performa yang maksimal. Fitur-fitur canggih juga disediakan di dalamnya, tidak lain untuk memanjakan pengguna saat mengoperasikan HP Xiaomi. Salah satunya adalah fitur keamanan yang diklaim cukup ampuh dan tangguh. Privasi pengguna akan selalu terjaga dengan baik dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab.

Baca Juga:

Berbicara soal privasi pengguna, terkadang ada beberapa orang yang ingin menyembunyikan aplikasi yang sudah terinstall di HP Xiaomi mereka. Menyembunyikan atau meng-hide aplikasi bisa didasarkan oleh banyak hal, salah satunya ya masalah privasi tadi. Lantas, bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi tersebut? Lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini!

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi yang Mudah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, melakukan hide aplikasi di smartphone Xiaomi didasarkan karena banyak faktor, mulai dari faktor privasi data, privasi pekerjaan, mencegah uninstall secara tidak sengaja, mencegah pasangan atau orang lain mengintip dan lain sebagainya.

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi sendiri bisa kamu lakukan langsung dari menu setting atau bisa juga melalui aplikasi pihak ketiga. Ya, hampir semua seri HP besutan Xiaomi dibekali dengan fitur hide aplikasi tersebut, sehingga sangat memudahkan penggunanya. Adapun langkah-langkah hide aplikasi di HP Xiaomi, di antaranya:

1. Hide Aplikasi dengan Fitur Khusus Xiaomi

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi yang pertama dengan memanfaatkan fitur yang ada di HP Xiaomi itu sendiri. Melalui fitur ini memungkinkan penggunanya menyembunyikan berbagai aplikasi media sosial, game dan jenis aplikasi lainnya dengan mudah. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  • Setelah itu, cari menu App Invisible dengan cara mencarinya melalui kotak pencarian.
  • Selanjutnya klik langsung menu App Invisible untuk melakukan hide aplikasi.
  • Nanti akan muncul beberapa pilihan aplikasi yang sudah terinstall di Xiaomi kamu. Lakukan Centang pada aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.
  • Setelah selesai memilih aplikasi yang ingin di-hidden, lanjutkan dengan klik OK.

Hasilnya, semua aplikasi yang sudah dicentang tadi tidak akan tampil lagi di menu aplikasi smartphone. Untuk memunculkan aplikasi tersebut kembali, kamu tinggal menghilangkan centang dengan cara yang sama seperti di atas.

2. Hide Aplikasi Xiaomi dengan App Lock

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur App Lock. Cara ini sebenarnya sama dengan yang di atas, hanya saja fitur App Lock sendiri tersedia untuk launcher MIUI 10 atau yang lebih tinggi. Penggunaannya juga sangat mudah, bahkan para pengguna awam bisa dengan mudah melakukannya.  

Menyembunyikan aplikasi melalui App Lock memungkinkan kamu tidak harus menginstall aplikasi lagi, karena fitur tersebut tersedia secara default. Tetapi demikian, untuk hide aplikasi kamu perlu mengunci aplikasinya terlebih dahulu. Adapun langkah-langkah menyembunyikan aplikasi melalui App Lock, sebagai berikut:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  • Scroll ke bawah, lalu klik pada fitur App Lock yang tersedia.
  • Seperti yang dijelaskan sebelumnya, aplikasi yang ingin disembunyikan perlu kamu kunci terlebih dahulu. Pilih aplikasi yang ingin dikunci dengan cara memberinya Centang.
  • Selanjutnya klik Set Password lalu buat Lock Pattern aplikasi dengan cara menyambungkan 4 titik atau lebih.
  • Langkah berikutnya yakni login ke Mi Account kamu, atau bisa juga langsung Skip.
  • Klik menu Pengaturan atau icon Gerigi yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Scroll ke bawah lalu aktifkan fitur Hidden Apps dengan slide ke kanan. Kemudian klik Manage hidden apps dan pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.

Aplikasi yang sudah dipilih tadi sudah berhasil disembunyikan dari layar utama smartphone. Untuk membuka aplikasi tersembunyi tersebut, kamu bisa mengaksesnya dengan cara mengusap layar menggunakan dua jari ke arah luar seperti ingin melakukan zoom. Halaman pengunci akan terbuka, kamu tinggal membukanya melalui fingerprint atau lock pattern sesuai yang kamu atur di App Lock sebelumnya.

3. Hide Aplikasi Xiaomi dengan Apex Launcher

Di Google Play Store kamu bisa menemukan banyak sekali aplikasi yang menawarkan fitur hide aplikasi. Salah satunya yang paling direkomendasikan adalah aplikasi launcher yang bernama Apex Launcher. Dibesut oleh Android Does Team, aplikasi ini cukup diminati karena fitur yang disediakan cukup lengkap.

Adapun cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi melalui Apex Launcher, yakni:

  • Pertama kamu perlu menginstall aplikasi Apex Launcher melalui Google Play Store.
  • Jika sudah, kamu langsung jalankan launcher tersebut.
  • Selanjutnya kamu buka Apex Settings yang ada di halaman utama.
  • Pilih menu Hidden Apps, lalu lakukan centang pada aplikasi yang ingin kamu sembunyikan. Jika sudah, langsung klik Hide Apps.

Aplikasi tadi akan langsung tersembunyi atau hilang dari menu utama Xiaomi. Untuk mengakses aplikasi yang disembunyikan tersebut, hanya bisa dibuka melalui Apex Settings.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi yang paling mudah dan efektif. Privasimu akan lebih aman dengan cara hide aplikasi yang kamu anggap penting. Jangan lupa share informasi ini ke media sosial pribadimu ya?