Cara Menonaktifkan Shopee PayLater Lewat HP

13
Cara Menonaktifkan Shopee PayLater
Cara Menonaktifkan Shopee PayLater

Cara Menonaktifkan Shopee PayLater – Berbelanja online sudah menjadi kebiasaan banyak orang di jaman serba digital seperti sekarang ini. Apalagi dengan hadirnya berbagai marketplace, semakin memudahkan kita dalam aktivitas belanja online tersebut. Salah satunya adalah Shopee yang telah menjadi salah satu marketplace paling terpopuler di Indonesia khususnya. Shopee terkenal dengan layanan gratis ongkirnya yang bisa dinikmati oleh semua pengguna tanpa terkecuali, bahkan pengguna yang baru saja mendaftar akun. Selain itu, ada pula promo dan potongan harga yang bisa dinikmati oleh pengguna.

Cara Menonaktifkan Shopee PayLater
Cara Menonaktifkan Shopee PayLater

Ingin berbelanja online di Shopee, tetapi masih belum punya cukup uang? Kalau begitu kamu bisa memanfaatkan layanan Shopee PayLater. Ini merupakan program layanan dari Shopee yang memungkinkan penggunanya untuk berbelanja sekarang dan bayarnya nanti dengan sistem cicilan. Cicilan yang disediakan cukup bervariasi, mulai dari bayar di bulan berikutnya, cicilan 3 bulan, cicilan 6 bulan hingga cicilan 1 tahun. Untuk tenor cicilannya tentunya juga disesuaikan dengan harga barang yang ingin dibeli. Sementara untuk bunga yang diberikan terbilang kecil, sehingga ini menjadi daya tarik lain bagi pengguna.

Baca Juga:

Untuk menikmati layanan Shopee PayLater, kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu di akun Shopee milikmu. Jika sudah aktif, nantinya kamu akan diberikan limit pinjaman Shopee PayLater yang sudah bisa langsung digunakan untuk berbelanja. Untuk besar limitnya ini bervariasi, tergantung kebijakan dari pihak Shopee. Sudah punya akun Shopee PayLater, tetapi sekarang kamu berniat untuk menonaktifkannya kembali. Lantas, bagaimana cara menonaktifkan Shopee PayLater tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Tentang Layanan Shopee PayLater (Pinjaman Tunai dalam Bentuk Limit)

Banyak yang salah kaprah yang menyamakan Shopee PayLater dan Shopee Pinjam atau SPinjam. Padahal keduanya berbeda, di mana untuk Shopee PayLater disediakan oleh pihak Shopee. Sementara untuk Shopee Pinjam atau SPinjam disediakan oleh PT Lentera Dana Nusantara. Layanan SPinjam sendiri tidak bisa dinikmati oleh semua pengguna, di mana hanya pengguna terpilih saja yang dapat mengakses layanan pinjaman tunai tersebut.

Shopee PayLater bisa digunakan untuk berbelanja mudah tanpa perlu membayar terlebih dahulu. Jadi, nantinya kamu akan mendapatkan tagihan pembayaran di bulan depan dan harus membayar paling lambat tanggal 5 setiap bulannya. Jika telat melakukan pembayaran tagihan, maka kamu akan dikenakan denda.

Baru pertama kali mengaktifkan layanan Shopee PayLater, biasanya kamu akan langsung mendapatkan limit pinjaman sebesar Rp 750.000,-. Gunakan terus limit Shopee PayLater yang diberikan, maka seiring berjalannya waktu limit pinjaman akan ditingkatkan oleh Shopee. Bahkan limit maksimal Shopee PayLater yang diberikan bisa mencapai puluhan juta.

Syarat Utama untuk Menonaktifkan Shopee PayLater

Jika kamu memang berniat untuk menonaktifkan akun Shopee PayLater, masih ada syarat utama yang harus dipenuhi agar penonkatifan akun bisa berhasil. Syarat utama yang dimaksud yakni membayar semua tagihan Shopee PayLater yang masih aktif.

Pihak Shopee akan menolak untuk menonaktifkan akun Shopee PayLater jika masih ada tagihan yang berjalan. Kamu wajib melunasi semua tagihan Shopee PayLater tersebut beserta dendanya jika memang sebelumnya kamu telat membayar tagihan.

Jika memamg tujuanmu menghapus Shopee PayLater untuk menghindari pelunasan tagihan, jangan harap kamu bisa lepas. Pihak Shopee akan memberikan tindakan lanjutan yang mana bisa saja melibatkan pihak berwajib untuk menagih utang yang kamu miliki.

