Cara Menonaktifkan Gopay PayLater di HP Android

79
Cara Menonaktifkan Gopay PayLater
Cara Menonaktifkan Gopay PayLater

Cara Menonaktifkan Gopay PayLater – Dompet digital atau e-Wallet memberikan kemudahan bagi kita dalam hal transaksi secara virtual. Kita tidak perlu lagi menggunakan uang tunai untuk soal pembayaran saat berbelanja atau memesan sesuatu. Dompet digital bukan hanya bisa digunakan untuk transaksi berbasis online saja, melainkan juga berfungsi sebagai pembayaran di merchant offline. Misalnya saja, untuk pembayaran saat makan di cafe dan restoran, pembayaran belanjaan di mall atau toko, pembayaran kamar hotel dan lain sebagainya. Yang terpenting di sini adalah kamu memiliki saldo yang cukup di akun dompet digital milikmu untuk melakukan pembayaran secara virtual tersebut.

Cara Menonaktifkan Gopay PayLater
Cara Menonaktifkan Gopay PayLater

Ada banyak platform dompet digital yang tersedia sekarang ini dan hampir semuanya bisa kita gunakan secara gratis. Salah satunya adalah Gopay yang merupakan platform dompet digital yang tersedia di aplikasi Gojek. Awalnya Gopay dihadirkan untuk mempermudah pelanggan dan driver Gojek dalam hal memesan layanan di dalam aplikasi Gojek. Pengguna hanya perlu mengisi saldo, kemudian menggunakan saldo yang tersedia untuk pembayaran layanan yang dipesan. Seiring berjalannya waktu, fungsi dari Gopay semakin beragam bahkan bisa digunakan untuk pembayaran virtual di platform dan merchant lain. Fiturnya semakin ditingkatkan untuk membuat pengguna semakin betah menggunakannya.

Baca Juga:

Salah satu fitur menarik yang disediakan oleh Gopay untuk para pelanggannya yakni fitur Gopay PayLater. Layanan PayLater ini memang gencar dihadirkan oleh banyak platform dompet digital, termasuk juga Gopay. Layanan tersebut dihadirkan untuk memudahkan pengguna untuk berbelanja atau melakukan pembayaran tanpa menggunakan saldo (saldo kurang/habis). Kemudian membayar pinjaman tersebut di lain waktu jika sudah punya uang untuk mengisi saldo. Fitur GoPayLater ini sendiri akan secara otomatis aktif dan bisa langsung kamu pilih sebagai metode pembayaran di aplikasi Gojek milikmu. Mungkin karena alasan tertentu sehingga kamu ingin menonaktifkan fitur GoPayLater tersebut. Berikut cara menonaktifkan Gopay PayLater di aplikasi Gojek yang bisa kamu simak dan terapkan.

Tentang Fitur Gopay PayLater / GoPayLater

Gopay PayLater atau GoPayLater merupakan salah satu metode pembayaran yang disediakan di aplikasi Gojek, selain Gopay dan Uang Tunai. Fitur satu ini memungkinkan kamu gunakan ketika dalam keadaan kepepet ingin melakukan pembayaran di Gopay, namun saldo yang dimiliki tidak mencukupi. Kamu tetap bisa melakukan pembayaran dengan GoPayLater dan membayarnya nanti di lain waktu.

GoPayLater sendiri akan secara otomatis aktif sebagai alternatif pembayaran di aplikasi Gojek. Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir dengan adanya fitur ini. Pasalnya, selama kamu tidak menggunakannya, maka tidak akan ada biaya yang ditekankan kepadmu. Biaya layanan hanya diberikan ketika kamu menggunakan GoPayLater sebagai metode pembayaran saat berbelanja atau melakukan pembayaran virtual.

Cara Menonaktifkan Gopay PayLater di HP Android

Cara Menghapus Gopay PayLater
Cara Menghapus Gopay PayLater

Meskipun tidak memberikan efek apa-apa jika GoPayLater tidak digunakan untuk pembayaran, nyatanya beberapa orang agak risih dengan adanya fitur ini. Menurut mereka adanya fitur belanja sekarang bayar nanti tersebut bisa membuatnya terjerumus ke dalam hutang. Kalau pun ia berniat tidak ingin menggunakannya, bisa saja pada waktu kepepet akhirnya dengan terpaksa menggunakan GoPayLater.

Perihal cara menonaktifkan fitur GoPayLater, hingga saat ini belum disediakan fitur yang memungkinkan untuk menonaktifkan dan menghilangkan GoPayLater tersebut. Namun, ada beberapa trik supaya GoPayLater tidak dijadikan sebagai pembayaran alternatif di aplikasi Gojek. Adapun cara menonaktifkan Gopay PayLater di Gojek android selengkapnya sebagai berikut:

1. Mengganti Metode Pembayaran Default

Cara pertama ini sebenarnya tidak akan menonaktifkan Gopay PayLater seutuhnya, hanya saja kita akan menyembunyikannya. Di sini kita akan mengatur Gopay sebagai metode pembayaran utama di aplikasi Gojek milikmu. Jadi, saat bertransaksi di Gojek nantinya kamu akan langsung diarahkan ke metode pembayaran utama yang ditentukan tersebut. Secara otomatis metode pembayaran GoPayLater akan disembunyikan, meskipun masih memungkinkan untuk digunakan.

Untuk langkah-langkah menentukan metode pembayaran utama atau default di aplikasi Gojek tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Gojek seperti biasa. Pastikan kamu sudah login ke akun Gojek milikmu dan HP sudah dalam keadaan tersambung ke jaringan internet.
  • Pada halaman utama aplikasi Gojek, kamu klik tombol Eksplor yang ada pada menu Gopay.
  • Selanjutnya klik pada opsi Pengaturan.
  • Lanjutkan dengan klik pada opsi Atur Metode Pembayaran.
  • Sekarang kamu pilih metode pembayaran utama yang ingin digunakan di aplikasi tersebut, misalnya saja saldo Gopay.
  • Kemudian klik simpan pengaturan tersebut.
  • Selesai.

Dengan cara ini, setiap kali kamu masuk ke halaman pembayaran, maka metode pembayaran utama yang digunakan tadi yang akan dipilih sebagai default.

2. Menghubungi Pihak Gojek

Sementara untuk cara yang kedua ini bisa dipilih jika kamu benar-benar ingin menonaktifkan GoPayLater selamanya atau secara pemanen. Jika sudah dinonaktifkan, nantinya kamu tidak akan bisa lagi menggunakan GoPayLater sebagai metode pembayaran. Jadi, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu matang-matang sebelum kamu benar-benar menonaktifkan fitur tersebut.

Adapun cara menghapus GoPayLater secara permanen dan selamanya tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Gojek di perangkat HP androidmu.
  • Selanjutnya kamu login ke akun Gojek yang ingin dinonaktifkan fitur GoPayLaternya. Jangan lupa untuk menyambungkan HP ke jaringan internet.
  • Pada halaman utama akun Gojek, tombol Eksplor pada menu GoPay.
  • Kemudian klik pada opsi Lainnya.
  • Lanjutkan dengan klik opsi Bantuan.
  • Untuk menghubungi customer service Gojek perihal penonaktifan atau penghapusan GoPayLater, kamu klik menu Hubungi Kami.
  • Beritahukan tujuanmu untuk menghapus atau menonaktifkan GoPayLater di akun Gojekmu. Customer service akan senantiasa membantu urusanmu tersebut.
  • Selesai.

Catatan: Menu Hubungi Kami di halaman Bantuan Gopay ini hanya akan muncul jika kamu mengaksesnya melalui aplikasi Gojek di smartphone dan tablet. Untuk pengaksesan melalui website di komputer, mungkin fitur ini tidak akan muncul.

3. Meminta Bantuan Lewat Akun Sosial Media Resmi Gojek

Cara ini hampir sama dengan cara kedua di atas, hanya saja kali ini kamu akan menghubungi pihak Gojek melalui akun media sosial resminya. Untuk menghubunginya sendiri bisa melalui fitur chat atau inbox, komentar atau tweet/posting beranda. Beberapa akun media sosial resmi Gojek yang tersedia dan bisa kamu hubungi tersebut, di antaranya:

Tinggal kamu pilih salah satu akun media sosial resmi Gojek yang tersedia di atas. Beritahukan bahwa kamu ingin menghapus GoPayLater dari akun Gojek, beritahukan pula alasan kenapa kamu ingin melakukan hal tersebut. Tidak butuh waktu lama biasanya pihak customer service Gojek akan membalas dan membantu permasalahanmu tersebut.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menonaktifkan Gopay PayLater sementara dan permanen melalui HP android yang bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Dapat Foto Sertifikat Lulus EP FF yang Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Cek Tagihan BPJS di HP Android yang Mudah
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini