Cara Menonaktifkan Paket Smartfren Paling Mudah

23
Cara Menonaktifkan Paket Smartfren
Cara Menonaktifkan Paket Smartfren

Cara Menonaktifkan Paket Smartfren – Smartfren merupakan salah satu provider ternama di Indonesia yang punya banyak sekali pelanggan setia. Smartfren menyediakan berbagai jenis layanan paket yang bisa dinikmati oleh semua pelanggan, baik itu pengguna Smartfren Prabayar atau Pascabayar. Beberapa jenis layanan paket yang disediakan, mulai dari layanan paket internet, paket nelpon dan SMS, serta juga paket roaming. Untuk layanan paket internet lebih banyak pilihannya dengan harga yang bervariasi tentunya. Kamu bisa memilih sendiri layanan paket yang disediakan tersebut sesuai keinginan dan kebutuhan.

Cara Menonaktifkan Paket Smartfren
Cara Menonaktifkan Paket Smartfren

Salah satu layanan paket internet paling banyak diminati dari Smartfren yakni Smartfren Unlimited 4G. Paket satu ini memberikan kebebasan bagi pengguna untuk mengakses internet kapan dan di mana saja. Namun, meski diberi embel-embel unlimited, nyatanya tetap saja ada batasan pemakaian atau FUP yang diberlakukan. Untuk layanan internet unlimited Smartfren ini diberlakukan batas pemakaian per hari. Jika sudah melebihi batas pemakaian yang ditentukan, maka kecepatan internet pengguna akan dikurangi.

Baca Juga:

Sebagai pengguna setia Smartfren, mungkin saat ini kamu telah mengaktifkan beberapa layanan paket sekaligus di kartumu. Dan dalam hal ini kamu ingin melakukan penonaktifan atau unreg pada salah satu atau beberapa layanan paket tersebut. Sayangnya tidak banyak pengguna yang tahu cara untuk melakukan penonaktifan layanan paket di Smartfren tersebut. Tidak perlu bingung, pasalnya pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara menonaktifkan paket Smartfren tersebut. Untuk informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Menonaktifkan Paket Smartfren Paling Mudah

Cara Stop Langganan Paket Smartfren
Cara Stop Langganan Paket Smartfren

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan atau unreg paket Smartfren. Kamu bisa pilih sendiri cara mana yang ingin digunakan dan dianggap paling mudah. Yang pasti masing-masing cara tersebut sama mudahnya untuk dilakukan dan ampuh untuk unreg paket langganan dan non-langganan di kartu Smartfren. Mengenai cara menonaktifkan paket Smartfren yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Nonaktifkan Paket Smartfren Lewat Aplikasi

Cara yang pertama untuk unreg paket Smartfren bisa melalui aplikasi mySF. Untuk menerapkan cara ini tentunya kamu perlu mendownload dan menginstall aplikasi mySF terlebih dahulu di perangkat smartphonemu. Untuk pengguna android bisa mengunduh aplikasi mySF melalui Google Playstore atau lewat situs resmi mySF.

Selain itu, kamu juga harus punya akun mySF untuk melakukan penonaktifan paket lewat aplikasi ini. Jika masih belum punya akun mySF, maka kamu perlu melakukan pendaftaran atau registrasi akun terlebih dahulu menggunakan nomor Smartfren milikmu. Untuk langkah-langkah unreg paket Smartfren melalui aplikasi mySF tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi mySF di perangkat smartphone androidmu. Pastikan kamu sudah login ke akun mySF menggunakan nomor Smartfren milikmu.
  • Pada halaman dasboard akun mySF, di sana tertera layanan paket aktif yang kamu miliki. Baik itu paket internet atau paket SMS & nelpon. Kemudian kamu klik pada layanan paket aktif tersebut.
  • Maka akan ditampilkan detail dari paket yang aktif ini, mulai dari informasi sisa kuota, masa berlaku dan informasi detail paket lainnya.
  • Untuk menonaktifkan paket tersebut, kamu klik pada menu Deaktived atau Nonaktifkan. Kemudian lakukan konfirmasi penonaktifan paket Smartfren tersebut.
  • Selesai.