Cara Menonaktifkan Shopee PayLater Lewat HP

Cara Nonaktifkan Shopee PayLater
Cara Nonaktifkan Shopee PayLater

Meskipun ada banyak keuntungan yang bisa didapat jika mengaktifkan Shopee PayLater, namun tidak jarang pengguna yang ingin menonaktifkannya kembali. Salah satu alasannya mungkin karena ia tidak ingin lagi terjerat hutang untuk sekedar berbelanja online di Shopee.

Untuk membatalkan layanan Shopee PayLater, setidaknya ada 2 cara yang bisa kamu lakukan. Kedua cara ini tentunya juga mudah untuk diterapkan, bahkan bagi kamu yang masih awam. Adapun cara menonaktifkan Shopee PayLater melalui perangkat HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Hapus Akun Shopee

Salah satu cara termudah untuk menonaktifkan Shopee PayLater yakni dengan menghapus akun Shopee-nya. Akun Shopee yang dihapus atau dinonaktifkan akan secara otomatis menghapus juga Shopee PayLaternya. Akan tetapi, risikonya akun Shopee-mu tidak akan bisa diakses lagi dan semua voucher, koin serta riwayat pesanan di dalamnya akan dihapus juga.

Mengenai langkah-langkah untuk menghapus akun Shopee yang mudah, yakni:

  1. Pertama kamu buka aplikasi Shopee di perangkat HP. Pastikan kamu sudah login ke akun Shopee pribadi.
  2. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik menu Saya yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  3. Selanjutnya klik ikon Pengaturan atau Gerigi yang ada di bagian kanan atas tampilan.
  4. Pada halaman pengaturan yang ditampilkan, selanjutnya kamu klik opsi Ajukan Hapus Akun.
  5. Masukkan kode verifikasi yang berikan, lalu berikan alasan kenapa kamu ingin menghapus akun Shopee tersebut.
  6. Selanjutnya masukkan alamat email yang terkait ke akun Shopee tersebut.
  7. Jika sudah semuanya, sekarang berikan tanda centang pada bagian persetujuan Syarat dan Ketentuan penghapusan akun Shopee.
  8. Terakhir klik tombol Kirimkan. Kamu tinggal menunggu konfirmasi dari pihak Shopee, biasanya butuh waktu 1×24 jam untuk kamu mendapatkan jawaban penghapusan akun Shopee.
  9. Selesai.

Perlu dipahami, akun Shopee yang telah dihapus ini juga akan memblokir nomor dan email yang kamu gunakan dari database Shopee. Di lain waktu, kamu tidak akan bisa lagi menggunakan nomor HP dan alamat email tersebut untuk membuat akun Shopee baru, beserta juga username yang digunakan sebelumnya.

2. Menghubungi Customer Service Shopee

Sementara untuk cara yang kedua ini bisa dilakukan jika kamu hanya berniat untuk menonaktifkan Shopee PayLater saja. Sementara akun Shopee masih bisa digunakan untuk berbelanja seperti biasa. Untuk penghapusannya kamu bisa meminta bantuan kepada pihak Shopee melalui customer service yang bertugas.

Menghubungi customer service Shopee setidaknya bisa dilakukan dengan 3 cara, yakni melalui chat, nomor call center dan melalui email. Namun, yang lebih efektif untuk digunakan yakni melalui nomor call center dan email resminya.

Cara 1. Hubungi Call Center Shopee

Cara yang pertama yakni bisa menghubungi call center Shopee melalui nomor 1500702. Kmau bisa menghubunginya melalui ponsel atau telepon rumah. Tentunya akan ada biaya nelpon yang akan dibebankan jika menelpon ke nomor call center Shopee ini.

Saat sudah terhubung, selanjutnya kamu beritahukan ke Cs Shopee bahwa kamu ingin menonaktifkan Shopee PayLater. Cs Shopee nantinya akan membantu penonaktifan Shopee PayLater tersebut.

Cara 2. Mengirim Email

Sementara untuk cara yang kedua yakni dengan menghubungi pihak Shopee melalui email resminya. Di sini kamu bisa mengunjungi dulu Halaman Formulir Bantuan melalui browser. Tinggal mengisi formulir data yang diperlukan dan beritahukan tujuanmu untuk menonaktifkan Shopee PayLater di bagian kolom Deskripsi.

Penutup

Itulah tadi cara menonaktifkan Shopee PayLater yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaDenda Telat Bayar Shopee Pinjam dan Cara Pembayarannya
Artikel SelanjutnyaCara Melihat Tagihan Shopee PayLater Lewat HP
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini