Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Tanpa Root

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android – Smartphone android merupakan salah satu perangkat gadget yang paling populer digunakan banyak orang. tidak kalangan atas saja, kalangan menengah ke bawah pasti punya yang namanya smartphone android. Ini karena harga dari HP android yang bervariasi dari setiap brand, bahkan ada yang dibanderol dengan harga murah. Salah satu daya tarik dari HP android adalah pengguna bisa dengan bebasnya menginstall jenis aplikasi apapun.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android
Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Tanpa Root

Seperti yang kita tahu, aplikasi android jumlahnya sangat banyak dengan fungsinya masing-masing. Semua aplikasi tersebut tersedia lengkap di Google Play Store, dimana beberapa ada yang bebayar dan juga ada yang gratis diinstall. Aplikasi yang terinstall di HP android mungkin ada beberapa yang dianggap cukup privasi dan tidak boleh dibuka oleh orang lain. Untuk alasan ini, beberapa pengguna biasanya menyembunyikan aplikasi tersebut agar tidak bisa diakses sembarang orang.

Baca Juga :

Menyembunyikan aplikasi yang terinstall di android sebenarnya cukup mudah dilakukan, bahkan bagi pemula sekalipun. Hanya saja tidak banyak yang tahu dengan cara menghide aplikasi android ini. Cara ini juga tidak membutuhkan akses root sehingga lebih mudah dilakukan. Lantas, bagaimana cara menyembunyikan aplikasi android tanpa root tersebut?

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Tanpa Root 2019

Untuk cara menyembunyikan aplikasi android tanpa root ini bisa kamu lakukan melalui sistem pengaturan dari HP itu sendiri. Selain itu, bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi khusus pihak ketiga yang memang punya fitur meng-hide aplikasi android yang terinstall. Perlu diingat, jangan sembarangan menggunakan aplikasi hide android. Beberapa oknum mungkin memanfaatkan ketidaktahuan pengguna untuk melancarkan kejahatan teknologi yang mereka lakukan.

Adapun cara menyembunyikan aplikasi android tanpa root selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melalui sistem pengaturan HP

Cara menyembunyikan aplikasi android tanpa akses root yang pertama adalah melalui sisten pengaturan atau setting dari HP itu sendiri. Semua HP android pasti dibekali dengan opsi pengaturan aplikasi di dalam menu Pengaturan-nya. Untuk langkah-langkahnya bisa kamu lihat di bawah ini:

  • Pertama kamu perlu masuk ke menu Pengaturan atau Setting terlebih dahulu.
  • Setelah itu, scroll ke bawah dan klik pada opsi Aplikasi atau Apps.
  • Selanjutnya cari aplikasi yang ingin kamu sembunyikan. Jika sudah ketemu langsung klik pada aplikasinya.
  • Pada halaman yang muncul, kamu tinggal klik pada tombol bertuliskan “Nonaktifkan” atau “Disable”.
  • Selesai, aplikasi tadi akan langsung hilang dari daftar menu aplikasi android.

Perlu kamu ingat, cara menyembunyikan aplikasi android tanpa root satu ini bisa dilakukan hanya pada aplikasi bawaan saja. Artinya aplikasi yang kamu install secara manual tidak bisa dilakukan dengan cara ini. Aplikasi bawaan ini sendiri biasanya tidak bisa diuninstall, kecuali HP android sudah di-root.

2. Menggunakan aplikasi Apex Luncher

Apex Launcher ternyata juga dimanfaatkan untuk melakukan cara menyembunyikan aplikasi android tanpa root. Aplikasi launcher ini sendiri dibuat oleh Android Does Team dan sudah diinstall lebih dari 10 juta pengguna. Kamu bisa melakukan kustomisasi pada aplikasi yang terinstall di HP androidmu, termasuk juga melakukan hidden aplikasi. Langkah-langkah menggunakannya pun cukup mudah, yakni sebagai berikut:

  • Pertama kamu harus menginstall aplikasi Apex Launcher terlebih dahulu. Kamu bisa memilih Apex Launcher versi Free atau Pro.
  • Setelah diinstall, langsung saja jalankan aplikasi tersebut di smartphone. Pada tampilan utama aplikasi, kamu pilih menu Settings. Kemudian pilih juga opsi Hidden Apps.
  • Pada tampilan halaman Hidden Apps, lanjut dengan klik Add Hidden Apps untuk menambahkan aplikasi yang ingin disembunyikan.  Pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dengan memberinya centang. Jika sudah, lanjutkan dengan klik Hide Apps.
  • Selesai, aplikasi yang sudah kamu tandai tadi akan hilang dari tampilan menu aplikasi alias tersembunyi. Untuk mengaksesnya kamu tinggal melakukan langkah yang sama dan hilangkan centangnya.

3. Menggunakan aplikasi Nova Launcher

Selain Apex Launcher, satu lagi aplikasi kustomisasi menu dan aplikasi di android yakni Nova Launcher. Penggunaannya juga tidak kalah mudah dan cocok untuk kamu yang masih pemula. Berbeda dengan Apex Launcher, dengan aplikasi ini kamu bisa menyembunyikan aplikasi dengan cara mengganti ikon dan namanya. Dengan begitu orang lain tidak akan tahu aplikasi sebenarnya dari aplikasi tersebut. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama kamu perlu menginstall aplikasi Nova Launcher melalui Google Play Store. Kamu bisa memilih versi Free maupun berbayar.
  • Setelah berhasil, kamu tidak perlu membuka aplikasi launcher ini. Kamu tinggal mencari aplikasi mana yang ingin kamu edit atau disembunyikan. 
  • Tekan dan tahan agak lama pada aplikasi yang dipili tadi sampai muncul opsi beberapa opsi. Selanjutnya kamu pilih Built-in untuk mengedit aplikasi.
  • Sekarang kamu bisa mengganti nama aplikasi sesuai keinginan. Selain mengganti nama, ikon aplikasi juga bisa kamu ganti dengan ikon aplikasi lain. Untuk caranya tinggal kamu klik gambar ikon lalu cari ikon pengganti dari penyimpanan atau galeri HP.
  • Jika sudah, klik Done. Sekarang tampilan aplikasi tadi sudah berubah dan tidak akan ada yang pernah menyangka hal ini.

Aplikasi Nova Launcher ini sendiri dibuat oleh TeslaCoil Software dan sudah diunduh sebanyak lebih dari 50 juta kali di Google Play Store. Tidak heran karena fungsi dari aplikasi ini yang begitu luar biasa, termasuk untuk menyembunyikan aplikasi.

Penutup

Itulah tadi 3 cara menyembunyikan aplikasi android tanpa root yang bisa kamu terapkan sendiri. Sekarang kamu tidak perlu khawatir privasimu dilihat atau dikonsumsi orang lain dengan menerapkan cara ini. Jangan lupa share ke sosial media kamu agar artikel ini bermanfaat untuk orang lain.