Cara ini cukup simpel dilakukan, paket akan langsung dinonaktifkan setelah kamu mengonfirmasi penonaktifannya. Pastikan kamu telah memilih jenis paket yang tepat untuk dinonaktifkan.

Catatan: Cara ini bisa digunakan untuk menonaktifkan paket SmartPlan, Super 4G Unlimited, 1ON+ Plan, Paket Internet Unlimited, Internet Volume Based, Internet Malam, Kuota Non Stop, Connex Evo, Zoom Plan, dan Smart Ngobrol.

2. Nonaktifkan Paket Smartfren Menggunakan Kode Dial

Jika kamu enggan untuk menginstall aplikasi mySF di perangkat smartphone android, maka cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Kamu tidak perlu menginstall aplikasi apa pun, melainkan hanya menggunakan kode dial atau kode rahasia. Mengenai langkah-langkah untuk unreg paket Smartfren yang aktif menggunakan kode dial tersebut, yakni:

  • Langkah pertama kamu buka menu Panggilan atau Telepon di perangkat smartphone.
  • Kemudian ketik kode dial *123# lalu tekan Panggil.
  • Akan muncul halaman pop up di layar, selanjutnya kamu pilih Paket Internet.
  • Selanjutnya kamu pilih layanan paket yang aktif di kartu Smartfren dan ingin kamu unreg. Kemudian pilih Berhenti atau Unreg.
  • Lakukan konfirmasi dengan pilih Ya, maka secara otomatis paket akan langsung dinonaktifkan.
  • Selesai.

Catatan: Kamu bisa sesuaikan sendiri jenis layanan paket Smartfren yang ingin dinonaktifkan. Jika tidak ditemukan pilihan Unreg atau Berhenti, maka kamu bisa pilih menu Info di halaman pop yang muncul tadi.

3. Unreg Paket Smartfren Lewat SMS

Dan cara yang terakhir untuk melakukan unreg atau penonaktifan paket Smartfren yakni dengan melalui layanan SMS. Cara ini bisa dibilang cukup mudah, asalkan kamu tahu kode untuk penonaktifan paket yang sedang aktif di kartu Smartfren milikmu. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Langkah pertama kamu buka menu Pesan di perangkat smartphone android.
  • Kemudian klik menu Buat Pesan Baru.
  • Pada kolom tujuan SMS, kamu ketik nomor 123.
  • Kemudian pada kolom isi pesan, kamu ketik format pesan sesuai paket yang ingin dinonaktifkan. (lihat daftar format pesannya di bawah tutorial).
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Kirim.
  • Permintaan penonaktifan paket akan diproses dan jika berhasil, maka akan ada SMS pemberitahuan yang masuk ke nomor Smartfrenmu.
  • Selesai.

Seperti yang dijelaskan pada tutorial di atas, kamu perlu mengetik format pesan unreg sesuai jenis paket Smartfren yang ingin kamu nonaktifkan. Berikut ini beberapa format pesan unreg paket Smartfren yang bisa digunakan, di antaranya:

  • Format SMS untuk Unreg Paket SmartPlan => SMARTPLAN(spasi)OFF
  • Format SMS untuk Unreg Paket Sosial Chat => SC(spasi)OFF
  • Format SMS untuk Unreg Paket Volume Based Smartfren => connex(spasi)off

Untuk jenis paket Smartfren lainnya bisa kamu cari tahu Kode Aktivasi yang dimiliki. Untuk menonaktifkan tinggal kamu ketik kode aktivasi tersebut yang diikuti dengan kata OFF setelahnya.

Penutup

Itulah tadi cara menonaktifkan paket Smartfren yang mudah bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaDaftar Paket Nelpon Smartfren dan Cara Membelinya
Artikel SelanjutnyaCara Transfer Kuota Kartu 3 yang Paling Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini