4 Cara Menyalin Isi Buku Menjadi Teks Pada Android

4 Cara Menyalin Isi Buku Menjadi Teks Pada Android Pada jaman sekarang ini di mana semuanya sudah serba canggih, sangat banyak mempermudah kegiatan manusia di segala hal. Seperti halnya pada perkembangan smartphone android, yang mana sekarang semakin pesat melalui banyak fitur unggulannya. Termasuk juga dengan cara perubahan dokumen cetak menjadi digital yang hanya membutuhkan bantuan sebuah smartphone saja untuk melakukannya. Yaitu melalui sebuah aplikasi yang menggunakan fitur Scanner melalui perangkat keras kamera dalam menangkap lembar cetak yang hendak di rubah.

4 Cara Menyalin Isi Buku Menjadi Teks Pada Android

Nah, akan tetapi belum lama ini kemajuan HP sudah selangkah lebih maju lagi dengan keunggulannya. Yaitu menyalin kalimat pada sebuah kertas atau buka merubahnya menjadi teks pada smartphone itu sendiri. Memang sih lagi-lagi perangkat keras yang terpenting di sini ialah kamera. Sebab semakin tajam dan jelas hasil jepretan dari kamera tersebut, maka akan cepat mempermudah proses perubahan kalimatnya ke digital. Pastinya dengan adanya metode baru ini akan sangat berguna sekali bagi kamu anak sekolahan. Jadi gak perlu lagi repot-repot untuk mengetik materi dari buku menjadi teks pada android milikmu.

Baca Juga:

Lebih jelasnya lagi, metode yang di pakai ini ialah bernama OCR atau Optical Character Recognition. Pada OCR ini ia mampu membaca sebuah kalimat melalui gambar yang di tangkap dari kamera HP. Ia merubahnya menjadi bentuk karakter kalimat digital. Untuk bisa mendapatkan pelayan dari fitur tersebut, kalian bisa mendapatkannya dengan memakai sebuah aplikasi yang di rancang khusus. Tapi tak perlu bingung mencari aplikasinya ya. Sebab pada artikel kita yang berjudul 4 Cara Menyalin Isi Buku Menjadi Teks Pada Android ini Bukandroid akan menyajikan beberapa aplikasi terbaik beserta cara pemakaiannya.

4 Cara Menyalin Isi Buku Menjadi Teks Pada Android

Sebelum kita bahas lebih lanjut perlu kamu tahu terlebih dulu ya bahwa semua aplikasi di bawah dapat kamu download secara gratis dari Google Play Store. Nah sudah penasaran dengan perangkat lunak yang akan kita jelaskan kali ini? Yuk simak rangkumannya berikut ini yaa.

1. Google Drive

Google Drive

Siapa sih yang gak kenal Google Drive? Yang mana pada semua smartphone android pastinya telah terinstall aplikasi satu ini. Google Drive sendiri merupakan sebuah layanan berupa penyimpanan online gratis dari Google. Namun, walaupun banyak yang telah mengenalnya, tapi tak banyak yang tau loh keunggulan tersembunyi dari Google Drive ini. Salah satunya ialah fitur OCR yang ia miliki. Dengan kata lain bahwa, kita tidak memerlukan lagi untuk mengunduh aplikasi baru dari Google Play Store untuk melakukan pemindaian teks buku ke digital. Dengan mengetahui hal ini tentunya akan sangat bermanfaat sekali bagi kita semua bukan.

Kalau anda sudah penasaran dengan langkah-langkah penggunaan dari fitur OCRnya, maka dapat menyimak tata caranya di bawah ini:

  1. Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Google Drive dari perangkat HP mu
  2. Lalu tekan tombol bertanda + pada sudut kanan bawah aplikasi
  3. Jika sudah maka pilih opsi Pindai atau Scan, maka kalian akan beralih ke tampilan kamera untuk melakukan pemindaian pada gambar
  4. Lakukan Foto pada buku yang hendak ingin anda rubah teksnya ke dalam bentuk digital
  5. Apabila kalian sudah melakukan foto pada dokumen tadi maka Google Drive secara otomatis akan merubah kalimat pada gambar tersebut ke bentuk teks digital yang dapat langsung kamu Edit ataupun Salin tanpa mengetik ulang.

2. Universal Copy

Universal Copy

Kelebihan yang menonjol dari Universal Copy ini ialah dapat di gunakannya pada versi android yang lama. Jadi bagi kamu yang masih tetap memakai android versi lama maka tidak perlu ragu lagi untuk mencoba Universal Copy ini ya. Aplikasi ini sendiri sangat di peruntukan untuk penyalinan teks pada gambar melalui mode Pemindainya. Terlebih lagi, Universal Copy menyajikan antarmuka yang simple sehingga mudah untuk di pahami oleh semua kalangan pengguna android.

Yuk ikuti langkah-langkah pemakaian dari Universal Copy berikut ini:

  1. Unduh terlebih dulu aplikasi Universal Copy melalui Google Play Store disini
  2. Setelah proses install berhasil segera buka Universal Copy
  3. Lalu, ikutilah petunjuk yang muncul dengan mengaktifkan Accessibility pada menu Settings
  4. Selanjutnya buka Panel Notifikasi pada atas layar dan tekan Activate Universal Copy mode dalam mengaktifkan mode Copy
  5. Jika sudah kita pilih menu Scanner Mode dan arahkan Kamera ke lembar halaman yang hendak ingin di salin
  6. Kemudian pilih Teks yang mau anda salin dan klik fitur Salin yang berbentuk lembar halaman pada bar atas layar
  7. Kalau sudah maka teks tersebut sudah berhasil di salin dan siap di Paste di manapun anda mau.

3. Microsoft Office Lens

Microsoft Office Lens

Pada aplikasi ke tiga ini ada Microsoft Office Lens yang merupakan perangkat lunak besutan dari perusahaan besar yaitu Microsoft. Pada perangkat lunaknya ini juga memanfaatkan metode Optical Character Recognition. Jadi, bisa dengan mudah untuk merubah kalimat pada buku dan memindahkannya menjadi format word dan lainnya. Tak perlu di tanyakan lagi kualitas dari apa yang di berikan oleh aplikasi ini, dari ratingnya saja mendapatkan 4,7 dari 630 ribu ulasan pengguna PlayStore.

Penasaran dengan cara penggunaannya? Yuk ikuti langkah berikut ini yaa:

  1. Unduh dan install terlebih dulu Microsoft Office Lens melalui PlayStore
  2. Jiak sudah selesai langsung saja buka Microsoft Office Lens
  3. Dan kamu sudah bisa mulai pemindaian dengan mengarahkan Kamera ke teks gambar yang di inginkan
  4. Kalau sudah langsung tekan tombol Foto untuk mendapatkan hasilnya
  5. Setelah hasilnya muncul maka langsung bisa kalian Edit maupun Salin teks tersebut.

4. Text Fairy

Text Fairy

Pemindai teks OCR selanjutnya ada Text Fairy yang tak kalah canggih dari beberapa aplikasi di atas tadi. Aplikasi yang di developers oleh Renard Wellnitz ini sendiri sudah berhasil terinstall sebanyak 5 juta kali pada Play Store. Keunggulannya yang sangat mencolok yaitu dalam penggunaannya kita tidak memerlukan koneksi internet. Jadi, Text Fairy merupakan pilihan yang tepat bagi kamu pengguna internet berbasis kuota. Teks yang di hasilkan oleh Text Fairy juga dapat kalian kelola, mulai dari pengeditan, penghapusan teks dan juga penggabungan dari beberapa kalimat.

Ikuti langkah pengoprasiannya berikut ini ya:

  1. Pastikan anda sudah mengunduh Text Fairy dari Google PlayStore
  2. Setelah itu buka Text Fairy dan klik Kamera
  3. Arahkan kamera ke bagian kalimat yang hendak ingin kamu rubah ke bentuk teks digital
  4. Jika di rasa sudah maka tekan OK untuk mengambil foto
  5. Kamu juga bisa melakukan penyeleksian kalimat lho
  6. Setelah itu klik tanda Panah Biru pada bagian bawah kanan layar
  7. Lalu kalian bisa menentukan jumlah kolom yang ingin di salin
  8. Klik Start, maka proses pemindaian gambar akan berlangsung
  9. Kalau proses sudah selesai bisa langsung kamu jadikan format PDF, Word dan beberapa pilihan lainnya.

Penutup

Baik, itulah tadi bahasan kita kali ini mengenai 4 Cara Menyalin Isi Buku Menjadi Teks Pada Android. Semoga dengan adanya artikel kita kali ini dapat membantu kalian semua ya. Jangan lupa untuk share artikel kita ke akun sosial media kamu.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini